Manajemen Karakter Pendidikan Siswa Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smk Al-Huda Kebon Jeruk Jakarta Barat

Penulis

  • Jamari Jamari Universtas PTIQ Jakarta Indonesia Jl. Lebak Bulus Raya No. 2, Lebak Bulus Cilandak, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12440

DOI:

https://doi.org/10.37304/parislangkis.v6i1.23552

Kata Kunci:

Manajemen Karakter Siswa; Mutu Pendidikan Karakter; SMK Al-Huda Kebon Jeruk Jakarta Barat

Abstrak

Pendidikan karakter di sekolah dasar menjadi kebutuhan penting untuk membentuk peserta didik yang berakhlak mulia dan berdisiplin tinggi. Namun penerapannya memerlukan manajemen yang terstruktur agar program berjalan efektif. Penelitian ini bertujuan menganalisis manajemen pendidikan karakter di SD Integral Hidayatullah Makassar, mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan informan kepala sekolah, guru, dan staf terkait. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data mengikuti tahapan Miles dan Huberman: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang divalidasi melalui triangulasi sumber dan teknik. Penelitian menemukan bahwa sekolah menerapkan program pembiasaan, integrasi nilai karakter ke dalam kurikulum, serta keteladanan guru sebagai strategi utama. Evaluasi dilakukan melalui pemantauan harian dan rapat evaluasi berkala. Hambatan meliputi keterbatasan waktu, variasi karakter siswa, dan kurangnya pelibatan orang tua. Implikasi: Hasil penelitian memberikan rekomendasi bagi sekolah untuk memperkuat kolaborasi antara guru dan orang tua serta mengembangkan instrumen evaluasi karakter yang lebih terukur. Kesimpulan: Manajemen pendidikan karakter di sekolah ini telah terlaksana secara sistematis namun memerlukan optimalisasi dalam evaluasi dan kemitraan dengan keluarga.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.
##doi.editor.displayName##: 10.37304/parislangkis.v6i1.23552 DOI URL: https://doi.org/10.37304/parislangkis.v6i1.23552
Lihat: 12 | ##article.downloads##: 3

Referensi

Abdul Basit. (2011). Dakwah Remaja (Kajian Remaja dan Institusi Dakwah Remaja). Purwokerto: STAIN Press.

Ahmad Zain Sarnoto & Sri Tuti Rahmawati. (2024). Pendidikan Karakter: Teori dan Aplikasi dalam Kurikulum. Tangerang: Minhaj Pustaka. Diakses dari https://minhajpustaka.id/product/pendidikan-karakter-teori-dan-aplikasi-dalam-kurikulum/

Baumrind, D. (1991). The Influence of Parenting Style on Adolescent Competence and Substance Use. The Journal of Early Adolescence, 11(1), 56–95.

Departemen Agama. (2006). Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Gunawan, H. (2014). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hasan, M. I. (2002). Pokok-Pokok Materi Metode Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Koesoema, D. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Masturi, M. (2014). Nilai Karakter: Refleksi untuk Pendidikan Karakter. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhammad Nur, et al. (2022). Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Tingkat SD. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 24.

Mustari, M. (2014). Nilai Karakter: Refleksi untuk Pendidikan Karakter. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Suyatno. (2017). Implementasi Budaya Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 112–124.

Syamsi, I. (1994). Pokok-pokok Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pasal 3.

Wahjosumidjo. (1999). Kepemimpinan dan Motivasi: Teori dan Aplikasinya dalam Pendidikan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter di Sekolah: Strategi dan Implementasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zubaedi. (2013). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Unduhan

Diterbitkan

10-12-2025

Cara Mengutip

Jamari, J. (2025). Manajemen Karakter Pendidikan Siswa Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smk Al-Huda Kebon Jeruk Jakarta Barat. Jurnal Paris Langkis, 6(1), 139–153. https://doi.org/10.37304/parislangkis.v6i1.23552