SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS TIK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN

Authors

  • Sodikun Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia
  • Suwarno Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia
  • Mustofa Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia
  • Su'ad Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia
  • Ahmad Hariyadi Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37304/eej.v5i1.8259

Keywords:

Supervisi Akademik, TIK, Kinerja Guru, Pembelajaran.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan mengelola kegiatan proses pembelajaran serta meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam menunjang proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan berbagai instrumen penelitian (alat monitoring), seperti: catatan harian, lembar observasi; pedoman wawancara; lembar angket/kuesioner, lembar masukan guru (refleksi tindakan); lembar penilaian unjuk kerja, dan instrumen perekam gambar/suara (video) Teknik analisis data pada penelitian ini adalah, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa dari rata-rata tingkat kemampuan guru sebelum dilakukan tindakan sebesar 65,05% yang tergolong kurang, dan meningkat setelah dilakukan tindakan menjadi 86,70% dengan kategori baik. Pelaksanaan supervisi akademik berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang dilaksanakan di Gugus Garuda Kecamatan Pakis Aji Jepara mampu meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amani, L., Dantes, N., & Lasmawan, I. W. (2013). Implementasi Supervisi Klinis dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Guru Mengelola Proses Pembelajaran pada Guru SD Se-Gugus VIII Kecamatan Sawan. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 3(1).

Batubara, D. S. (2017). Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru SD/MI (Potret, Faktor-faktor, dan Upaya Meningkatkannya). Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1).

Cynthia, R. (2009). Hakikat Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran”, dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Daresh. (1989). Supervision as Aproactive Process. New Jersey: Longman.

Depdiknas. (2009). Rambu-rambu Pengembangan Kegiatan KKG dan MGMP. Jakarta: Depdiknas.

Dirjen PMPTK. (2008). Metode dan Teknik Supervisi. Jakarta: Depdiknas.

Dirjen PMPTK. (2009). Dimensi Kompetensi Supervisi Akademik. Jakarta: Depdiknas.

Haddad, WD. & Jurich, S. (2012). ICT for Education: Potential and Potency. Diterima dari http://www.ictinedtoolkit.org/usere/l ibrary/tech_for_ed_chapters/03.pdf.

Hariyadi, A. (2014). Peran Pengawas dalam Menerapan Manajemen Mutu Terpadu di Sekolah. Jurnal Manajemen dan Penelitian Akuntansi, 7(2), 124-143.

Hariyadi, A., & Darmuki, A. (2019). Prestasi dan Motivasi Belajar dengan Konsep Diri. Prosiding Seminar Nasional Penguatan Muatan Lokal Bahasa Daerah sebagai Pondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial. PGSD UMK 2019, 280-286.

Ismaniati, C. (2010). Penggunaan Teknologi dan Informasi dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Diterima dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Dr. %20Christina%20Ismaniati,%20M.Pd./Penggunaan%20Teknologi%20Informasi%20dan%20komunikasi%20dalam%20peningkatan%20kualitas%20pembelajaran.pdf.

Miadi, O. Kaniawati, I., & Ramalis, T. R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran LC 7E dengan Pendekatan TBCT dan CT untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Siswa. JNSI: Journal of Natural Scienceand Integration, 2(1), 85-94.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah,

Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Priatna, N., & Sukamto, T. (2013). Matematika: berdasarkan Kurikulum 2013. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Sergiovanni, T. J. (1987). Supervision of Teaching. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumanto. (2014). Teori dan Aplikasi Metode Penelitian. Yogyakarta: CAPS (Center Of Academic Publishing Service).

Suprihatin, D., & Hariyadi, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Menentukan Ide Pokok Melalui Model SAVI Berbasis Mind Mapping pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1384–1393. doi: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1468

Wernely. (2018). Upaya Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penggunaan TIK di TK Aisyiyah Kota Dumai. Jurnal PAJAR, 2(3).

Wijaya, C. (1992). Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-03-20

How to Cite

Sodikun, Suwarno, Mustofa, Su’ad, & Hariyadi, A. . (2023). SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS TIK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN. Equity In Education Journal, 5(1), 65–72. https://doi.org/10.37304/eej.v5i1.8259

Most read articles by the same author(s)