Peran PAI dalam Membentuk Akhlak dan Moderasi Beragama di Sekolah (Studi Kasus di SMP Negeri 8 dan SMP Bina Cipta Karya Cilegon)

Penulis

  • Julehah Julehah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Rumbang Sirojudin UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Deni Iriyadi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Fitri Hilmiyati UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Lalu Turjiman Ahmad UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.37304/parislangkis.v6i1.23994

Kata Kunci:

Pendidikan Agama Islam; Akhlakul Karimah; Wawasan Moderasi Beragama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis peran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk akhlakul karimah dan wawasan moderasi beragama peserta didik di SMP Negeri 8 Cilegon dan SMP Bina Cipta Karya Cilegon. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya tantangan degradasi moral, intoleransi, dan pengaruh radikalisme di kalangan remaja dalam konteks masyarakat Indonesia yang majemuk. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi terhadap guru PAI, kepala sekolah, serta siswa kelas VIII. Kebaruan penelitian ini terletak pada analisis integratif antara pembinaan akhlakul karimah dan internalisasi moderasi beragama yang dikaji secara simultan pada sekolah negeri dan swasta dengan karakter sosial yang berbeda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa PAI berperan strategis melalui keteladanan guru, pembiasaan religius, integrasi nilai dalam Kurikulum Merdeka dan proyek P5, serta budaya sekolah yang inklusif. Nilai kejujuran, empati, disiplin, toleransi, dan sikap anti-kekerasan terinternalisasi secara konsisten dalam perilaku siswa. Secara teoretis, penelitian ini memperkaya kajian PAI berbasis karakter dan moderasi beragama, sementara secara praktis memberikan implikasi bagi pengembangan kurikulum PAI, penguatan peran guru, dan kebijakan pendidikan karakter di sekolah menengah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.
##doi.editor.displayName##: 10.37304/parislangkis.v6i1.23994 DOI URL: https://doi.org/10.37304/parislangkis.v6i1.23994
Lihat: 1 | ##article.downloads##: 0

Referensi

Adil, A. (2023). The Analysis Of Effectiveness Of Habit Forming Method Implementation To Improve Discipline In Students Learning Activities Authors. Jurnal Manajement Pendidikan, 5(1).

Anhar, A., Nurhuda, A., In, W., & Sri, D. (2025). Strengthening Social Piety Values through Academic Studies with Bibliometric Analysis of Research Publications 2015-2025. 01(2), 143–163.

Basuki, D. D. (2024). Pendekatan Integratif Pendidikan Tauhid dan Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Pembentukan Akhlak Terpuji. In Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman (Vol. 14, Issue 3, pp. 401–418). Institut Agama Islam Tribakti Kediri. https://doi.org/10.33367/ji.v14i3.6187

Dewi, N. R. S., & Fazal, K. (2024). Comparative Analysis of Religious Moderation and Inclusivity in SMAN 2 and MAN Tanjungpinang. Jurnal Sosiologi Agama Indonesia (JSAI), 5(2), 311–323. https://doi.org/10.22373/jsai.v5i2.4536

Dwi, U., & Arifin, M. (2025). The Case Method in Islamic Education as an Effort to Strengthen Students ’ Character Values : A Literature Review. 01(2), 128–142.

Dwi Widayanti. (2022). Implementasi Nilai- Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI di SDN 1 Pule Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2022/2023. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said, 4(6), 11780–11798.

Firdaus, D. R., & Fuad, A. (2025). Critical Analysis of Islamic Educational Philosophy on the Concept of Essentialist Education. 01(1), 33–43.

Fuad, A. F. N., & Nurjanah, N. (2022). PELATIHAN PENGARUSUTAMAAN MODERASI BERAGAMA BAGI GENERASI MILENIAL DKI JAKARTA. In Al-Khidmat (Vol. 5, Issue 1, pp. 25–31). Sunan Gunung Djati State Islamic University of Bandung. https://doi.org/10.15575/jak.v5i1.17345

Fuadi, A. I. (2025). Reassessing Classical Kalam : A Critical Analysis of the Relevance of Islamic Theology in the Age of Globalization. 01(1), 44–58.

Haru, E. (2023). Mengenal Teori Kognitif Sosial Albert Bandura dan Implikasinya dalam Dunia Pendidikan. Alternatif.

Imron, M. A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Moderasi Beragama Siswa di SMP N 1 Warungasem Kabupaten Batang.

Kartika, N. P., & Astutik, A. P. (2024). Strategi Sekolah Islam dalam Mencegah Perilaku Bullying. 6(1), 406–414.

Kartini, E. (2024). Peran Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Religius dan Kedisiplinan Siswa di MA Mazro’atul Ulum Wedarijaksa Pati. Repository Unissula.

Labibah, S., Surawan, S., & Information, A. (2025). Actualization of Qur ’ anic values and Living Values in strengthening the character of MTsN 1 Sukamara students in the Society 5 . 0 era. 01(2), 115–127.

Latifah, A., Gono, J. N. S., & Rahardjo, T. (2025). Memahami Negosiasi Identitas Agama Umat Muslim dan Umat Kristiani dalam Bermasyarakat di Kota Cilegon. Interaksi Online, 13(2), 186–202.

Maesak, C., Kurahman, O. T., & Rusmana, D. (2025). Peran Pendidikan Islam Dalam Mengatasi Krisis Moral Generasi Z Di Era Globalisasi Digital. Reflection : Islamic Education Journal, 2(1), 7.

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Harfa.

Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian. KBM Indonesia.

Sembiring, T. B., Irmawati, Sabir, M., & Tjahyadi, I. (2024). Buku Ajar Metodologi Penelitian. Saba Jaya Publisher.

Suryadi, R. A. (2022). IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. In Taklim : Jurnal Pendidikan Agama Islam (Vol. 20, Issue 1, pp. 1–12). Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). https://doi.org/10.17509/tk.v20i1.43544

Wahyu, M., Modern, K., & Islam, P. (2025). Ijtihad in Bridging Revelation and Modern Life Realities and Its Implementation in Islamic Education. 01(1), 59–76.

Yunus, M. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Toleransi Beragama Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Pada Smp Negeri 1 Amparita Kec. Tellu Limpoekab. Sidrap). Al-Ishlah; Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 166–187.

Zamzami, D. P., Hasanah, D. E., & Sari, S. G. (2025). Fenomena Kasus Bullying Di Sekolah. Multidisiplin Inovatif, 9(1), 302–309.

Unduhan

Diterbitkan

21-12-2025

Cara Mengutip

Julehah, J., Rumbang Sirojudin, Deni Iriyadi, Fitri Hilmiyati, & Lalu Turjiman Ahmad. (2025). Peran PAI dalam Membentuk Akhlak dan Moderasi Beragama di Sekolah (Studi Kasus di SMP Negeri 8 dan SMP Bina Cipta Karya Cilegon). Jurnal Paris Langkis, 6(1), 179–194. https://doi.org/10.37304/parislangkis.v6i1.23994