PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v24i2.12164Kata Kunci:
Geometric transformation, Project Based Learning, Mathematical DispositionAbstrak
Keberhasilan penerapan model pembelajaran PjBL di kelas terletak pada kemampuan guru untuk secara efektif merancang pembelajaran, memotivasi, mendukung dan membimbing siswa dalam proses penentuan hingga penyelesaian proyek. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan pembelajaran berbasis proyek (PjBL) pada materi Transformasi Geometri pada siswa SMP kelas IX untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran yang dirasakan oleh siswa dan guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah siswa/i SMP kelas IX. Instrumen penelitian berupa RPP untuk 6 pertemuan, posttest, dan disposisi matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PjBL di kelas kurang maksimal, ditunjukkan dari hasil posttest siswa yang mengalami penurunan dari pada nilai pretest yang dilakukan oleh guru, angket disposisi matematika juga mengalami penurunan. Namun, tugas proyek berupa video dan lukisan tiap kelompok dapat selesai dengan baik. Adanya penurunan nilai yang terjadi dikarenakan kondisi pada lokasi penelitian sempat mengalami musibah yaitu “kabut asap” di sekitar bulan Oktober 2023, hal ini menyebabkan proses pembelajaran berjalan kurang maksimal.
Unduhan
Referensi
Condliffe, B., Quint, J., Visher, M. G., Bangser, M. R., Drohojowska, S., Saco, L., & Nelson, E. 2017. Project-based Learning: a Literature Review. Mdrc : Building Knowledge to Improve Social Policy, P-12 Education, 2. https://www.mdrc.org/publication/project-based-learning
Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. 2020. A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102(May), 101586. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586
Hartling, L., Chisholm, A., Thomson, D., & Dryden, D. M. 2012. A Descriptive Analysis of Overviews of Reviews Published between 2000 and 2011. PLoS ONE, 7(11), 1–8. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0049667
Indrayany, E. S., & Lestari, F. 2019. Analisis kesulitan siswa SMP dalam memecahkan masalah geometri dan faktor penyebab kesulitan siswa ditinjau dari teori van hiele. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(2), 109–123. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i2.13729
Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. 2016. Project-based learning: A review of the literature. Improving Schools, 19(3), 267–277. https://doi.org/10.1177/1365480216659733
Mairing, J. P., Sasalia, P., Rita, S., Ainun, O., Winata, R., Rizaldi, M., & Nurhana, R. 2023. Blended Learning Berbasis PBL atau Proyek: Teori, Praktik, dan Hasil-hasilnya.
Mardiana, & Amalia, Y. 2023. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memahami Konsep Geometri Transformasi Pada Kelas Vii Di Smp Negeri 2 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Maju, 10(1), 30–35.
Perdana, I., Nugroho, P. J., Karliani, E., & Hartanto, T. J. 2021. Pedoman Penulisan Skripsi FKIP Universitas Palangka Raya.
Rizki, L. M., & Priatna, N. 2019. Mathematical literacy as the 21st century skill. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042088
Shin, M.-H. 2018. Effects of Project-based Learning on Students’ Motivation and Self-efficacy. English Teaching, 73(1), 95–114. https://doi.org/10.15858/engtea.73.1.201803.95
Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. 2018. Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287–298. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.317
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Oktaviana Ainun Ratnawati, Desti Haryani, Qodri Ali Hasan, Emy Artuti, Pancarita .
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.