KONSEP EVALUASI PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Penulis

  • Imam Maulana Hidayat UIN Banten
  • Fitri Hilmiyati UIN Banten

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v5i1.17566

Kata Kunci:

Implementasi Kompetensi Spiritual; Kompetensi Sosial; Karakter Siswa

Abstrak

Evaluasi dalam Islam bukan sekadar pengukuran hasil belajar, tetapi juga sebagai alat untuk menilai perkembangan karakter dan hubungan seseorang dengan Tuhannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konsep evaluasi pendidikan dalam perspektif Islam. Riset ini menggunakan metode penelitian kualitatif kajian pustaka, dimana peneliti akan mencari sumber data dari hasil wawancara dengan berbagai sumber dan menggali informasi berdasarkan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah yang pertama evaluasi pendidikan sebagai tindakan atau proses untuk menemukan atau menentukan nilai suatu hal, atau dapat juga diartikan sebagai proses penilaian terhadap segala sesuatu yang terkait dengan objek yang dinilai. Yang kedua menurut Al-Qur'an, evaluasi pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Al-Qur'an memberikan perhatian khusus pada pentingnya penilaian terhadap segala sesuatu, termasuk penilaian diri, proses pembelajaran, dan hasil pendidikan. Yang ketiga dalam Al-Qur’an terminologi evaluasi pendidikan terdapat beberapa makna dengan mengacu kepada makna kalimat yaitu Al-Hisab, Al-Bala. Yang keempat sistem evaluasi yang dikembangkan dalam oleh Allah SWT dan Rasul-Nya berimplikasikan paedagogis.

 Kata Kunci : Implementasi Kompetensi Spiritual; Kompetensi Sosial; Karakter Siswa

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anam Syaiful, Ilzamuddin Ma’mur, Agus Gunawan, dkk. “Filsafat Pendidikan Sebagai Pondasi Dasar Lembaga Pendidikan Islam”, Jurnal Studi Islam, Vol. 9, No. 1, (Juni, 2023), 53.

BP Abd Rahman , Sabhayati Asri Munandar, dkk, “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan”, Jurnal Al Urwatul Wutsqa, Vol. 2, No. 1, Juni, 2022.

Karmanis, Buku Pedoman Belajar Metode Penelitian, (Semarang: CV Pilar Nusantara, 2020.

Novalinda Rina, Ambiyar, Fahmi Rizal, “Pendekatan Evaluasi Program Tyler: Goal-Oriented”, Edukasi: Jurnal Pendidikan, Vol. 18, No. 1, Juni 2020.

Syarnubi, ”Hakikat Evaluasi Dalam Pendidikan Islam”, Jurnal PAI Raden Fatah, Vol.5, No.2, April, 2023.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-13

Cara Mengutip

Imam Maulana Hidayat, & Fitri Hilmiyati. (2024). KONSEP EVALUASI PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Jurnal Paris Langkis, 5(1), 309–318. https://doi.org/10.37304/paris.v5i1.17566