MANAJEMEN SEKOLAH MODEL PADA JENJANG PENDIDIKAN DASAR

Authors

  • Indra Pamala Universitas Palangka Raya
  • Slamet Winaryo FKIP, Universitas Palangka Raya
  • Teti Berliani FKIP, Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/eej.v3i2.2694

Keywords:

Manajemen, Sekolah Model, Pendidikan Dasar.

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Manajemen Sekolah Model pada Jenjang Pendidikan Dasar di SD Negeri 1 Menteng Kota Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam peneltian ini yaitu: Kepala Sekolah, Ketua TPMPS dan Guru-guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui: Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian Data, dan Penarikan kesimpulan/verifikasi. Pengabsahan data menggunakan Teknik Triangulasi dan Member Check. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Perencanaan SPMI meliputi: (a) Sosialisasi program SPMI, (b) Pembentukan TPMPS dan Tim Monev, (c) Memetakan mutu, (d) Membuat peta masalah, e) Membuat rencana aksi, (f) Membuat jadwal, dan (g) Menentukan anggaran; (2) Pengorganisasian SPMI: (a) Pengawas: Dinas Pendidikan, TPMPD, Pengawas Sekolah, Penanggung jawab: Kepala Sekolah, Pengelola: TPMPS dan Tim Monev; (3) Pelaksanaan SPMI dilakukan dengan mengikuti jadwal, menentukan Sarpras, mengadakan kegiatan workshop dan TOT; (4) Pengawasan SPMI dilakukan oleh: kepala sekolah, TPMPD, TPMPS, Tim Monev dan Pengawas Sekolah; (5) Evaluasi SPMI dilakukan dengan menentukan jadwal, membuat instrumen/alat ukur, melakukan peninjauan kembali, dan menyusun RTL.

Abstract: This study aims to describe the Model of School Management at SD Negeri 1 Menteng, Palangka Raya City. This study uses a descriptive qualitative approach. Sources of data in this research are: Principal, Head of TPMPS and teachers. Data collection techniques were carried out by observation, interviews, and documentation. Data analysis uses: data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing/verification. Validation of data using Triangulation Techniques and Member Check. The results of this study showed that: (1) SPMI planning includes: (a) Socialization of the SPMI program, (b) Establishment of TPMPS and the Monitoring and Evaluation Team, (c) Mapping quality, (d) Making problem maps, e) Making action plans, (f) ) Make a schedule, and (g) Determine the budget; (2) Organization of SPMI: (a) Supervisor: Education Office, TPMPD, School Supervisor, Person in Charge: Principal, Manager: TPMPS and Monev Team; (3) The implementation of SPMI is carried out by following the schedule, determining the Sarpras, holding workshops and TOT; (4) SPMI supervision is carried out by: school principals, TPMPD, TPMPS, Monev Team and School Supervisors; (5) SPMI evaluation is carried out by determining the schedule, making instruments/measurements, conducting reviews, and making RTL.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andang. (2014). Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah: Konsep, Strategi & Inovasi Sekolah Efektif. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Arikunto, S., & Safrudin, C. (2008). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aris, M. (2019). Implementasi Pengimbasan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Sekolah Model Sekolah Menengah Pertama (SMP) A. Wahid Hasyim Tebuireng Jombang ke Sekolah Imbas. Skripsi tidak Dipublikasikan. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.

Barnawi., & Arifin. M. (2014). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. (2017). Petunjuk Pelaksanaan Penjaminan Mutu Pendidikan oleh Satuan Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. (2017). Petunjuk Teknis Pengembangan Sekolah Model dan Pola Pengimbasan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Gunawan, I. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Handoko, T. H. (2012). Manajemen Personalia & Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, M. S. P. (2016). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: CV. Haji Mas Agung.

Moleong, L. J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif (edisi revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 28 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan.

Rivai, V., & Murni, S. (2012). Education Management: Analisis Teori dan Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Soemanto, W., & Soetopo, H. (1982). Pengantar Operasional Administrasi Pendidikan. Malang: Usaha Nasional Surabaya Indonesia.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syarifudin. (2009). Promosi Kesehatan. Jakarta. CV Trans info Medika.

Undang-Undang Dasar 1945.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2021-10-20

How to Cite

Pamala, I., Winaryo, S., & Berliani, T. (2021). MANAJEMEN SEKOLAH MODEL PADA JENJANG PENDIDIKAN DASAR. Equity In Education Journal, 3(2), 124–131. https://doi.org/10.37304/eej.v3i2.2694

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>