IMPLEMENTASI KOMPETENSI SPIRITUAL DAN SOSIAL DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi di SMP Negeri 4 Kota Cilegon)
DOI:
https://doi.org/10.37304/paris.v5i1.16691Kata Kunci:
Implementasi Kompetensi Spiritual; Kompetensi Sosial; Karakter SiswaAbstrak
Penelitian ini berangkat dari perhatian terhadap pembentukan karakter dalam pendidikan nasional yang bertujuan membentuk manusia Indonesia berakhlak mulia, beriman, dan bertakwa. Fokusnya pada implementasi kurikulum 2013, khususnya kompetensi spiritual dan sosial dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk mengembangkan karakter siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) memahami penerapan kompetensi spiritual dan sosial dalam pembentukan karakter siswa, dan (2) mengevaluasi hasil pengembangan karakter melalui kompetensi tersebut di SMPN 4 Kota Cilegon. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di SMPN 4 Kota Cilegon, tempat di mana sekolah telah menerapkan kompetensi sikap spiritual dan sosial dalam aktivitas siswa, baik di dalam maupun di luar kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kompetensi sikap spiritual di SMPN 4 Kota Cilegon berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari penerapan nilai-nilai spiritual oleh guru, staf, dan siswa. Sementara itu, untuk kompetensi sikap sosial, siswa terlibat dalam kegiatan kemasyarakatan, seperti membantu korban bencana dan kerja bakti dengan masyarakat sekitar. Pendidikan Agama Islam terbukti menjadi dasar pembinaan karakter, di mana guru agama dan guru lainnya dapat merancang kegiatan harian yang mendukung pengembangan karakter siswa. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran di sekolah.
Unduhan
Referensi
Akbar, K., Lion, E., & Saefulloh, A. (2021). Peran Kepala Keluarga Dalam Membentuk Karakter Religius Remaja Di Desa Lampuyang Kabupaten Kota Waringin Timur. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 500–511. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1866
Barnawi. (2012). Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan karakter. Jogjakarta: Ar-Ruz Media.
Dewi Muryati; Endah Charolyna, Y., & Ahmad Saefulloh. (2020). Kendala Alumni Prodi PPKn dalam Memperoleh Pekerjaan Serta Relevansinya dengan Kurikulum 2013 Dewi Muryati. 157–166. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JPN/article/view/2018
Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Imlpementasi. Bandung: Alfabeta.
Hidiyatulloh, F. (2010). Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa. Surakrta: Yuma Pustaka.
Kemendiknas. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Panduan Pelaksa¬naan Pendidikan Karakter, Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Jakarta: Kemendiknas.
Moleong. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Muchlis, M., & Saefulloh, A. (2023). Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Karakter Kewarganegaraan Siswa Di Sekolah MAN Kota Palangka Raya. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 15(2), 241–250.
Rohmah, S. M., Noor, T., & W, U. R. (2021). Paradigma Pendidikan Karakter Menurut Pemikiran Imam Al-Ghazali dalam Kitab Bidāyatul Hidāyah. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(2). https://doi.org/10.15575/ath.v6i2.12917
S, M. U., P, M. T., Peronika, P., S, T. R. H., & S, R. (2021). Analisis Nilai-Nilai Karakter dalam Novel “Anak Lumpur Menggapai Matahari.” Asas: Jurnal Sastra, 10(1). https://doi.org/10.24114/ajs.v10i1.22538
Sisdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional . Sisdiknas.
Sudirman, N. (2010). Ilmu Pendidikan. Bandung: CV. Remaja Rodakarya
Sugiyono. (2022). Pengertian Penelitian Kualitatif Menurut Sugiyono. Https://Pengayaan.Com/Pengertian-Penelitian-Kualitatif-Menurut-Sugiyono/Index.Html.
Tatik, A., & Dimyati, D. (2018). Pentingnya peran keluarga untuk penguatan karakter dalam membentuk akhlak baik pada anak usia dini. Seminar Nasional Dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga Dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas.
Umar, M., Ismail, F., & Syawie, N. (2021). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MODERASI BERAGAMA PADA JENJANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(1). https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i1.798
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter, Konsepsi dan Aplikasisnya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Neng Linda Badratul Laela Mahfudz
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.