SUPERVISI AKADEMIK DENGAN PENDEKATAN KOLABORATIF DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU

Authors

  • Eny Purwaningsih Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia
  • Kunzita Najwa Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia
  • Nor Nahidah Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia
  • Ahmad Hariyadi Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia
  • Su'ad Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37304/eej.v5i1.8257

Keywords:

Supervisi Akademik, Pendekatan Kolaboratif, Kinerja Guru.

Abstract

Supervisi merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki dan dilaksanakan oleh kepala sekolah. Kegiatan supervisi akademik bertujuan untuk membantu guru dalam meningkatkan kompetensinya, terutama kompetensi paedagogi dan kompetensi professional. Apabila antara kepala sekolah dan guru sama-sama memahami fungsi supervisi, maka masalah pendidikan lebih mudah terpecahkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas supervisi akademik kepala sekolah  dalam meningkatkan kinerja guru melalui: (1) Program supervisi akademik, (2) Pelaksanaan Supervisi akademik, dan (3) Evaluasi pelaksanaan supervisi akademik. Penelitian ini  menggunakan pendekatan kualitatif  dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru SD 1 Barongan. Hasil penelitian yang ditemukan adalah: kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru SD 1 Barongan cukup efektif melalui penyusunan program supervisi, pelaksanaan supervisi,  evaluasi pelaksanaan supervisi, dan tindak lanjut yang dilaksanakan melalui pendekatan kolaboratif dengan pendekatan rapat dan kunjungan kelas. Dari hasil penelitian diharapkan kepala sekolah menambah frekuensi supervisi akademik untuk lebih mengoptimalkan peningkatan kinerja guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dana, P. (2019). Model Pendekatan Supervisi Pengajaran Kolaboratif Guru Senior untuk Meningkatkan Kualitas Pengajaran Guru SMA Negeri 1 Sukasada Tahun Pelajaran 2016/2017. DAIWI WIDYA: Jurnal Pendidikan, 6(1), 61-72.

Dwikurnaningsih, Y. (2019). Supervisi Akademik melalui Pendekatan Kolaboratif oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru di SD Kabupaten Grobogan. Satya Widya, 34(2), 101-111. doi: https://doi.org/10.24246/j.sw.2018.v34.i2.p101-111

Fathurrohman, P., & Suryana, A. A. (2011). Supervisi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

Hardono, H., Haryono, H., & Yusuf, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Educational Management, 6(1), 26-33.

Hariyadi, A. (2018). Model Peningkatan Kualitas Guru Berbasis Kinerja. Prosiding Seminar Nasional Universitas Muria Kudus.

Hariyadi, A., Fuadul, M., & Putri, A. (2021). Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Audio Visual Pada Mata Kuliah Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika, 12(1), 110-11.

Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. TADBIR: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2). doi: http://dx.doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1159

Iskandar. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: GP Press.

Isnaini, E. (2022). Supervisi Klinis Pemanfaatan PMM Peningkatan Kemampuan Guru Menyusun Modul Ajar Kelas IV

SDN Sisir 01 Kecamatan Batu Tahun Pelajaran 2022/ 2023. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 1(3), 398-419.

Kosman, K. (2019). Upaya Meningkatan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 37–43. doi: https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.34

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. London: Sage.

Prayitno, P. J. (2019). Pelaksanaan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SMA. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(2). doi: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v11i2.33209

Priansa, D. J., & Setiana, S. S. (2018). Manajemen dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Purbasari, M. (2015). Pengaruh Supervisi Akademik terhadap Kinerja Mengajar Guru di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 4(1), 46-53.

Rukayah, R. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Perencanaan Pembelajaran Tematik Melalui Supervisi Kelompok Pendekatan Kolaboratif. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 37-46. doi: https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i1.p37-46

Sahertian, P. A. (2000). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaf, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahjosumidjo. (2011). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2023-03-20

How to Cite

Purwaningsih, E. ., Najwa, K. ., Nahidah, N. ., Hariyadi, A. ., & Su’ad. (2023). SUPERVISI AKADEMIK DENGAN PENDEKATAN KOLABORATIF DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU. Equity In Education Journal, 5(1), 30–36. https://doi.org/10.37304/eej.v5i1.8257

Most read articles by the same author(s)