PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER MODERASI BERAGAMA DI KALANGAN MAHASISWA UNPAM SERANG
DOI:
https://doi.org/10.37304/jpl.v6i1.23212Kata Kunci:
Pendiddikan Agama Islam; Karakter Mahasiswa; Moderasi AgamaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran karakter Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius moderat di kalangan mahasiswa Universitas Pamulang di Serang. Latar belakang penelitian adalah maraknya fenomena intoleransi dan radikalisme di kalangan pemuda yang mengancam persatuan bangsa. PAI memiliki posisi strategis sebagai sarana internalisasi nilai-nilai agama moderat mulai dari toleransi, inklusivitas, dan antikekerasan. Metode Penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi-terstruktur dengan 20 informan, 15 mahasiswa dan 5 dosen PAI, observasi pembelajaran, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi materi keislaman kontekstual, metode pembelajaran partisipatif, dan keteladanan dosen menjadi faktor kunci pembentukan karakter moderat. Kebaruan penelitian ini terletak pada model integratif komunikasi–keteladanan dalam penguatan moderasi beragama di perguruan tinggi. Faktor pendukung meliputi komitmen institusi dan kompetensi dosen, sementara faktor penghambat meliputi keterbatasan waktu dan heterogenitas pemahaman mahasiswa.
Referensi
Anwar, S. (2016). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Bangsa. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7, 157–169.
Arlina, Lestari, A., Putri, A., Rambe, A., Elsil, E. A., & J. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Bangsa. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1008–1018.
Azra, A. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan modernisasi menuju milenium baru. Kencana.
Azra, A. (2019). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Logos.
Barus, J., Tinggi, S., Islam, A., & Deli, T. (n.d.). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk. 2(April 2025), 314–319.
Creswell, J. W. (2022). “Desain penelitian.” Pendekatan Kualitatif & Kuantitatif. KIK 2.
Efendy, R., & I. (2022). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 1–10.
Hasyim, S. (2019). Moderasi beragama dan tantangan kebangsaan. PPIM UIN Jakarta.
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2019). Moderasi beragama. Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.
Lubis, A. S., & Siregar, P. A. (2023). Faktor Pendorong Perilaku Merokok Pada Mahasiswa Dilingkungan Kampus: Pendekatan Kualitatif. Jurnal Kesehatan, 1.1, 215–229.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi Revisi). PT Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. (2018). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. RajaGrafindo Persada.
Muhyidin, M., Shiharudin, S., Maulana, I., & Nuriyati, T. (2025). Jurnal mudabbir. 5, 222–230.
Muis, M. A., Pratama, A., Sahara, I., Yuniarti, I., & Putri, S. A. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Bangsa di Era Globalisasi. 7, 7172–7177.
Mujib, A., & Mudzakir, Y. (2010). Ilmu pendidikan Islam. Kencana Prenada Media.
Muttaqin, A. (2020). Implementasi nilai moderasi beragama dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 156–175.
Puspitasari, N., Yusuf, R., Pendidikan, P., & Islam, A. (n.d.). Peran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik. 57–68.
Salisah, S. K., Darmiyanti, A., & Arifudin, Y. F. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Era Digital : Tinjauan Literatur. 10(1), 36–42.
Samani, M., & H. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya.
Santi, D. (2025). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Manusia di Era Revolusi 4.0. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 221–234.
Sauri, S. (2018). Peran pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan moderasi beragama mahasiswa. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 5(1), 34–52.
Septriani, Septriani, Kasful Anwar US, and S. S. (2025). Manajemen Supervisi dalam Pendidikan Perspektif Kontemporer. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 5.1, 65–74.
Siswa, J. P. (2019). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kkarakter Jujur pada Siswa Ani Jailani 1 , Chaerul Rochman 2 , dan Nina Nurmila 3. 10(2), 257–264.
Sutrisno. (2019). Pendidikan Islam dan moderasi beragama di era global. LKIS.
Waruwu, A. K., Prayogi, A., & Alfisyahri, F. A. (2025). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Karakter Pemimpin. 2.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Tb. Ahmad Munada, Rikil Amri

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis tetap memegang hak cipta penuh atas karya ilmiahnya dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Paris Langkis. Artikel dilisensikan menggunakan: Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Lisensi ini mengizinkan pihak lain untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan membuat karya turunan dengan syarat wajib mencantumkan nama penulis dan sumber publikasi awal.






