PELATIHAN SENI KALIGRAFI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MENULIS PADA SISWA MTS DARUL-AMIN
DOI:
https://doi.org/10.37304/paris.v5i1.15203Kata Kunci:
Kaligrafi, Kreativitas menulis, Siswa.Abstrak
Menulis merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan. Oleh karena itu, dipandang sebagai suatu keharusan untuk melakukan pelatihan guna meningkatkan dan memperbaiki kualitas para santri. Pengabdian ini menggunakan metode ABCD (asset based community development) yang dikembagkan di pondok pesantren Darul-Amin Palangka Raya. Hasail pengabdian menunjukkan bahwa seni tulis kaligrafi dapat meningkatkan kreativitas menulis dengan baik, namun menghadapi kendala seperti kurangnya keterampilan dasar menulis, rendahnya kreativitas dalam menuangkan ide, serta terbatasnya pembelajaran tentang seni kaligrafi. Melalui pelatihan seni kaligrafi, diharapkan dapat meningkatkan keterampilan menulis dasar, mengembangkan kreativitas siswa, menumbuhkan minat dan ketertarikan terhadap aktivitas menulis, serta memberikan pemahaman tentang sejarah dan filosofi kaligrafi sebagai warisan budaya Islam
Unduhan
Referensi
Ariesta, O., & Maulana, I. (2020). Pelatihan seni kaligrafi islam di pesantren thawalib gunuang. Batoboh: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 113-123.
Iryansyah, I. (2022). Pelaksanaan kelas bina bakat kaligrafi dalam meningkatkan kemampuan menulis alquran dan hadis bagi peserta didik di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Nunu (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu).
Khairani, I., Rahma, A., Susanti, D., Fadhilah, F., & Nasution, S. (2023). The Role of Calligraphy in Increasing the Maharah Kitabah. Quality: Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies, 1(2), 157-168.
Khazanah, U., & Ilma, M. (2021). Pelatihan Seni Kaligrafi Islam dalam Meningkatkan Kreativitas Santri MDTA Ar-Rahman di Desa Ngrogung Ngebel Ponorogo. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 117-126.
Nurbaeti, N., Nisa, K., & Emiyati, G. (2019, July). Pelatihan Dasar Seni Menulis Alqur’an (Kaligrafi) Bagi Taman Pendididikan Alquran Nurul Taqwa Desa Pattallassang Kec. Pattallassang Kab. Gowa. In Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M) (Vol. 3, No. 1, pp. 344-349).
Nurdiyanah, N., Parmitasari, R. D. A., Muliyadi, I., Nur, S., & Haruna, N. (2016). Panduan pelatihan dasar asset-based community-driven development (abcd). Makasar: Nur Khairunnisa.
Oktavera, H., Abdullah, A. W., Misbahuddin, M., & Al-Qarni, W. (2021). Pelatihan Seni Kaligrafi Dalam Meningkatkan Kreativitas Menulis Bahasa Arab Santri Pondok Pesantren Di Kota Manado. TARSIUS: Jurnal Pengabdian Tarbiyah, Religius, Inovatif, Edukatif & Humanis, 3(2), 11-18.
Oktavera, H., Abdullah, A. W., Misbahuddin, M., & Al-Qarni, W. (2021). Pelatihan Seni Kaligrafi Dalam Meningkatkan Kreativitas Menulis Bahasa Arab Santri Pondok Pesantren Di Kota Manado. TARSIUS: Jurnal Pengabdian Tarbiyah, Religius, Inovatif, Edukatif & Humanis, 3(2), 11-18.
Sugianto, A., Riyanto, R., & Tajab, M. (2022). Pelatihan menulis seni kaligrafi bagi guru taman pendidikan al qur’an. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5).
Waqfin, M. S. I., Umam, I. M., Hildiana, L. V., & Kholid, A. (2021). Pelatihan Dibidang Seni Kaligrafi Untuk Meningkatkan Kreatifitas Peserta Didik Dan Tenaga Pendidik Di Mi Al-Ihsan Bandarkedungmulyo. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1-4.
Yanuarmi, D., Widdiyanti, W., & Sundari, S. (2019). Kreatifitas Melalui Batik Cap Dari Karton Bekas Pada Siswa Disabilitas. Batoboh, 4(2), 69. https://doi.org/10.26887/bt.v4i2.899.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Saiful Lutfi, Syahmidi Syahmidi, Surawan Surawan, Maya Risa
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.