PEMBINAAN KEAGAMAAN BAGI MAHASISWA MELALUI PPI (PRAKTIK PENGAMALAN IBADAH) DI IAIN PALANGKA RAYA
DOI:
https://doi.org/10.37304/paris.v4i1.10944Kata Kunci:
pembinaan keagamaan, praktik ibadahAbstrak
Pembinaan praktik pengamalan ibadah diberikan dalam rangka membekali mahasiswa supaya siap sewaktu-waktu diterjunkan ke dalam masyarakat dan mampu dalam membimbing masyarakat di lingkungan sekitar. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu service learning (SL) dan dilakukan secara rutin dan waktu 5 kali pertemuan selama bulan April-Mei 2023 serta diperuntukan bagi mahasiswa IAIN Palangka Raya semester 4. Adapun pembinaan ibadah meliputi aqiqah dan tasmiyah, thaharah dan sholat serta khutbah jumat atau ceramah keagamaan. Selama pembinaan ini berlangsung banyak sekali hal-hal yang telah dicapai, di antaranya adalah adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan aqiqah dan tasmiyah serta pemotongan hewan, penambahan dan pembaruan informasi terkait perbedaan thaharah dan praktik/bacaan shalat serta mampu meningkatkan kepercayaan diri untuk berbicara di muka umum (khutbah jum’at atau ceramah keagamaan).
Unduhan
Referensi
Agas, A., Ajahari, A., Marsiah, M., & Surawan, S. (2022). PEMBIMBINGAN PERILAKU IFFAH PADA REMAJA DI TPA SUKAMULYA KELURAHAN TANGKILING KOTA PALANGKA RAYA. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(7), 2422-2430. DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i7.2422-2430
Anggratani, W. (2022). Pembinaan Keagamaan Dalam Peningkatan Kesadaran Beragama Warga Binaan Lapas Perempuan Dan Anak Kelas II Tenggarong. JPM: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 14-22. DOI: https://doi.org/10.53640/jpm.v1i1.1031
Cahyo, A. D. (2016). Manajemen Pembinaan Agama Islam Pada Narapidana Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Wirogunan Yogjakarta. Yogyakarta: Tesis, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.
Chafidz, M. A., & Asrori, A. M. (2006). Tradisi Islam: Panduan Prosesi Kelahiran-Perkawinan-Kematian. Surabaya: Khalista.
Fadli, M., Mazrur, M., & Surawan, S. (2021). Students’ Perceptions of The Application of Recitation Methods During the Covid-19 Pandemic. Journal of Quality Assurance in Islamic Education (JQAIE), 1(2), 103-111. https://doi.org/10.47945/jqaie.v1i2.431
Fitrianor, M. (2015). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Pelaksanaan Akikah dan Tasmiah di Kel. Baamang Hulu Kec. Baamang Kab. Kotim. Jurnal Studi Agama dan Masyarakat 11(1). 23-43. DOI: https://doi.org/10.23971/jsam.v11i1.439
Hadiawati, L. (2018). Pembinaan Keagamaan Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Siswa Melaksanakan Ibadah Shalat (Penelitian Di kelas X dan XI SMK Plus Qurrota `Ayun Kecamatan Samarang Kabupaten Garut). Jurnal Pendidikan Universitas Garut Hadiawati 2(1); 18-25. DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v2i1.13
Hamdanah, H., & Surawan, S. (2022). Remaja dan dinamika: tinjauan psikologi dan pendidikan. Yogyakarta: K-Media.
Norvia, L., Surawan, S., & Safitri, E. (2023). Pendampingan Remaja Suka Mulya dalam Meningkatkan Self Control di Era Digital. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 2(2), 169–178. Retrieved from https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/sjp/article/view/6773
Mujiburrahman, M. (2016). Pola Pembinaan Ketrampilan Shalat Anak Dalam Islam. Jurnal Mudarrisuna 6(2), 185-204. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v6i2.1057
Prasasti, K. A., Marsiah, M., Ajahari, A., & Surawan, S. (2022). Bimbingan Belajar Bahasa Arab Dasar bagi Anak Usia Dini melalui Kegiatan Karya Wisata. WAHATUL MUJTAMA’: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 148-154. https://doi.org/10.36701/wahatul.v3i2.581
Putri, N., Jasmienti, J., Alimir, A., & Fauzan, F. (2022). Pembinaan Keagamaan Masyarakat Melalui Kegiatan MajelisTaklim di Kenagarian Salimpat Kabupaten Solok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 786–798. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3002
Ruwaida, H. (2019). Strategi Pembelajaran Fiqih Thaharah di SDN Mundar Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 3(2), 2620-7184. DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v0i0.137
Saerozi , S. ., & Abdurrohman, M. . (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Tradisi Ritual Walîmah Tasmiyah. AN NUR: Jurnal Studi Islam, 5(2). Retrieved from https://jurnalannur.ac.id/index.php/An-Nur/article/view/33
Setianto, G. (2022). Pelatihan Penyusunan Naskah dan Komunikasi Khutbah Jum’at bagi Pemuda Muhammadiyah. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 11–17. https://doi.org/10.54471/khidmatuna.v3i1.1487
Sidiq, S. (1981). Dakwah dan Teknik Berkhutbah. Jakarta: Al Maarif.
Sholikhin, M. (2010). Ritual dan Tradisi Islam Jawa, Yogyakarta: Narasi.
Sobhan, S., Ridho, M., & Ritonga, M. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN IMAM DAN KHATIB MELALUI PELATIHAN DI KABUPATEN PASAMAN BARAT. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1659-1664. DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i5.1659-1664
Surawan, S., & Mazrur, M. (2020). Psikologi Perkembangan Agama: Sebuah Tahapan Perkembangan Agama Manusia.
Surawan, S., & Athaillah, M. (2021). Ilmu pendidikan islam. Yogyakarta: K-Media.
Surawan, S., & Fatimah, C. (2021). Peran Guru Pai Mengatasi Kesulitan Siswa Dalam Literasi Al-Qur’an. TA'DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 106-115. DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpai.4.2.106-115
Surawan, S., Syabrina, M., El Bilad, C. Z., & Azmy, A. (2022). Implementation of Character Education at Madrasahs and Integrated Islamic Schools in Central Kalimantan. Ta'dib, 25(1), 19-26. DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jt.v25i1.5333
Surawan, S., Anshari, M., & Sari, L. (2022). Islamic Education Teacher Learning Strategy At Smk Karsa Mulya Palangka Raya During The Pandemic Through E-Learning Model. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1). https://doi.org/10.37758/jat.v5i1.362
Yuhesdi, L., Bukhari, B., Zainal, Z., & Sarwan, S. (2019). Retorika Khatib Dalam Penyampaian Khutbah Jum’At. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, 2(2), 62–80. https://doi.org/10.15548/al-hikmah.v0i0.522
Yusuf, M., Marsiah, M., Ajahari, A., & Surawan, S. (2022). PEMBINAAN REMAJA DALAM PELESTARIAN KESENIAN AL-BANJARI MELALUI GEBYAR NASYID. Jurnal Paris Langkis, 3(1), 13–24. https://doi.org/10.37304/paris.v3i1.5219
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Surawan Surawan, Syahmidi, M. Redha Anshari, Saiful Luthfi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.