DOI: https://doi.org/10.36873/jp Wahyuni Christiany M1 & Riana Anggraini1
STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TK MUSLIMAT NU-1 PALANGKA RAYA
DOI:
https://doi.org/10.36873/jph.v15i1.853Keywords:
Standar Pengelolaan, Pendidikan Anak Usia DiniAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi
mengenai Standar Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini di TK
Muslimat NU-1 Palangka Raya. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian
ini adalah Kepala Sekolah TK dan guru di TK Muslimat NU-1
Palangka Raya. Pengumpulan data dilakukan dengan triangulasi
menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan di TK
Muslimat NU-1 Palangka Raya, memiliki visi yang realistik,
visioner, antisipatif, terukur, tidak terlihat singkat dan padat karena
menggunakan kalimat yang terlalu banyak untuk penulisan sebuah
visi, namun bisa disesuaikan lagi dengan rumusan misi dan tujuan
yang ada. Memiliki misi yang relevan dan realistik karena berkaitan
dengan rumusan visi, konsisten dengan rumusan visi, misi, tujuan
dan terukur, tersosialisasikan melalui beberapa media sosial seperti
facebook dan brochure, memiliki Rencana Kerja Tahunan, Rencana
Kerja Lima Tahunan yang yang akan digunakan untuk
merealisasikan rencana program yang sudah dibentuk. Memiliki
struktur organisasi yang jelas dan lengkap dengan uraian kerja,
proses pelaksanaannya memiliki buku panduan yang lengkap,
melakukan pengawasan pada proses belajar mengajar dalam bentuk
raport dan buku penghubung dan melakukan penilaian berupa
kegiatan pembelajaran (catatan anekdot, hasil karya/unjuk kerja,
lembar observasi, portofolio, percakapan, raport, ijazah), Layanan
kesehatan gizi, layanan pengasuhan dan layanan perlindungan,
melakukan pendokumentasian dan menerima beberapa
penghargaan.
Kata Kunci : Standar Pengelolaan, Pendidikan Anak Usia Dini