Improving Learning Outcomes of Fourth Grade Students of SDN 1 Paring Lahung on Counting Operations of Numbers Using Mathematics Learning Realistic Mathematics Learning with Dienes Blocks
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v26i1.19152Keywords:
Learning Outcomes, Realistic Mathematics Education, Dienes blocks, Classroom Action researchAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa dalam konsep operasi hitung bilangan kecil. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model Pembelajaran Matematika Realistik berbantuan Blok Dienes untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Paring Lahung. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I jumlah siswa yang memperoleh nilai ketuntasan minimal 70 sebanyak 1 siswa (11,1%) dan yang tidak memenuhi nilai ketuntasan minimal 70 sebanyak 8 siswa (88,8%) dengan nilai rata-rata siswa sebesar 25, 8. Pada siklus 2 mengalami peningkatan yang signifikan, jumlah siswa yang memenuhi nilai ketuntasan minimal 70 sebanyak 10 siswa (90,9%) dan yang tidak memenuhi nilai ketuntasan minimal 70 sebanyak 1 siswa (9,1%) dengan nilai rata-rata siswa sebesar 84 ,8. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 79,8%. Dapat disimpulkan bantuan bahwa penerapan model Pembelajaran Matematika Realistik dengan Blok Dienes dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Paring Lahung pada operasi hitung bilangan kecil.
References
Adjie, N., Putri, S. U., & Dewi, F. (2020). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematika melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1325–1338. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.846
Andri, Erlista, M., & Supandi, M. I. (2019). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika. J-PiMat, 1(2), 100–106.
Anggraeni, R. L., Rahmawati, P., Sukmarani, D., & Mulyosari, E. T. (2024). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas III Sekolah Dasar Melalui Penerapan model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, Share) Berbantuan Media Block Dienes. ELSE (Elemenary School Education Journal), 8(1), 177–185. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/
Harianti, Y., Hamdian Affandi, L., & Fauzi, A. (2022). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Nilai Tempat Bilangan Dalam Pembelajaran Numerasi Dasar. Journal of Classroom Action Research, 4(2). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1679
Herzamzam, D. A., Diniarti, N., & Yudha, C. B. (2024). Implementasi Blok Dienes dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Journal of Humanities and Social Studies, 2(3), 932–939. https://humasjournal.my.id/index.php/HJ/index
Ilhami, A. (2022). Implikasi Teori Perkembangan Kognitif Piaget dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 605–619.
Juardi, I. F., & Komariah. (2023). Konsep Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Berlandaskan Teori Kognitif Jean Piaget. Journal on Education, 6(1), 2179–2187.
Khatimah Muin, N., Amrah, & AP, N. (2023). Penerapan Media Block Dienes Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I SD Negeri Kapota Yudha Kota Makassar. Pinisi Journal PGSD, 3(2), 1–9.
Kurniani Ningsih, S., Amaliyah, A., & Puspita Rini, C. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas II Seolah Dasar. Berajah Journal, 2(1), 44–48. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.48
Kusumarini, E. (2021). Peningkatan Belajar Matematika Tema Merawat Hewan dan Tubuhan Materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Menggunakan Teori Bruner. Jurnal Pendas Mahakam, 6(1), 56–67.
Manek, H. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Media Blok Dienes pada Materi Operasi Penjumlahan Bilangan Cacah. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 1–11.
Nofri. (2023). Implementasi Media Block Dienes dalam Meninggkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN 4 Baruppu. NSJ: Nubin Smart Journal, 3(2), 149–155. https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj
Permatasari, K. G. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84.
Rodiyana, R., Cahyaningsih, U., & Halimah, N. (2019). Pentingnya pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar.
Siregar, T. (2024). Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Abad 21. Penerbit Adab.
Sri, H. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Cacah Besar Melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas IV SD Negeri Karanganyar Semester I Tahun Pelajaran 2023/2024. LANCAH: Jurnal Inovasi Dan Tren, 1(2), 268–278. https://doi.org/10.35870/ljit.v1i2.2197
Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Berhitung di Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(3), 435–448. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Marcia Putrinanda, Putri Vanessya P. Br Karo, Jackson Pasini Mairing, Sugiharto Sugiharto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.