MODEL PAI MULTIDISIPLINER DI MADRASAH
DOI:
https://doi.org/10.37304/paris.v4i2.14779Kata Kunci:
Model PAI, Multidispliner, MadrasahAbstrak
Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah seringkali berfokus pada satu disiplin ilmu dan kurang terintegrasi dengan bidang studi lainnya. Hal ini dapat menghambat pemahaman luas siswa tentang ajaran Islam dalam konteks kehidupan kontemporer yang rumit. Tujuan penelitian dari Model PAI multidisipliner di madrasah yang mengintegrasikan ajaran Islam dengan berbagai disiplin ilmu seperti sains, teknologi, sosial, dan humaniora adalah tujuan dari penelitian ini. Metode Penelitian dilakukan secara kualitatif dan menggunakan studi pustaka sebagai pendekatan. Data dikumpulkan dengan memeriksa literatur dari berbagai sumber, termasuk buku, jurnal ilmiah, dan dokumen kebijakan pendidikan. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa Ada 5 model yang bisa daplikasikan yaitu (1). Integrasi Keilmuan; (2). Pendekatan holistik; (3). Kurikulum Terintegrasi; (4). Responsif terhadap Perkembangan Zaman; dan (5). Penguatan Identitas Keislaman. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan untuk pengembangan kurikulum PAI di madrasah yang lebih komprehensif dan relevan dengan tantangan zaman.
Unduhan
Referensi
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., & Chotimah, O. (2022). METODE PENELITIAN KUALITATIF STUDI PUSTAKA. 6(1), 974–980.
Hakim, N., Dan, K., & Aliyah, M. (2021). PENGUATAN SISTEM PENDIDIKAN BERCIRI KHAS ISLAM DI MADRASAH ALIYAH DA ’ WAH ISLAMIYAH PUTRI. 1(1), 1–16.
Haris, A. (2024). PAI Interdisipliner di Sekolah : Membangun Model Pembelajaran yang Intergratif dan Holistik di Era Digital. 06(02), 12426–12437.
Hatija, M. (2024). Paradigma integrasi agama dan sains dalam pembelajaran pendidikan agama islam. 7(2), 68–92.
Islamic, A. T., High, S., & This, K. (n.d.). Penguatan Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Aliyah di Kudus Pendidikan Islam merupakan upaya mengembangkan , berlandaskan nilai-nilai yang tinggi dan kehidupan yang mulia , yang mempunyai jenjang pendidikan dasar dan menengah unsur-unsur kiai atau ustadz , yang mengajar dan mendidik , santri. 13(1), 207–226.
Kepesantrenan, P. (2003). PENGUATAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. 6, 115–136.
Madrasah, D. I., Negeri, T., & Malang, K. (2021). MANAJEMEN KURIKULUM INTEGRASI. 247–255.
Reformasi, E., & Taklim, M. (2024). SISTEM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ISLAM PADA ERA REFORMASI : DI SEKOLAH UMUM , MADRASAH , PONDOK PESANTREN DAN MAJLIS TAKLIM Noor Liyana Selvia Manajemen Pendidikan Agama Islam , Universitas An Nur Lampung Abstrak Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. 8(2), 792–808. https://doi.org/10.35931/am.v8i2.3465
Retnanto, A. (n.d.). Integrasi keilmuan dalam pendidikan islam.
Risbayana, N. N., Fimanda, A. Y., Siga, W. D., Surya, F., Lesmana, T., & Hulu, V. (2022). DALAM MEMBANGUN DIALOG INTERRELIGIUS DI INDONESIA. 02(01), 145–156.
Safrudin, M. (2023). MEMBENTUK IDENTITAS ISLAMI DI TENGAH TANTANGAN ERA MILENIAL ; Pendekatan dan Strategi Pembelajaran Islam. 13(16), 105–116.
Society, E. R. A. (2023). TRANSFORMASI MADRASAH DALAM MENGHADAPI TANTANGAN DI. 8(2).
Tarbiyah, F. (2024). Model Dan Problematika Pendidikan Islam Menurut Azyumardi Azra Sulistri. 10(2), 528–547.
Universitas, D., & Sidoarjo, M. (2016). Realasi ilmu pengetahuan dan agama. 1(October), 901–908.
Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764
Yusuf, C. F. (2021). Literasi Keagamaan Generasi Milenial Indonesia: Tantangan Masa Depan Bangsa. In Literasi Keagamaan Generasi Milenial Indonesia: Tantangan Masa Depan Bangsa (Issue November). https://doi.org/10.14203/press.459
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Muhammad Yusuf, Tobroni, Faridi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.