PEMBUATAN INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN; Analisis Literatur Review
DOI:
https://doi.org/10.37304/paris.v5i1.17507Kata Kunci:
Evaluasi Pembelajaran; Instrumen; Rubrik penilaianAbstrak
Salah satu langkah penting dalam proses pendidikan adalah membuat alat evaluasi untuk mengukur tingkat pembelajaran siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat alat evaluasi yang sah dan dapat diandalkan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Analisis kebutuhan, pembuatan item soal, dan uji coba instrumen di kelas adalah semua teknik yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat yang dikembangkan dapat mencerminkan kemampuan yang diharapkan dan memberikan pengajar umpan balik yang bermanfaat. Alat evaluasi pembelajaran yang baik juga memungkinkan pengukuran hasil belajar siswa yang lebih objektif dan sistematis. Dengan demikian, pembuatan alat evaluasi pembelajaran yang baik dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar secara keseluruhan.
Kata Kunci : Evaluasi Pembelajaran, Instrumen, Rubrik penilaian
Unduhan
Referensi
Aprilini, Tiara, Afreni Hamidah, and Risnita Risnita, “Pengaruh Penerapan Instrumen Penilaian Unjuk Kerja Pada Materi Organisasi Kehidupan Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP,” Biodik 8, no. 1, 2022.
Arikunto, Suharsimi., Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3, Bumi aksara, 2021.
Arsyad, Berti and Sriwahyuningsih R. Saleh, “Desain Instrumen Penilaian Ranah Psikomotorik Pada Pembelajaran Bahasa Arab,” Journal of Arabic Education and Linguistics 2, no. 2, 2022.
Asrul, Abdul Hasan Saragih, and Mukhtar Mukhtar, “Evaluasi Pembelajaran,” 2022.
Baso and Intang Sappaile, “Pembobotan Butir Pernyataan Dalam Bentuk Skala Likert Dengan Pendekatan Distribusi Z,” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 13, no. 064, 2007.
Dudung, Agus., “Penilaian Psikomotor,” Karima, 2018.
Elan, Sumardi, and Amanda Salsabila Juandi, “Penyusunan Instrumen Penelitian Tindakan Kelas Dalam Upaya Peningkatakan Keterampilan Sosial,” Jurnal Paud Agapedia 6, no. 1, 2022.
Hariono, Iwan, Iskandar Wiryokusumo, and Achmad Noor Fathirul, “Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis Google Form Pelajaran Matematika,” Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 6, no. 1, 2021.
Rachmawati, Rachmawati and Anik Kurniawati, “Pengembangan Instrumen Penilaian Tes Berbasis Mobile Online Pada Prodi Pendidikan Matematika,” Prima: Jurnal Pendidikan Matematika 4, no. 1, 2020.
Saputra, Andika., CAMI: Aplikasi Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Berbasis Web, Yayasan ahmar cendekia indonesia, 2020.
Syahputra, Alhafif “Meningkatkan Kemampuan Guru Pertama Dalam Merumuskan Tujuan Pembelajaran Dan Materi Pembelajaran Pada RPP Melalui Bimbingan,” Journal Ability : Journal of Education and Social Analysis 3, no. 2, 2022.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Fitri Lutfia Zahroh, Muhammad Muflih, Fitri Hilmiyati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.