PEMBINAAN REMAJA DALAM PELESTARIAN KESENIAN AL-BANJARI MELALUI GEBYAR NASYID

Penulis

  • Muhammad Yusuf IAIN Palangka Raya
  • Marsiah Marsiah IAIN Palangka Raya
  • Ajahari Ajahari IAIN Palangka Raya
  • Surawan Surawan IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v3i1.5219

Kata Kunci:

Pembinaan, Pelestarian Kesenian Al-Banjari, Gebyar Nasyid

Abstrak

Artikel ini dilatarbelakangi dari kurangnya kesadaran akan pentingnya kesenian al-banjari dan wawasan di dalamnya. Kesenian al-banjari atau habsyi merupakan salah satu kesenian Islam yang di dalamnya melantunkan syair-syair dan pembacaan sholawat nabi yang diiringi tabuhan-tabuhan gendang atau rebana. Program inilah yang dilakukan mahasiswa KKN Tematik Sukamulya kota Palangka Raya terhadap suatu komunitas masyarakat. Tujuan dari pembinaan ini yaitu untuk melestarikan dan mengaktifkan kembali kesenian al-banjari serta pengembangan skill. Adapun metode yang digunakan yaitu service learning (SL). Melalui program ini, program pembinaan kesenian al-banjari mendapat apresiasi dari masyarakat karena kesenian al-banjari sudah lama vakum yang sebelumnya pernah dilakukan. Selama program ini berlangsung, banyak sekali hal-hal yang telah dicapai, di antaranya adalah: adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan, penambahan dan pembaruan sarana prasana maupun peralatan al-banjari. Berdasarkan hasil program pembinaan remaja dalam pelestarian kesenian al-banjari melalui gebyar nasyid, dapat disimpulkan yaitu melestarikan dan menghidupkan kembali program atau kegiatan kesenian al-banjari, memberikan tambahan wawasan atau pengetahuan, keterampilan dan pengembangan skill dalam kesenian al-banjari, memberikan tambahan pengetahuan atau wawasan tentang kebudayaan Islam yaitu kesenian al-banjari yang di dalamnya melantukan syair-syair pujian atau sholawat, membantu dan melayani dalam menumbuhkan semangat guna melestarikan dan menguatkan kebudayaan kesenian al-banjari, serta diharapkan dapat menciptakan regenerasi.

Kata Kunci: Pembinaan, Pelestarian Kesenian Al-Banjari, Gebyar Nasyid

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Daftar Pustaka

Anggraini, R., Ashlihah, & Muhibuddin, A. (2021). Pelatihan Al-Banjari Untuk Meningkatkan Semangat Kegiatan Rutinan Malam Lailatus Sholawat Santriwati Pondok Pesantren Bahrul ‘ Ulum , Ribath Sabilul Huda Jombang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan, 2(1), 37–42.

Hakim, M. D., Ghozali, A., Airlangga, P., & Taufiqurrohman, M. A. (2021). Pelestarian Budaya Islami Hadrah Desa Gondangmanis. Pertanian: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 16–20.

Hamdanah, H., & Surawan, S. (2022). Remaja dan Dinamika: Tinjauan Psikologi dan Pendidikan. K-Media.

Hayuningtyas, A. R. (2018). Hadrah Sebagai Media Dakwah Dalam Meningkatkan Semangat Aktivitas Keagamaan Remaja Desa Sidodadi Kecamatan Pardasuka Pringsewu.

Huda, A., & Mustakim, A. (2021). Pengembangan Keterampilan Pembacaan Maulid dan Seni Hadrah Al- Banjari Bagi Remaja Masjid Darul Mu ’ awanah Banjaranyar Tanjunganom Nganjuk. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(2), 31–46.

Imron, M., Jalil, A., Wahid, A., Tinggi, S., Islam, A., Probolinggo, M., Masjid, R., & Masjid, R. (2022). Pemberdayaan Remaja Masjid sebagai Kader Moderasi Beragama. Development, 1(1), 65–70.

Jennah, R., Surawan, S., & Yusuf, M. (2022). Teacher’s Innovation In Class Management To Increase Student Learning Motivation In Pandemic Era. Proceedings International Seminar of Islamic Studies, 892–899.

