Peningkatan Higher Order Thinking Skills dengan Pembelajaran Berbasis Masalah

Penulis

  • Ervina SMPN 2 Kapuas Tengah Satu Atap
  • Jackson Pasini Mairing Universitas Palangka Raya
  • Yumiati Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v23i2.5306

Kata Kunci:

HOTS, problem-based learning, conventional learning, Bloom's taxonomy

Abstrak

HOTS (Higher Order Thinking Skills) atau kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan tuntutan kurikulum saat ini. Akan tetapi, fakta di SMPN 2 Kapuas Tengah Satu Atap menunjukkan bahwa siswa-siswa di sekolah tersebut belum memiliki kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap HOTS. Penelitiannya menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ekperimental semu. Populasinya adalah siswa SMP Negeri di Kecamatan Kapuas Tengah Kabupaten Kapuas. Sampelnya adalah kelas VII A dan VIII A (kelas eksperimen), dan kelas VII B dan VIII B (kelas kontrol). Instrumennya adalah pre-tes dan pos-tes. Data dianalisis menggunakan N-gain dan analisis kovariat. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan HOTS dari pre-tes ke pos-tes yang diukur menggunakan N-gain pada siswa yang belajar dengan pembelajaran berbasis masalah lebih dari yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Selain itu, pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap HOTS yang ditunjukkan dengan HOTS siswa di kelas pembelajaran berbasis masalah lebih dari siswa di kelas pembelajaran konvensional.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggoro, R. P. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis HOTS terhadap Kemampuan Berpikir Matematis. AdMathEdu, 9(2),135-144.

Arends, R.I., & Killcher, A. 2010. Teaching For Student Learning: Becoming An Accomplished Teacher. New York, NY: Routledge. (Arends & Killcher, 2010).

Aziz, Z., & Hossain, A. 2010. A Comparison of Cooperative Learning and Conventional Teaching on Student Achievement in Secondary Mathematics. Procedia – Social and Behavioral Sciences, 9, 53-62.

Erdogan, F. 2019. Effect of Cooperative Learning Supported by Reflective Thinking Activities on Students’ Critical Thinking Skills. Eurasian Journal of Educational Research, 19(80), 89-112.

Flamboyant, F.U., Murdani, E., & Soeharto. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Higher Order Thinking Skills Peserta Didik SMA Negeri di Kota Singkawang pada Materi Hukum Archimedes. Variabel, 1(2), 51-59.

Ghufron, A., & Sutama. 2011. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: UT Press.

Gokkurt, B., Dundar, S., Soylu, Y., & Akgun, L. 2012. The Effects of Learning Together Technique Which is based on Cooperative Learning on Student’ Achieevement in Mathematics Class. Procedia – Social and Behavioral Sciences, 46, 3431-3434.

Hobri, et. al. 2020. The Effect of Jumping Task Based on Creative Problem Solving on Students’ Problem Solving Ability. International Journal of Instruction, 13(1), 387-406.

Komariah, N., Mujasam, Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. 2019. Pengaruh Penerapan Model PBL Berbantuan Media Google-Classroom terhadap HOTS, Motivasi dan Minat Peserta Didik. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 1(2), 102-114.

Kusumawardani, N., N., Rusijono, Dewi, U. 2022. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2), 1416-1427.

Lestari, E., Cahyono, H., & Awaluddin. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation pada Materi Lingkaran untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Math Educator Nusantara, 5(2), 124-139.

Mairing, J. P. 2018. Pemecahan Masalah matematika. Bandung : Alfabeta.

Maskur, et. al. 2020. The Effectiveness of Problem Based Learning and Aptitude Treatment Interaction in Improving Mathematical Creative Thinking Skills on Curriculum 2013. European Journal of Education Research, 9(1), 375-383.

Mulyanto, H., Gunarhadi, & Indriayu, M. 2018. The Effect of Problem Based Learning Model on Student Mathematics Learning Outcomes Viewed from Critical Thinking Skills. International Journal of Educational Research Review, 3(2), 37-45.

Permatasi, L. 2020. Improving the Ability to Solve Mathematical Problems based on Higher Order Thinking Skill (HOTS) through Team Assisted Individualization (TAI). Jurnal Hipotenusa, (2)1. 6-11.

Rizqi, M., Suyitno, H., & Dwijanto. 2021. Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa MTS Islamic Center Cirebon. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 300-305.

Setianingsih, Yuniarsih, & Rozali 2018. Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams games Tournament terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa.

Siregar, N. F. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Higher Order Thinking Skills Siswa SMP. Eksakta, 7(1), 14-23.

Slameto. 2018. Penerapan Cooperative Learning Untuk Meningkatkan HOTS. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 4(1). 124-140.

Tuah, & Rahmi, S.Y. 2020. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions terhadap Higher Order Thinking Skills Siswa. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 23-27.

Wahyuli, E. B. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Kuadrat Pada Peserta Didik Kelas X TKJ di SMK 45 Wonosari, FMIPA UNY jurusan Matematika.

Wulandari, N. A. D. 2022. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Lingkaran menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Kelas VIII SMP Negeri 2 Tlogomulyo Tahun Pelajaran 2020/2021. Educatif : Journal of Education Research, 4(2), 8-15.

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

Ervina, Mairing, J. P., & Yumiati. (2022). Peningkatan Higher Order Thinking Skills dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. JURNAL PENDIDIKAN, 23(2), 59–71. https://doi.org/10.52850/jpn.v23i2.5306