E-POSTER AUDIO HANDEP HAPAKAT: THE EXISTENCE OF DAYAK CULTURE IN STRENGTHENING CULTURAL LITERACY AND CITIZENSHIP OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Penulis

  • Maryam Mustika Universitas Palangka Raya
  • Aris Munandar Universitas Negeri Makassar
  • Muh. Khaedir Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v6i1.17261

Kata Kunci:

Media Pembelajaran; E-Poster Audio; Budaya Handep Hapakat; dan Literasi Budaya dan Kewargaan

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini kepada pengembangan E-Poster Audio yang merupakan salah satu media pembelajaran digital dalam proses pembelajaran sebagai sarana untuk mengangkat eksistensi budaya Dayak dalam menguatkan literasi budaya dan kewargaan siswa SMP. Eksistensi budaya local merupakan salah satu factor dalam pendidikan yang dapat memperkuat identitas dan rasa kebangsaan pada generasi muda. Literasi budaya dan kewarganegaraan yang tidak hanya berfungsi sebagai bentuk penjagaan terhadap keberagaman identias bangsa, tetapi juga memberikan benteng pertahanan terhadap potensi disintegrasi sosial diakibatkan oleh intoleransi dan ketidak pahaman terhadap perbedaan. Pemahaman akan literasi menjadi kunci dalam menghadirkan Masyarakat yang berbudaya, beradab, dan aktif dalam mengembangkan kesejahteraan ditingkat internasional dan memajukan tatanan Masyarakat secara global. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Pengembangan Model PIE dengan tahapan terdiri dari Perencanaan (Plan), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Poster yang dihasilkan berupa e-poster audio Budaya Handep Hapakat denga nisi meliputi pengenalan Sejarah, Konsep Budaya Handep Hapakat, Kegiatan-kegiatan yang mengarah ke budaya Handep Hapakat, wujud Handep Hapakat dan nilai-nilai yang diwariskan dalam Budaya Handep Hapakat. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa E-Poster Audio Handep Hapakat memberikan manfaat sebagai media pembelajaran yang layak dan menguatkan literasi budaya dan kewargaan siswa SMP.

Referensi

Appadurai, A. (1996). Modernity at Large : Cultural Dimensions of Globalization. International Migration Review, 32(4), 1073–1074. https://doi.org/10.2307/2547675

Aziza, P. N. (2020). Peran Guru dalam Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan di SMA Kemala Bhayangkari. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(1), 1–11.

Badewi, M. H. (2015). RELASI ANTARMANUSIA DALAM NILAI-NILAI BUDAYA BUGIS : PERSPEKTIF FILSAFAT DIALOGIS MARTIN BUBER. Jurnal Filsafat, 25(1), 75–99.

Handayani, D., & Sunarso, S. (2020). Eksistensi Budaya Pappaseng Sebagai Sarana Pendidikan Moral. Mudra Jurnal Seni Budaya, 35(2), 232–241. https://doi.org/10.31091/mudra.v35i2.974

HOBSBAWM, E., & RANGER, T. (1984). The Invention of Tradition. In THE PRESS SYNDICATE OF THE UNIVERSITY OF CAMBRIDGE (1st ed.). THE PRESS SYNDICATE OF THE UNIVERSITY OF CAMBRIDGE. https://doi.org/10.2307/25556843

Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. Jurnal Satwika, 3(2), 155. https://doi.org/10.22219/satwika.vol3.no2.155-164

Jasiah, & Fimier Liadi. (2021). Budaya Handep Hapakat Dalam Batana (Malan/Berladang) Suku Dayak Ngaju di Kabupaten Kapuas (1st ed.).

Kabari, M. I., Hayati, R. M., Ningsih, S. W., Dafara, Z. D., & Dafit, F. (2023). Pengembangan Literasi Budaya dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar: Studi Kasus di Pekanbaru. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan Dan Bahasa, 1(2), 73–82.

