Perkembangan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Seni Budaya Siswa Kelas XI SMAN 1 Dusun Hilir Kabupaten Barito Selatan Tahun Ajaran 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.37304/jt.v5i2.17800Keywords:
Perkembangan Karakter, Pembelajaran Seni Budaya, SMA N 1 Dusun HilirAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan karakter siswa melalui pembelajaran Seni Budaya pada siswa kelas XI SMAN 1 Dusun Hilir Kabupaten Barito Selatan Tahun Ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, sehingga memaparkan secara lengkap masalah yang diteliti sesuai dengan data lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara, studi dokumen, dan perekaman. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perkembangan karakter siswa melalui pembelajaran seni budaya siswa kelas XI SMAN 1 Dusun Hilir Kabupaten Barito Selatan dirasa belum optimal. Jika ditinjau dari beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan karakter siswa terdapat dua faktor pendukung, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi faktor jasmaniah, sedangkan faktor eksternal meliputi kepala sekolah, guru seni budaya,keluarga, lingkungan sosial dan teman sebaya, media dan teknologi, budaya dan masyarakat.
Downloads
References
Artikel Jurnal
Syarbini, (2012). Implementasi Pendidikan Karakter dan Budi Pekerti Peserta Didik. Lampung. Lentera Jurnal Ilmiah Kependidikan.
Pustaka Laman
Afriawanto, (2011). Penggunaan Model Pembelajaran Pemberian Tugas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Siswa Kelas XI SMAN 10 Kota Pekanbaru. Pekanbaru. Jurnal Ilmu-ilmu Sejarah, Budaya dan Sosial.
Mochtar Buchori, (2007). Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama (SMP) (Teori, Metodologi dan Implementasi). Ponorogo. Institut Agama Islam Sunan Giri (INSURI) Ponorogo
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Tambuleng: Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.