PENGELOLAAN KANTIN SEHAT BINTANG SATU

Authors

  • Rolan Pernando Sitompul Universitas Palangka Raya
  • Sumarnie FKIP, Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/eej.v3i1.2467

Keywords:

Kantin Sehat, Bintang Satu, MTsN 1, Palangka Raya

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Pengelolaan Kantin Sehat Bintang Satu di Sekolah MTs Negeri 1 Palangka Raya. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus, sumber data dalam penelitian ini meliputi: Kepala Sekolah, Pengelola kantin sehat, dan Pedagang kantin sehat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui: Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan Kesimpulan. Pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan kantin sehat bintang satu di MTs Negeri 1 Palangka Raya meliputi: penentuan lokasi kantin sehat, identifikasi kebutuhan kantin sehat, penetapan petugas atau pengelola kantin sehat, penetapan anggaran, fasilitas dan jalwal pelayanan kantin sehat; (2) Pengorganisasian kantin sehat sudah sesuai denagn rencana karena setiap anggota sudah mengetahui peran masing- masing, (3) Pelaksanaan kantin sehat bintang satu berjalan dengan baik; (4) Pengawasan kantin sehat dilakukan oleh pihak sekolah beserta stakeholder; dan (5) Faktor pendukung adalah tersedianya fasilitas kantin yang memadai sehingga terwujud kantin sehat dan seluruh warga sekolah ingin mensukseskan program kantin sehat; sedangkan faktor kendala yaitu pedagang yang kurang inovasi sehingga terdapat dagangan yang sama.

Abstract: This study aims to describe the management of the One Star Healthy Canteen at MTs Negeri 1 Palangka Raya School. Using a qualitative approach with a case study design, the data sources in this study include: school principals, healthy canteen managers, and healthy canteen traders. Data collection techniques using observation, interviews and documentation. Data analysis was performed through: data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The data validation used triangulation technique. The results of this study indicate that: (1) planning a one- star healthy canteen at MTs Negeri 1 Palangka Raya includes: determining the location of a healthy canteen, identifying the needs for a healthy canteen, determining the staff or manager of a healthy canteen, determining the budget, facilities and services for the healthy canteen; (2) The organization of the healthy canteen is in accordance with the plan because each member already knows their respective roles, (3) The implementation of the one-star healthy canteen is going well; (4) Supervision of the healthy canteen is carried out by the school and its stakeholders; and (5) The supporting factor is the availability of adequate canteen facilities so as to create a healthy canteen and all school members wish to succeed the healthy canteen program; while the constraint factor is traders who lack innovation so that there are the same merchandise.

 

Downloads

Download data is not yet available.
DOI: 10.37304/eej.v3i1.2467 DOI URL: https://doi.org/10.37304/eej.v3i1.2467
Views: 652 | Downloads: 852

References

Badan POM Republik Indonesia. (2013). Pedoman Pangan Jajanan Anak Sekolah untuk Pencapaian Gizi Seimbang bagi Orang Tua, Guru dan Pengelola Kantin. Jakarta: Badan POM RI.

Daryanto. (2010). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Engriyani. (2015). Pengelolaan Kantin Sekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Palangka Raya. Skripsi Sarjana. Tidak Diterbitkan. Universitas Palangka Raya.

Gunawan, I. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Judhiastuty, F., Dwi, D. I,. Evi, E., Eflita, M,. Indriyana, L, P,. & Ratna, D, A. (2018). Pengembangan Kantin Sehat Sekolah. Jakarta: Southeast Asian Ministers Of Education Organizanition Regional Centre For Food and NutritionSEAMEO RECFON.

Miles, B. M., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Mulyasa, E. (2012). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nuraida, L., Kusumaningrum, H., Palupi, N. S., Koswara, S., Zulaikkhah, S. M., Madjid, A. S., Ariani., & Triwahyunto, A. (2011). Menuju Kantin Sehat di Sekolah. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan Nasional.

Purwanto, N. (1991). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sumanto, W., & Soetopo, H. (1982). Pengantar Operasional Administrasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Supriono, J. S., Berliani, T., & Limin. D. L. (2020). Pengelolaan Kantin Sehat di SDN 6 Bukit Tunggal Palangka Raya. Equity in Education Journal, 2(1), 62-67. Diterima dari: https://e-journal.upr.ac.id/index.php/eej/article/view/1688.

Syafrudin. (2009). Promosi Kesehatan. Jakarta: CV Trans Info Medika.

Zulkarnain. W. (2018). Manajemen Layanan Khusus di Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-03-20

How to Cite

Sitompul, R. P., & Sumarnie. (2021). PENGELOLAAN KANTIN SEHAT BINTANG SATU. Equity In Education Journal, 3(1), 41–46. https://doi.org/10.37304/eej.v3i1.2467

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.