IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FUNGSI KUADRAT DI KELAS X SMAN 1 PALANGKA RAYA
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v25i2.15265Kata Kunci:
Identification, Student errors, Quadratic FunctionAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan wawancara dengan seorang guru matematika kelas X SMAN 1 Palangka Raya. Kesalahan dalam menyelesaikan soal disebabkan siwa sulit memahami dan menentukan rumus yang digunakan. Di sekolah belum pernah dilakukan identifikasi kesalahan dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal fungsi kuadrat. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi serta mendeskripsikan jenis kesalahan dan penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal fungsi kuadrat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian terdiri dari 42 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes dan wawancara. Setelah tes, dipilih tiga siswa untuk diwawancarai guna mencari penyebab kesalahan dalam menyelesaikan soal fungsi kuadrat. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal fungsi kuadrat adalah: (1) Kesalahan konseptual, siswa lupa menuliskan tanda dalam kurung ketika menjabarkan kuadrat, salah menentukan rumus yang digunakan, dan kurangnya pemahaman siswa pada materi fungsi kuadrat. (2) Kesalahan prosedural, siswa tidak tepat dalam langkah-langkah saat menyelesaikan soal atau tidak lengkap langkah-langkah penyelesaiannya. (3) Kesalahan teknikal, siswa salah dalam menghitung nilai operasi matematika dan ketidaktelitian siswa dalam operasi matematika. Penyebab siswa melakukan kesalahan adalah: (1) Pengetahuan, karena siswa lupa, dan juga kurangnya pengetahuan siswa terhadap materi fungsi kuadrat. (2) Pemahaman, kebanyakan siswa kurang memahami dan kurang mengerti tentang materi fungsi kuadrat. (3) Penerapan, siswa tidak tepat langkah-langkah penyelesaiannya.
Kata Kunci: Fungsi kuadrat; Identifikasi; Kesalahan siswa
Unduhan
Referensi
Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, Prosedur). Bandung: Remaja Rosdakarya.
________.(2013). Penelitian Pendidikan (Metode dan Paradigma Baru). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Azizah, D., & Rahmawati, A. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Fungsi Kuadrat Menurut Teori Kastolan. CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 6546.
https://doi.org/10.28918/circle.v3i01.6546
Kurniasari, Y., Sugandi, A. I., & Sariningsih, R. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Kelas X dalam Menyelesaikan Soal Materi Fungsi Kuadrat berdasarkan Prosedur Kastolan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(6), 1561–1568. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1561-1568
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Permendiknas (2006) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Diunduh pada tanggan 12 Oktober 2023 dari https://www.academia.edu/19822754/Permendiknas_no_22_tahun_2006_standar_isi
Pinardi, J., Suparman, Subagjo, A., & Punding, W. (2021). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Turunan Fungsi di SMA Negeri 3 Palangka Raya. Jurnal Pendidikan, 22(1), 37–43. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i1.2793
Restu, Y., & Yarman. (2018). Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Trigonometri Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pariaman. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 7(4), 121–126. https://doi.org/10.24036/pmat.v7i4.5577
Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan (Jenis, Metode, Prosedur). Jakarta: Kencana Prenanda Media Grup.
Santoso, N. E., & Suparno, (2022). PR Matematika. Yogyakarta: Intan Pariwara.
Sudjana, N. (2016). Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syafmen, W. (2014). Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Di SMA (Studi Kasus SMA N 11 Kota Jambi). Jurnal Kreatif Tadulako, 17(3), 73–77. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Kreatif/article/view/3356
Trisnawati, Y. (2022). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Garis Lurus di Kelas VIII SMP Negeri 1 Jabiren Raya. (Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya: Palangka Raya).
Wijaya, A. A., & Masriyah. (2013). Analsis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. MATHEdunesa, 2(1). https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v2n1.p%25p
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Siti Karsini, Sugiharto, Janu Pinardi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.