PEMBINAAN KEAGAMAAN BAGI MAHASISWA MELALUI PPI (PRAKTIK PENGAMALAN IBADAH) DI IAIN PALANGKA RAYA

Penulis

  • Surawan Surawan IAIN Palangka Raya
  • Syahmidi IAIN Palangka Raya
  • M. Redha Anshari IAIN Palangka Raya
  • Saiful Luthfi IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v4i1.10944

Kata Kunci:

pembinaan keagamaan, praktik ibadah

Abstrak

Pembinaan praktik pengamalan ibadah diberikan dalam rangka membekali mahasiswa supaya siap sewaktu-waktu diterjunkan ke dalam masyarakat dan mampu dalam membimbing masyarakat di lingkungan sekitar. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu service learning (SL) dan dilakukan secara rutin dan waktu 5 kali pertemuan selama bulan April-Mei 2023 serta diperuntukan bagi mahasiswa IAIN Palangka Raya semester 4. Adapun pembinaan ibadah meliputi aqiqah dan tasmiyah, thaharah dan sholat serta khutbah jumat atau ceramah keagamaan. Selama pembinaan ini berlangsung banyak sekali hal-hal yang telah dicapai, di antaranya adalah adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan aqiqah dan tasmiyah serta pemotongan hewan, penambahan dan pembaruan informasi terkait perbedaan thaharah dan praktik/bacaan shalat serta mampu meningkatkan kepercayaan diri untuk berbicara di muka umum (khutbah jum’at atau ceramah keagamaan).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agas, A., Ajahari, A., Marsiah, M., & Surawan, S. (2022). PEMBIMBINGAN PERILAKU IFFAH PADA REMAJA DI TPA SUKAMULYA KELURAHAN TANGKILING KOTA PALANGKA RAYA. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(7), 2422-2430. DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i7.2422-2430

Anggratani, W. (2022). Pembinaan Keagamaan Dalam Peningkatan Kesadaran Beragama Warga Binaan Lapas Perempuan Dan Anak Kelas II Tenggarong. JPM: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 14-22. DOI: https://doi.org/10.53640/jpm.v1i1.1031

Cahyo, A. D. (2016). Manajemen Pembinaan Agama Islam Pada Narapidana Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Wirogunan Yogjakarta. Yogyakarta: Tesis, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.

Chafidz, M. A., & Asrori, A. M. (2006). Tradisi Islam: Panduan Prosesi Kelahiran-Perkawinan-Kematian. Surabaya: Khalista.

Fadli, M., Mazrur, M., & Surawan, S. (2021). Students’ Perceptions of The Application of Recitation Methods During the Covid-19 Pandemic. Journal of Quality Assurance in Islamic Education (JQAIE), 1(2), 103-111. https://doi.org/10.47945/jqaie.v1i2.431

Fitrianor, M. (2015). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Pelaksanaan Akikah dan Tasmiah di Kel. Baamang Hulu Kec. Baamang Kab. Kotim. Jurnal Studi Agama dan Masyarakat 11(1). 23-43. DOI: https://doi.org/10.23971/jsam.v11i1.439

Hadiawati, L. (2018). Pembinaan Keagamaan Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Siswa Melaksanakan Ibadah Shalat (Penelitian Di kelas X dan XI SMK Plus Qurrota `Ayun Kecamatan Samarang Kabupaten Garut). Jurnal Pendidikan Universitas Garut Hadiawati 2(1); 18-25. DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v2i1.13

Hamdanah, H., & Surawan, S. (2022). Remaja dan dinamika: tinjauan psikologi dan pendidikan. Yogyakarta: K-Media.

