Implementasi Program Full Day School dalam Pembentukan Karakter Anak: Studi Kualitatif di MITQ Azhar Center Makassar

Penulis

  • Mukdar Boli Institut Parahikma Indonesia
  • Tobroni Universitas Muhammadiyah Malang
  • Faridi Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.37304/parislangkis.v6i1.23642

Kata Kunci:

Implementasi Full Day School; Pembentukan Karakter Anak; MITQ Azhar Center Makassar

Abstrak

Latar Belakang: Full Day School diterapkan dalam banyak lembaga pendidikan Islam sebagai strategi memperkuat pembentukan karakter, namun efektivitasnya sangat bergantung pada sistem manajemen pembiasaan, keteladanan, dan lingkungan pembelajaran yang kondusif. Tujuan: Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi program Full Day School dalam pembentukan karakter anak di MITQ Azhar Center Makassar, mencakup pola pembiasaan, keteladanan, penguatan, serta strategi pembelajaran. Metode: Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan informan kepala sekolah, guru kelas, dan guru pembina. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman dengan triangulasi sumber dan teknik untuk memastikan validitas. Hasil: Temuan menunjukkan bahwa pembentukan karakter dilakukan melalui pembiasaan terstruktur, keteladanan guru, penguatan positif, dan model pembelajaran menyenangkan. Meski demikian, kendala muncul pada keterbatasan sarana dan adaptasi lingkungan fisik sekolah. Implikasi: Full Day School terbukti memberikan ruang pembentukan karakter yang intensif, tetapi memerlukan dukungan sarana yang memadai dan kolaborasi guru–orang tua. Kesimpulan: Implementasi Full Day School efektif membentuk karakter anak, namun peningkatan fasilitas, metode penguatan, dan evaluasi perilaku diperlukan agar lebih optimal

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.
##doi.editor.displayName##: 10.37304/parislangkis.v6i1.23642 DOI URL: https://doi.org/10.37304/parislangkis.v6i1.23642
Lihat: 5 | ##article.downloads##: 0

Referensi

Anhar, A., Nurhuda, A., In, W., & Sri, D. (2025). Strengthening Social Piety Values through Academic Studies with Bibliometric Analysis of Research Publications 2015-2025. 01(2), 143–163.

Darmayanti, R., Sukriyah, Y., Sahara, N., Suprayitno, K., & Susetyarini, R. E. (2024). Behaviorisme dalam pendidikan: Pembelajaran berbasis stimulus-respon. Penerbit Adab.

Dwi, U., & Arifin, M. (2025). The Case Method in Islamic Education as an Effort to Strengthen Students ’ Character Values : A Literature Review. 01(2), 128–142.

Fadilah, M. P., Alim, W. S., Zumrudiana, A., Lestari, I. W., Baidawi, A., Elisanti, A. D., & KM, S. (2021). Pendidikan karakter. Agrapana Media.

Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).

Firdaus, D. R., & Fuad, A. (2025). Critical Analysis of Islamic Educational Philosophy on the Concept of Essentialist Education. 01(1), 33–43.

Hamalik, O. (2003b). Proses belajar mengajar.

Istiadah, F. N. (2020). Teori-teori belajar dalam pendidikan. edu Publisher.

Labibah, S., Surawan, S., & Information, A. (2025). Actualization of Qur ’ anic values and Living Values in strengthening the character of MTsN 1 Sukamara students in the Society 5 . 0 era. 01(2), 115–127.

Marhayati, N., Chandra, P., & Fransisca, M. (2020). Pendekatan Kognitif Sosial pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. DAYAH: Journal of Islamic Education, 3(2).

Nata, H. A. (2022). Membangun Pendidikan Islam Yang Unggul Dan Bedraga Saing Tinggi: Seri Kajian: Analisis Kebijakan dan Kapita Selekta Pendidikan Islam di Indonesia. Prenada Media.

Nadirah, S. P., Pramana, A. D. R., & Zari, N. (2022). metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, mix method (mengelola Penelitian Dengan Mendeley dan Nvivo). CV. Azka Pustaka.

Nurrahman, A., Wulaningrum, T., Syafii, A., Nuraini, E., Nuraeni, Z., Dos Santos, M., Afnia, P. N., Alfarisa, F., Widyastuti, P., & Desrani, A. (2025). Penerapan Pendidikan Karakter Di Indonesia. CV. Ruang Tentor.

Ramdani, D. A., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2023). Core ethical values pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 7891–7899.

Supradi, B., & Pd, M. (2020). Transformasi Religiusitas Model Full Day School. Guepedia.

Susiati, S. (2020). Emosi Verbal Suku Bajo Sampela.

Syantut, K. A. (2022). Rumahku Madrasah Pertamaku. Maskana Media.

Wardanik, Y., Muhammd, D. H., & Susandi, A. (2021). Konsep pendidikan karakter presfektif al-ghazali dan Abdullah nashin Ulwan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 480–487.

Wahyu, M., Modern, K., & Islam, P. (2025). Ijtihad in Bridging Revelation and Modern Life Realities and Its Implementation in Islamic Education. 01(1), 59–76.

Zubairi, M. P. I. (n.d.). Ilmu Pendidikan Islam. Penerbit Adab.

https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=5GlNEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA3&dq=buku+implementasi+full+day+school&ots=wqjUZSFaxE&sig=nH4HqIrEo8udoC0Z6O2ExsKl4SU&redir_esc=y#v=onepage&q=buku%20implementasi%20full%20day%20school&f=false

keimanan-yang-diuji-dan-perintah-ilahi-dalam-mimpi-untuk-mengorbankan-anaknya.

Ahmadiy, A.-. (2019). Lingkungan dan Alam dalam Al-Quran Spektra : Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 5(1). https://doi.org/10.32699/spektra.v5i1.81

Fauzan, A. (2015). Teks al-Qur’an dalam Pandangan Nashr Hamid Abu Zayd. Kalimah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, 13(1), 71–92.

Khasanah, N., Hamzani, A. I., & Aravik, H. (2021). Dinamika Kepribadian Dalam Perspektif Psikologi Islam; Telaah Konsep Amarah, Lawwamah, dan Muthmainnah serta Korelasinya Dengan Iman, Islam, dan Ihsan. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 8(2). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i2.20031

Muzakki, A. (2006). Signifikansi Proses Pencarian Makna terhadap Teks Agama: Menyibak.

Salim, J. M., & Sautu, S. L. (1998). Spherically symmetric static solutions in Weyl integrable spacetime.

Classical and Quantum Gravity, 15(1), 203.

Unduhan

Diterbitkan

19-12-2025

Cara Mengutip

Boli, M., Tobroni, & Faridi. (2025). Implementasi Program Full Day School dalam Pembentukan Karakter Anak: Studi Kualitatif di MITQ Azhar Center Makassar. Jurnal Paris Langkis, 6(1), 154–167. https://doi.org/10.37304/parislangkis.v6i1.23642