10.36873/jph.v17i1.3337 PERSEPSI MAHASISWA TENTANG METODE BERCERITA PADA ANAK USIA DINI SEBAGAI BENTUK EDUKASI COVID-19
Cahaya Afriani Napitupulu
DOI:
https://doi.org/10.36873/jph.v17i1.3337Keywords:
Persepsi, Metode Bercerita, Covid-19, Anak Usia DiniAbstract
ABSTRAK
Anak usia dini perlu mendapatkan edukasi terkait COVID-19 dan penerapan kebiasaan baru sejak dini agar anak-anak memahami dan membiasakan diri dengan pola hidup sehat. Hal tersebut membantu mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan keluarga. Bercerita merupakan sebuah metode belajar pada anak usia dini yang sesuai untuk mengedukasi anak tentang Covid-19. Deskriptif kualitatif dengan survei terhadap tiga puluh mahasiswa PG PAUD UPR dan studi literatur dilakukan dalam penelitian ini . Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata 62,46% responden setuju bahwa metode bercerita adalah metode yang paling tepat untuk mengenalkan Covid-19 kepada anak usia dini. Hasil penelitian ini dapat menjadi rekomendasi bagi guru PAUD untuk menggunakan metode bercerita sebagai upaya mengedukasi anak usia dini tentang Covid-19
Kata Kunci: Persepsi, Metode Bercerita, Covid-19, Anak Usia Dini