KONSELING SEBAYA PADA KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL

Penulis

  • Sri Purwanti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Abdi Persada Banjarmasin
  • Syahrida Wahyu Utami Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Abdi Persada Banjarmasin
  • Latifah Latifah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Abdi Persada Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.37304/pandohop.v2i2.5245

Kata Kunci:

konseling sebaya, kesehatan reproduksi, komunikasi interpersonal

Abstrak

Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan yang bertumpu pada pengumpulan data berupa angka hasil pengukuran. Adapun hasil pembahasan ini adalah: 1) Konseling sebaya dalam membangun hubungan dengan konseli. Membangun hubungan dengan konseli dilakukan di awal pertemuan konseling, dalam membangun hubungan dengan konseli, konselor sebaya meyambut klien dengan baik serta konselor juga dapat melakukan keterampilan attending yang dilakukan dengan tujuan agar konseli dapat merasa nyaman serta diterima kehadirannya. 2) Konseling sebaya membantu konseli dalam proses pengambilan keputusan. Konselor sebaya membantu konseli dalam proses pengambilan keputusan atas permasalahan yang dialami konseli. Konselor sebaya mengidetifikasi keputusan seperti apa yang dibutuhkan oleh konseli dilihat dari diagnosis permasalahan serta menjabarkan keuntungan serta kekurangan dari setiap pilihan keputusandan konsekuensinya. 3) Konseling sebaya mengevaluasi konseli dalam menjalankan keputusan. Setelah mengambil sebuah keputusan yang akan membantu konseli untuk menyelesaikan masalahnya perlu  dilakukan  evaluasi  terhadap konseli.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmad Susanto, M. P. (2018). Bimbingan dan konseling di Sekolah: Konsep, teori, dan aplikasinya. Kencana.

Apriansyah, A., Romadoni, S., & Andrianovita, D. (2015). Hubungan antara tingkat kecemasan pre-operasi dengan derajat nyeri pada pasien post sectio caesarea di Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang tahun 2014. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 2(1), 1–7.

Efendi, R. M. K. (2019). Komunikasi Interpersonal Konselor Sebaya Pada Konseling Program Kesehatan Reproduksi Remaja Di Pusat Informasi Dan Konseling (Pik) Remaja Sakura Pringsewu. UIN Raden Intan Lampung.

Gumilar, G. (2016). FENOMENA IKAN DEWA DI KOLAM RENANG CIBULAN Studi Fenomenologi mengenai Ikan Dewa di Kolam Renang Cibulan Kota Kuningan. PERPUSTAKAAN.

Hartono, R. (2016). Pola Komunikasi di Pesantren: Studi tentang Model Komunikasi antara Kiai, Ustadz, dan Santri di Pondok Pesantren TMI Al-Amien Prenduan. Al-Balagh: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 1(1), 67–100.

Hazimah, N. R. (2021). Pengaruh layanan konseling individu terhadap Koping siswa dimasa pandemi Covid-19: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Persis 03 Pameungpeuk Kabupaten Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

KBBI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ). In Kementerian Pendidikan dan Budaya.

Martha, L. P., & Permanasari, M. A. (2022). Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dan Anak Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi (Kasus SDN Cipayung 01 Kecamatan Cibinong Bogor). Media Bahasa, Sastra, Dan Budaya Wahana, 28(1), 643–650.

Novianti, R. D., Sondakh, M., & Rembang, M. (2017). Komunikasi antarpribadi dalam menciptakan harmonisasi (suami dan istri) keluarga didesa Sagea Kabupaten Halmahera Tengah. Acta Diurna Komunikasi, 6(2).

Ridwan, M. M., Ismaya, I., Syahdan, S., Aminullah, A. M., Jamaluddin, N., Elihami, E., Musdalifah, M., Mathar, T., & Husain, H. (2021). Analisis Penerapan Komunikasi Interpersonal dalam Melayani Pemustaka di Perpustakaan UIN Alauddin Makassar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 95–106.

Sallipadang, E. (2019). Gambaran Pengetahuan dan Sikap Mahasiswi Tingkat I Tentang Kesehatan Reproduksi Di Akademi Kebidanan Sinar Kasih Toraja Tahun 2018. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 2(2), 105–109.

Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2018). Komunikasi dan media sosial. Jurnal The Messenger, 3(2), 69.

Unduhan

Diterbitkan

03-08-2022

Cara Mengutip

Purwanti, S. ., Wahyu Utami, S., & Latifah, L. (2022). KONSELING SEBAYA PADA KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 2(2), 47–55. https://doi.org/10.37304/pandohop.v2i2.5245