Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Relasi dan Fungsi di Kelas VIII SMP Negeri 1 Sepang
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v20i2.885Kata Kunci:
Identifikasi, Kesalahan, Soal relasi dan fungsiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa
dalam mengerjakan soal pada materi relasi dan fungsi. Jenis kesalahan
ditinjau dari objek matematika yang melandasi langkah-langkah
penyelesaian soal, yaitu fakta, konsep, operasi, dan prinsip.
Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data
kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal dikumpulkan melalui tes tertulis
dan wawancara. Sumber data sekaligus subyek penelitian adalah empat
siswa kelas VIII SMPN 1 Sepang tahun ajaran 2018/2019 dengan kriteria
paling banyak melakukan kesalahan, dan dapat diajak komunikasi dengan
baik. Soal tes tertulis terdiri dari lima(5) butir soal bentuk uraian. Tes
dilaksanakan setelah materi relasi dan fungsi dipelajari siswa. Wawancara
bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa yang tidak dapat dengan jelas
diperoleh melalui tes tertulis, dan dilaksanakan satu hari setelah hasil tes
dikoreksi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) siswa melakukan
kesalahan fakta, yaitu salah menuliskan rumus fungsi dan nilai fungsi f dari
informasi yang diketahui, 2) siswa melakukan kesalahan konsep, yaitu salah
memahami konsep relasi maupun fungsi. Siswa tidak mampu membedakan
antara relasi dan fungsi. Salah memahami konsep pasangan terurut. Salah
menentukan elemen pada pasangan berurutan pada sumbu – X maupun
sumbu-Y, 3) siswa melakukan kesalahan operasi, yaitu salah melakukan
operasi bilangan dan operasi bentuk aljabar, 4) siswa melakukan kesalahan
prinsip, yaitu salah menerapkan prinsip untuk menyatakan relasi maupun
fungsi dengan diagram panah, himpunan pasangan berurutan, dan grafik
Cartesius.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2020-06-23 (2)
- 2019-12-15 (1)