Karmela, S. H., & Yanto, F. (2021). Pengenalan Seni Musik Tradisional Melayu Jambi Kompangan dan Hadrah Untuk Menumbuhkan Kepedulian Budaya Lokal. Transformasi: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 66–77.

Kementrian Agama. (2019). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Kementrian Agama RI.

Kholisotin, L., & Minarsih. (2018). Implementation of Religious Extracurricular at Palangka Raya Vocational High School 1. Anterior Jurnal, 18(1), 71–78.

Mustofa, I. (2019). Praktik Service Learning Manajemen Madrasah Diniah Sebagai Laboratorium Sosial. Intizam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 15–32.

Ni’mah, S. M., & Amaliati, S. (2021). Upaya Internalisasi Nilai Pendidikan Islam melalui Kegiatan Banjari Ranting IPNU IPPNU Gresik. An-Nafah Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 1(2), 54–61.

Nuraini, D. (2021). Konseling Individual dengan Pendekatan Behavioral dalam Meningkatkan Motivasi Beragama pada Remaja Putus Sekolah. UIN Banten.

Nurkholis, A., & Septiadi, M. A. (2021). Urgensi Seni Budaya Islam bagi Remaja di Dusun 01 , Desa Bukit Peninjauan II , Kecamatan. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(56), 88–97.

Putra, I. A., Nasrulloh, M. F., Aini, A. Q., Naajichiyyah, L., & Fitriyah, L. (2021). Sosialisasi Gerakan Literasi bagi Siswa di MI Roudhotul Ulum 1 Desa Brangkal untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa dalam Membaca. Jurnal Pengabdian Masyarakat Untuk Negeri, 1(1), 16–22.

Putra, Y. K., & Sadali, M. (2020). Pelatihan uji kompetensi keahlian siswa sekolah kejuruan menggunakan metode Participatory Learning and Action ( PLA ). Absyara: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 80–86. https://doi.org/10.29408/ab.v1i2.2772

Rokhmawan, T., Wulandari, B., Fitriyah, L., Pairiyadi, F., Ghonima, S., & Rofiq, A. (2020). Pengembangan Kegiatan Seni dan Budaya Islami sebagai Bentuk Kegiatan Positif Remaja pada Masa Pandemi. Al-Mu’awanah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyakarat, 1(2), 23–34.

Rozi, M. F., & Suhaimi. (2022). Pemberdayaan Manajemen Remaja Masjid dalam Meningkatkan Ekonomi melalui Hadrah Banjari. Jurnal Abdimas Indonesia, 2(1), 9–17.

Surawan, & Mazrur. (2020). Psikologi Perkembangan Agama: Sebuah Tahapan Perkembangan Agama Manusia. K-Media.

Surawan, & Sobari, R. T. (2022). Improving Students’ Spiritual Intelligence Through Compulsory Dormitory Program. Atthulab: Islamic Religion Teaching & Learning Journal, 7(1), 43–52.

Surawan, Syabrina, M., Bilad, C. Z. El, & Azmy, A. (2022). Implementation of Character Education at Madrasahs and Integrated Islamic Schools in Central Kalimantan. Ta’dib Journal, 25(1), 19–26.

Syamsudduha, S., & Tekeng, N. Y. (2017). Penerapan Service Learning dalam Pembelajaran Matakuliah Pedagogik pada Kurikulum Pendidikan Calon Guru. Lentera Pendidikan, 20(1), 1–17.

Tajudin, A., & Aprilianto, A. (2020). Strategi Kepala Madrasah dalam Membangun Budaya Religius Peserta Didik. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(20), 101–110.

Wardoyo, A. S., & Wicaksono, A. P. (2021). Perspektif Seni dalam Islam: Pelatihan Hadrah pada Anak-anak. Intelektiva: Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(09), 53–57.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-17

Cara Mengutip

Yusuf, M., Marsiah, M. ., Ajahari , A. ., & Surawan , S. . (2022). PEMBINAAN REMAJA DALAM PELESTARIAN KESENIAN AL-BANJARI MELALUI GEBYAR NASYID . Jurnal Paris Langkis, 3(1), 13–24. https://doi.org/10.37304/paris.v3i1.5219