Analisis Tingkat Kognitif Buku Teks Matematika Kelas VII SMP

Penulis

  • Dea Rizkita University of Palangka Raya
  • Suparman
  • Desti Haryani

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v24i2.10752

Kata Kunci:

Analysis, Mathematics Textbook, Cognitive Level

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui kesesuaian sebaran tingkat kognitif soal pada buku teks Matematika Kelas VII SMP terbitan Kemendikbud yang ditulis Susanto, dkk (2022) dan buku teks Matematika Kelas VII SMP yang ditulis Mairing (2020).

Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif, dengan menggunakan model evaluasi discrepancy (kesenjangan). Sumber data dalam penelitian ini adalah soal-soal dalam buku teks Matematika Kelas VII SMP (Susanto dkk., 2022) (disebut buku teks A) dan buku teks Matematika Kelas VII SMP (Mairing, 2020) (disebut buku teks B). Sampel diambil dengan teknik sampel acak stratifikasi proporsional untuk menentukan banyak sampel yang diambil pada setiap bab dan soal-soal yang menjadi sampel penelitian. Analisis soal-soal buku teks berdasarkan tingkat kognitif Taksonomi Bloom Revisi, dan dievaluasi dengan memperbandingkan sebaran tingkat kognitif buku teks terhadap dimensi kognitif TIMSS 2015 Assessment Framework.

Dari 135 soal yang dianalisis pada buku teks A, sebaran tingkat kognitifnya adalah 14,8% mengingat, 46,7% memahami, 20,7% mengaplikasikan, 9,6% menganalisis, 4,5% mengevaluasi, 3,7% mencipta. Sedangkan dari 188 soal yang dianalisis pada buku teks B, sebaran tingkat kognitifnya adalah 0,5% mengingat, 40% memahami, 40,4% mengaplikasikan, 11,2% menganalisis, 7,4% mengevaluasi, dan 0,5% mencipta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal-soal dalam buku teks A dan B cukup baik karena terdapat setiap tingkatan kognitif menurut Taksonomi Bloom Revisi dalam kedua buku teks. Namun, sebaran tingkat kognitif buku teks A dan B masih belum sesuai dengan proporsi dimensi kognitif TIMSS 2015. Sebaran tingkat kognitif menurut TIMSS 2015 Assessment Framework, yakni 35% knowing (mengingat dan memahami), 45% applying (mengaplikasikan), dan 25% reasoning (menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta). Realisasi temuan pada buku teks A adalah 61,5% knowing, 20,7% applying, dan 17,8% reasoning. Sedangkan sebaran pada buku teks B adalah 40,5% knowing, 40,4% applying, dan 19,1% reasoning. Kedua buku teks masih kurang untuk soal-soal bertipe reasoning (menganalisis, mengevaluasi, mencipta). Dengan demikan, kedua buku teks memiliki kualitas cukup baik, namun perlu diadakan perbaikan dengan menambah soal-soal dengan tingkat kognitif menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.

Kata Kunci: Analisis; Buku Teks Matematika, Tingkat Kognitif

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesment (A. Prihantoro, Ed.). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Eriyanto. 2013. Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ervina, Mairing, J. P., & Yumiati. 2022. Peningkatan Higher Order Thinking Skills dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan, 23(2), 59–71. https://doi.org/10.52850/jpn.v23i2.5306

Grønmo, L. S., Lindquist, M., Arora, A., & Mullis, I. V. 2013. TIMSS 2015 Mathematics Framework. Chestnut Hill, MA: TIMSS & PIRLS International Study.

Hamidah. 2019. Higher Order Thinking Skills: Seni Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Temanggung: Desa Pustaka Indonesia.

Imanuddin, T. N. F. 2015. Analisis Tingkat Kognitif Soal Apersepsi pada Buku Siswa Matematika SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 Berdasarkan Taksonomi Bloom (Skripsi). Universitas Jember.

Mairing, J. P. 2020. Matematika SMP Kelas VII: Siswa Mengembangkan HOTS dan Sikap Positif Melalui Belajar Menyelesaikan Masalah Matematika. Banjarbaru: Zukzez Express.

Mawarni, Y. E. 2019. Analisis Isi Buku Matematika Kurikulum 2013 SMP Kelas VII Semester I Berdasarkan Taksonomi TIMSS. Jurnal Varidika, 31(2), 9–20. https://doi.org/10.23917/varidika.v31vi2i.10214

Mudzakir. 2003. Penulisan Buku Teks Bahasa Arab. Seminar Nasional Pengajaran Bahasa Arab yang dilaksanakan Program Pendidikan Bahasa Arab JPBA FPBS UPI. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Muslich, M. 2010. Textbook Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ni’mah, Z. 2014. Buku Teks dan Komponen Penilaian Buku Teks Kurikulum 2013 (Skripsi). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo, Semarang.

Nugroho, R. A. 2018. HOTS (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep , Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-soal). Jakarta: Grasindo (Gramedia Widiasarana Indonesia).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 8. 2016. Buku yang Digunakan oleh Satuan Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. . Diambil dari https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/Permendikbud%20Nomor%208%20Tahun%202016.pdf

Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 22. 2022. Standar Mutu Buku, Standar Proses dan Kaidah Pemerolehan Naskah, serta Standar Proses dan Kaidah Penerbitan Buku. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. . Diambil dari https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/salinan_20220610_150113_salinan%20permendikbudristek%20nomor%2022%20tahun%202022%20(upload%20jdih%20kemdikbud).pdf

Prastica, F. R. 2020. Analisis Soal dalam Buku Teks Matematika SMP Kelas VII Semester I Berdasarkan pada Taksonomi Bloom Revisi (Skripsi). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga, Salatiga.

Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Kajian Buku Teks dan Pengayaan: Kelengkapan dan Kelayakan Buku Teks Kurikulum 2013 Serta Kebijakan Penumbuhan Minat Baca Siswa. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diambil dari https://litbang.kemdikbud.go.id

Sari, R. A., Susanta, A., & Hanifah. 2021. Analisis Tingkat Kognitif Soal Buku Matematika Kelas VII Materi Garis dan Sudut Berdasarkan Taksonomi Bloom. Farabi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 102–111. https://doi.org/10.47662/farabi.v4i2.157

Sitepu, B. P. 2005. Memilih Buku Pelajaran. Jurnal Penabur, 4(4), 113–126.

Sudaryono. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.

Sudjana, N. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Susanto, D., Sihombing, S., Radjawane, M. M., Wardani, A. K., Kurniawan, T., Candra, Y., & Mulyani, S. 2022. Matematika untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Tarigan, H. G., & Tarigan, D. 1993. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

Valentino, E. 2015. Analisis Kesalahan dan Rekomendasi Perbaikan Buku Siswa Matematika Kelas VII SMP/MTs Semester II Kurikulum 2013. Dalam Y. M. Sari (Ed.), Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (hlm. 111–116). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Wijaya, A. 2015. Context-based Mathematics Tasks in Indonesia: Toward Better Practice and Achievement (Disertasi Doktor). Utrecht University, Utrecht.

Yeo, J. B. W. 2007. Mathematical Tasks: Clarification, Classification and Choice of Suitable Tasks for Different Types of Learning and Assessment. Technical Report Me 2007-01. National Institute of Education, Nanyang Technological University, Singapore.

Diterbitkan

2024-02-28

Cara Mengutip

Rizkita, D., Suparman, & Haryani, D. (2024). Analisis Tingkat Kognitif Buku Teks Matematika Kelas VII SMP. JURNAL PENDIDIKAN, 24(2), 157–173. https://doi.org/10.52850/jpn.v24i2.10752