THE THE ERROR OF SOLVING COMPOSITION FUNCTION PROBLEM OF MADRASAH ALIYAH MUSLIMAT PALANGKA RAYA STUDENTS

Penulis

  • Sarjoko Yohanes Universitas Palangka Raya
  • Pancarita . Universitas Palangka Raya
  • Qodri Ali Hasan Universitas Palangka Raya
  • Syahri Ramadhan Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3898

Kata Kunci:

concept, function composition, facts, errors’ identification, operations, principles

Abstrak

Abstrak

Masalah kesulitan menguasai materi komposisi fungsi terjadi di Madrasah Aliyah Muslimat Nahdlatul Ulama Palangka Raya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal komposisi fungsi. Metode deskriptif digunakan mengidentifikasi kesalahan dari 45 siswa kelas X Ilmu Pengetahuan Alam. Data dikumpulkan dengan 5 soal esai dan wawancara mendalam. Soal esai divalidasi oleh tiga orang penilai dari guru dan dosen Pendidikan Matematika, yang menyatakan soal esai berkualitas baik. Prosedur penelitian dilaksanakan melalui tahap-tahap pemberian tes esai terhadap seluruh siswa dan wawancara mendalam terhadap tiga siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, terjadi kesalahan fakta, dimana siswa salah secara gramatikal menuliskan fakta-fakta yang ada dalam butir soal, salah menyimpulkan jawaban, salah membuat anak panah pada diagram komposisi fungsi. Kedua, kesalahan konsep terjadi karena salah memahami jenis-jenis fungsi dan syarat komposisi fungsi yang menyebabkan jawaban salah menyelesaikan soal pembuktian komposisi fungsi. Kesalahan operasi, terjadi karena siswa siswa tidak menguasai operasi hitung aljabar. Kesalahan prinsip terjadi, dimana siswa tidak memahami dengan baik definisi dan sifat-sifat komposisi fungsi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afidah & Khairunnisa. 2016. Matematika Dasar. Jakarta: Rajawali Press.

Agustian, Y., Rusdi & Susanta, A. 2020. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Fungsi Komposisi Kelas X SMAN 7 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 4(2), 194-202. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.2.194-202.

Bellinda. 2018. Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Himpunan di SMA Negeri 9 Palangka Raya. Skripsi. Palangka Raya: UPR.

Fitriani, A. 2020. Identifikasi Kesalahan Mahasiswa PGSD dalam Menyelesaikan Soal Fungsi Komposisi. CJPE: Coktroaminoto Journal of Primary Education, 3(2), 87-95.

Hudzaifah. 2013. Pembelajaran fungsi komposisi dan fungsi invers melalui pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 1(4), 397-403.

Kemendikbud. 2016. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Kolins, A.Y., Wahyuningsih, Safrudin, N. & Rusdin, M.E. 2020. Journal of Mathematics Education, 6(2), 86-95.

Kusumawati, E. & Aulia, F. 2017. Identifikasi Kesulitan Menyelesaikan Soal Fungsi Komposisi Peserta Didik Kelas X Keungan SMK Negeri di Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017. Edu-Mat Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 150-161.

Kusumaningrum, D., Napitupulu, B., & Tyas, D.K.F.N. (2017). Analisis miskonsepsi siswa di kelas SMAN-1 Jayapura pada materi komposisi fungsi. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya, 2(1), 14-21.

https://ejournal.uncen.ac.id/index.php/JIMP/issue/view/50/showToc.

Moleong, L. J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurfalah, I.A. & Zanthy, L.S. 2020. Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI SMK dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Fungsi. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 31-43.

Pancarita, & Zainah. 2019. Analisis Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Komposisi Fungsi. Jurnal Pendidikan, 20(1), 79-85.

Rifai, A. S. 2016. Analisis Kesulitan Siswa Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Komposisi Fungsi dan Invers Fungsi Kelas XI SMA Negeri 8 Bulukumba Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Makassar: UIN Alaudin.

Saputra, A. D. & Suhito. 2015. Keefektifan Adaptive Remedial Teaching Strategy Belajar Berlatar Pembelajaran Aktif dalam Mengatasi Kesulitan Belajar, Unnes Journal of Mathematics Education, 4(1), 1-10.

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Afabet.

Susanti, N.I. & Yulaida. 2015. Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemahaman Materi Fungsi Komposisi Siswa Kelas XI Semester 2 MAN Peranggaran Tahun Pelajaran 2014-2015. Pancaran, 4(4), 99-112.

Diterbitkan

2022-01-26

Cara Mengutip

Yohanes, S., ., P., Ali Hasan, Q., & Ramadhan, S. (2022). THE THE ERROR OF SOLVING COMPOSITION FUNCTION PROBLEM OF MADRASAH ALIYAH MUSLIMAT PALANGKA RAYA STUDENTS. JURNAL PENDIDIKAN, 22(2), 98–115. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3898