PENGARUH INTERAKSI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN DI KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA SERANG

Penulis

  • Yeti Nurhayati Teknologi Pendidikan Untirta
  • Suherman
  • Sudadio

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3348

Abstrak

Penelitian ini berawal dari observasi di sekolah bahwa dalam proses pembelajaran
PPKN belum sepenuhnya mencapai tujuan pembelajaran dan hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh interaksi antara model pembelajaran berbasis proyek dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar PPKn di kelas VII SMP Negeri 11 Kota Serang.

Metode dalam peneltian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan rancangan desain treatment by level 2X2 atau desain faktorial 2 X 2. Hasil penelitian diambil dari uji hipotesis. Uji hipotesis dilakukan untuk mengetahui apakah hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima atau ditolak maka digunakan analysis of varian two ways ( Anova dua jalur ).

Hasil penelitian ini dapat terlihat dalam Tests of Between-Subjects Effects di atas, didapatkan Kesimpulan Sebagai Berikut : diperoleh nilai Signifikansi (sig.) sebesar 0,013 atau lebih kecil dari 0,05 maka artinya hipotesis yang menyatakan bahwa ada perbedaan Hasil Belajar PPKn berdasarkan Kemampuan Berpikir Kritis dapat diterima. Untuk pengujian signifikasi, berdasarkan tabel Tests of Between-Subjects Effects di atas, didapatkan nilai Fhitung untuk masing-masing variabel lebih besar dari Ftabel pada taraf signifikansi 5% dimana Ftabel =4.091 yang berarti dapat disimpulkan terdapat pengaruh secara signifikan interaksi antara model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Kemampuan Berpikir Kritis peserta didik terhadap  Hasil Belajar PPKn peserta didik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abidin, Yunus. (2013). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Rafika Aditama

Hosnan. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Joyce, Bruce & Marsha Weil. 1980. Model of Teaching, Fifth Edition. USA: Allyn and Bacon A Simon & Scuster Company.

Khamdi. 2007. Project Based Learning. Jakarta: Sejarah Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-17

Cara Mengutip

Nurhayati, Y., Suherman, & Sudadio. (2021). PENGARUH INTERAKSI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN DI KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA SERANG. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 30–36. https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3348