MANAJEMEN BENGKEL SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.37304/eej.v4i1.3794Keywords:
Manajemen, Bengkel Sekolah, SMK Karsa Mulya Palangka RayaAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Manajemen Bengkel Sekolah di SMK Karsa Mulya Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data meliputi: Kepala Sekolah, Ketua Program Keahlian, Kepala Bengkel, Instruktur, dan Siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data melalui tahapan: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen bengkel sekolah yang dilaksanakan dengan baik dengan mendasarkan pada tahapan dalam pengelolaan sarana prasarana yang standar, mampu menjadikan unit bengkel sekolah sebagai sarana penunjang efektivitas pencapaian tujuan sekolah.
Abstract: This study aims to describe School Workshop Management at SMK Karsa Mulya Palangka Raya. This study uses a descriptive qualitative approach. Sources of data include: Principal, Head of Expertise Program, Head of Workshop, Instructor, and Students. Data collection techniques through observation, interviews, and documentation studies. Data analysis through: data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Validation of data using triangulation and member check techniques. The results showed that the school workshop management which was carried out properly by basing on the stages in the management of standard infrastructure facilities, was able to make the school workshop unit a means of supporting the effectiveness of achieving school goals.
Downloads
References
Antoro, A. T. (2014). Pengaruh Fasilitas Bengkel dan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Praktik terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Praktik Permesinan Siswa Kelas XII di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Skripsi tidak Dipublikasikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Diterima dari: https://eprints.uny.ac.id/20889/1/SKRIPSI%20ARFAN%20TRI%20ANTORO%20%2809503241028%29.PDF.
Barnawi., & Arifin, M. (2014). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). (2007). Pendidikan dan Pelatihan: Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Persekolahan Berbasis Sekolah. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal PMPTK, Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). (2008). Administrasi dan Pengelolaan Sekolah. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal PMPTK, Depdiknas.
Firdaus, F. (2018). Manfaat Guru Tamu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK YPTN Bangkinang Kota. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(1). Doi: https://doi.org/10.31004/jptam.v2i2.71.
Furqon Z., & Pramono J. (2019). Pengelolaan Bengkel Sepeda Motor. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 40 Tahun 2008 tentang Standar Sarana dan Prasarana Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK).
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Prihananto, W. (2016). Manajemen Bengkel Program Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Depok Sleman. Skripsi tidak Dipublikasikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogjakarta. Diterima dari: https://eprints.uny.ac.id/40598/.
Prihatin, E. (2014). Teori Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukardi., & Nurjanah, S. (2015). Manajemen Bengkel & Laboratorium Vokasi dan Kejuruan. Yogyakarta: UNY Press.
Yoto. (2014). Manajemen Bengkel Teknik Mesin. Malang: Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Lusiana Pratiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.