Liadi, Fimeir & Jasiah. 2021. Budaya Handep Hapakat Dalam Batana (Malan/Berladang) Suku Dayak Ngaju di Kabupaten Kapuas. Palangka Raya: LP2M IAIN Palangka Raya Press

Luthfia, R. A., Dewi, D. A., & Hayat, R. S. (2024). Urgensi Projek Berbasis Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Literasi Budaya dan Kewarganegaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 1419–1426. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/12590%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/12590/9670

Mahargono, S. (2018). Membangun Kegiatan Literasi Melalui Komunitas: Upaya Pustakawan Bergerak dengan Program Go-Read. Media Pustakawan, 25(3), 42–51. https://ejournal.perpusnas.go.id/mp/article/view/219

Muslimah, Dkk. 2022. Sosialisasi Berbangsa Bernegara Melalui Budaya Handep Hapakat Pemasangan Bendera Dalam Memperkuat Moderasi. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat Vol.3 Eissn. 2808-8182

Nurlinda, N., & Ahmad, M. R. S. (2022). Eksistensi Budaya Malaqbiq Untuk Meingkatkan Moralitas Peserta Didik SMAN 01 Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. Pinisi Journal of Sociology Education Review, 1(2), 74–82. https://ojs.unm.ac.id/jser/article/view/23439%0Afiles/84/Nurlinda and Ahmad - 2022 - Eksistensi Budaya Malaqbiq Untuk Meingkatkan Moral.pdf

Pramono, A. (2024). NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL ( LOCAL WISDOM ) TRADISI HANDEP HAPAKAT PADA MASYARAKAT KALIMATAN TENGAH ( Studi Masyarakat Desa Rantau Asem ) Jurnal Sociopolitico Jurnal Sociopolitico. 6, 160–165.

Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan sebagai Solusi Disinformasi Pada Generasi Millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 65–80. https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066

Purnomo, Budi. 2018. Aktualisasi Nilai Sosial Kemasyarakatan ‘Handep Hapakat’ Dalam Upacara Kematian Penganut Hindu Kaharingan. Dharma Duta Jurnal Penerangan Agama Hindu Vol. 16 No.2

Ramdani, A. (2017). Literasi Budaya Dan Kewargaan Sebagai Enkulturasi Multikulturalisme. Jurnal AKRAB, 8(2), 20–29. https://doi.org/10.51495/jurnalakrab.v8i2.157

Ruslan, A., Andi, & Samiah, W. (2024). DIGITALISASI PEMBELAJARAN SEJARAH: PEMBUATAN POSTER TOKOH SEJARAH SEBAGAI PENGUATAN NASIONALISME PESERTA DIDIK. Kalpataru, 10(1), 52–58.

Sasmita, L., & Prayudi, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Pendidikan Dan Media Pembelajaran, 3(1), 36–46. https://doi.org/10.59584/jundikma.v3i1.68

Sentoso, A., Wulandari, A., Jacky, Octavia, Kurniawan, S., & Thieng, S. (2021). Pentingnya Literasi Dalam Era Digital Bagi Masa. Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 3(1), 767–776. https://journal.uib.ac.id/index.php/nacospro/article/view/6017/1945

Setiawati, W., & Lestari, P. (2023). Literasi Budaya Dan Kewarganegaraan Dalam Penguatan Nilai Nasionalisme Melalui Pembelajaran IPS Di SMP Kebon Dalem Semarang. Sosiolium, 5(1), 7–15. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/SOSIOLIUM

Unduhan

Diterbitkan

15-09-2025

Cara Mengutip

Mustika, M., Munandar, A., & Muh. Khaedir. (2025). E-POSTER AUDIO HANDEP HAPAKAT: THE EXISTENCE OF DAYAK CULTURE IN STRENGTHENING CULTURAL LITERACY AND CITIZENSHIP OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS. Jurnal Paris Langkis, 6(1), 42–53. https://doi.org/10.37304/paris.v6i1.17261

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.