Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Palangka Raya

Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Palangka Raya

Penulis

  • Yumeri Universitas Palangka Raya
  • Ardo Subagjo Universitas Palangka Raya
  • Sugiharto Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v23i2.4449

Kata Kunci:

Parenting Patterns, Learning Motivation, Mathematics Learning Outcomes

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika sebagian siswa di kelas VIII SMP Muhammadiyah Palangka Raya yang belum mencapai KKM, hal tersebut diduga karena kurangnya pola asuh yang diterapkan orang tua terhadap anak serta rendahnya motivasi belajar yang menyebabkan hasil belajar siswa kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hubungan pola asuh orang tua dengan hasil belajar matematika, 2) Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika, 3) Hubungan pola asuh orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika.

            Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Palangka Raya tahun ajaran 2020/2021 semester genap sebanyak 161 siswa. Sampel diambil sebanyak 127 siswa dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Namun, pada saat pengambilan data ada 6 siswa yang tidak mengisi data yang dibagikan sehingga sampel yang dianalisis sebanyak 121 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Sebelum digunakan, instrumen diuji coba terlebih dahulu pada siswa kelas VIII-1 dan VIII-4 SMP Negeri 2 Palangka Raya. Dari hasil uji coba diperoleh untuk angket pola asuh orang tua dari 40 pernyataan, 32 pernyataan valid dengan koefisien reliabilitas r11 = 0,92, sedangkan untuk angket motivasi belajar dari 35 pernyataan, 29 pernyataan valid dengan koefisien reliabilitas r11 = 0,94 dan untuk tes hasil belajar matematika dari 30 butir soal, 27 butir soal valid  dengan koefisien reliabilitas  r11 = 0,85.

            Berdasarkan hasil uji normalitas data pola asuh orang tua diperoleh  X2hitung = 10,457, data motivasi belajar diperoleh X2hitung = 15,697 dan data hasil belajar matematika X2hitung = 6,427, dengan nilai X2tabel = 11,07. Setelah nilai-nilai X2hitung  dibandingkan dengan nilai X2tabel , maka data pola asuh orang tua dan hasil belajar matematika berdistribusi normal sedangkan data motivasi belajar tidak berdistribusi normal. Sehingga analisis yang digunakan adalah analisis non-parametrik yaitu uji korelasi peringkat Spearman. Dari hasil pengujian hipotesis, dapat disimpulkan: 1) Ada hubungan positif yang signifikan pola asuh orang tua dengan hasil belajar matematika siswa, koefisien korelasi rx1y > rtabel = 0,204 >  0,177; 2) Ada hubungan positif yang signifikan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa, koefisien korelasi  rx2y > rtabel = 0,196 > 0,177; 3) Ada hubungan positif yang signifikan pola asuh orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa, koefisien korelasinya sebesar  Ryx1x2 = 0,275.

 

Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Matematika

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdurahman, M. 2012. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Apriliani. 2017. Hubungan antara Pengalaman Nilai-nilai Akhlak dan Pola Asuh Orang Tua dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Skripsi Sarjana, tidak diterbitkan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Diunduh pada tanggal 5 Maret 2021 dari http://repository.radenintan.ac.id/2597/

Fane, A., & Sugito, S. 2019. Pengaruh keterlibatan orang tua, perilaku guru, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 53–61. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.15246

Fitriyani, L. 2015. Peran pola asuh orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosi anak. Lentera, 18(1), 93–110. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/artikel EQ.pdf.

Mahmud, D. A., & Hartono, H. 2014. Keefektifan Model Pembelajaran Isk Dan Di Ditinjau Dari Motivasi, Sikap, Dan Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 188. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2675

Mulyaningsih, I. E. 2014. Kemandirian belajar terhadap prestasi belajar the influence of social interaction of family relationship , achievement motivation , and independent learning. Jurnar Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 441–451.

Nurcahyati, R., & Suparyan, S. 2017. Relationship of Learning Independence, Parenting and Learning Environment in Schools With Results of Mathematics Students in Smp N 15 Yogyakarta. AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 4(6), 291. https://doi.org/10.12928/admathedust.v4i6.16371

Setiawan, D. P. R. 2020. Correlation of Authoritative Parenting Style and Discipline of Study Toward Students’ Mathematics Knowledge Competence. International Journal of Elementary Education, 4(3), 346. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i3.25972

Sulistiyarini, D., & Sukardi, S. 2016. the Influence of Motivation, Learning Styles, Teacher Leadership, and Teaching Intensity on Students’ Leaning Outcomes. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(2), 136. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i2.12296

Yunus, A. S. M., & Ali, W. Z. W. 2009. Motivation in the Learning of Mathematics. European Journal of Social Sciences, 7(4), 93–101.

Jatmiko. 2015. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Nahdhatul Ulama Pace Nganjuk. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2): 205-213.

Khasanah, N & Kusmanto, B. 2016. Hubungan Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa terhadap Pelajaran Matematika dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Jetis. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3): 413-418.

Mairing, J. P. 2017. Statistika Pendidikan, Konsep dan Penerapannya Menggunakan Minitab dan Microsoft Excel. Yogyakarta: Andi.

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

Yumeri, Subagjo, A. ., & Sugiharto. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Palangka Raya: Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Palangka Raya. JURNAL PENDIDIKAN, 23(2), 140–154. https://doi.org/10.52850/jpn.v23i2.4449