Norvia, L., Surawan, S., & Safitri, E. (2023). Pendampingan Remaja Suka Mulya dalam Meningkatkan Self Control di Era Digital. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 2(2), 169–178. Retrieved from https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/sjp/article/view/6773

Mujiburrahman, M. (2016). Pola Pembinaan Ketrampilan Shalat Anak Dalam Islam. Jurnal Mudarrisuna 6(2), 185-204. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v6i2.1057

Prasasti, K. A., Marsiah, M., Ajahari, A., & Surawan, S. (2022). Bimbingan Belajar Bahasa Arab Dasar bagi Anak Usia Dini melalui Kegiatan Karya Wisata. WAHATUL MUJTAMA’: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 148-154. https://doi.org/10.36701/wahatul.v3i2.581

Putri, N., Jasmienti, J., Alimir, A., & Fauzan, F. (2022). Pembinaan Keagamaan Masyarakat Melalui Kegiatan MajelisTaklim di Kenagarian Salimpat Kabupaten Solok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 786–798. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3002

Ruwaida, H. (2019). Strategi Pembelajaran Fiqih Thaharah di SDN Mundar Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 3(2), 2620-7184. DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v0i0.137

Saerozi , S. ., & Abdurrohman, M. . (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Tradisi Ritual Walîmah Tasmiyah. AN NUR: Jurnal Studi Islam, 5(2). Retrieved from https://jurnalannur.ac.id/index.php/An-Nur/article/view/33

Setianto, G. (2022). Pelatihan Penyusunan Naskah dan Komunikasi Khutbah Jum’at bagi Pemuda Muhammadiyah. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 11–17. https://doi.org/10.54471/khidmatuna.v3i1.1487

Sidiq, S. (1981). Dakwah dan Teknik Berkhutbah. Jakarta: Al Maarif.

Sholikhin, M. (2010). Ritual dan Tradisi Islam Jawa, Yogyakarta: Narasi.

Sobhan, S., Ridho, M., & Ritonga, M. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN IMAM DAN KHATIB MELALUI PELATIHAN DI KABUPATEN PASAMAN BARAT. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1659-1664. DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i5.1659-1664

Surawan, S., & Mazrur, M. (2020). Psikologi Perkembangan Agama: Sebuah Tahapan Perkembangan Agama Manusia.

Surawan, S., & Athaillah, M. (2021). Ilmu pendidikan islam. Yogyakarta: K-Media.

Surawan, S., & Fatimah, C. (2021). Peran Guru Pai Mengatasi Kesulitan Siswa Dalam Literasi Al-Qur’an. TA'DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 106-115. DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpai.4.2.106-115

Surawan, S., Syabrina, M., El Bilad, C. Z., & Azmy, A. (2022). Implementation of Character Education at Madrasahs and Integrated Islamic Schools in Central Kalimantan. Ta'dib, 25(1), 19-26. DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jt.v25i1.5333

Surawan, S., Anshari, M., & Sari, L. (2022). Islamic Education Teacher Learning Strategy At Smk Karsa Mulya Palangka Raya During The Pandemic Through E-Learning Model. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1). https://doi.org/10.37758/jat.v5i1.362

Yuhesdi, L., Bukhari, B., Zainal, Z., & Sarwan, S. (2019). Retorika Khatib Dalam Penyampaian Khutbah Jum’At. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, 2(2), 62–80. https://doi.org/10.15548/al-hikmah.v0i0.522

Yusuf, M., Marsiah, M., Ajahari, A., & Surawan, S. (2022). PEMBINAAN REMAJA DALAM PELESTARIAN KESENIAN AL-BANJARI MELALUI GEBYAR NASYID. Jurnal Paris Langkis, 3(1), 13–24. https://doi.org/10.37304/paris.v3i1.5219

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-31

Cara Mengutip

Surawan, S., Syahmidi, M. Redha Anshari, & Saiful Luthfi. (2023). PEMBINAAN KEAGAMAAN BAGI MAHASISWA MELALUI PPI (PRAKTIK PENGAMALAN IBADAH) DI IAIN PALANGKA RAYA. Jurnal Paris Langkis, 4(1), 26–37. https://doi.org/10.37304/paris.v4i1.10944

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama