PEMBINAAN SISWA PADA MAJLIS TAKLIM DISEKOLAH MAN KOTA PALANGKA RAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA QURAN

Penulis

  • Mazrur Mazrur IAIN Palangka Raya
  • Rodhatul Jennah IAIN Palangka Raya
  • Norjanah Norjanah IAIN Palangka Raya
  • Surawan Surawan IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v5i1.15232

Kata Kunci:

Baca Qur’an, Majlis, Pembinaan

Abstrak

Pembinaan ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pembinaan majlis siswa pada majlis taklim di sekolah MAN Kota Palangka Raya dalam meningkatkan kemampuan baca Quran siswa yang didampingi oleh mahasiswa. Majlis taklim merupakan forum pendidikan agama yang memberikan pemahaman mendalam tentang ajaran Islam, termasuk keterampilan membaca Al-Quran. Metode yang digunakan dalam pengkaderan ini adalah metode ABCD (Asset Based Community Development). Hasil pembinaan ini menunjukkan bahwa pembinaan siswa pada majlis taklim memberikan dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan baca Quran dan selama proses pengabdian terdapat 10 siswa yang berhasil mengikuti program majlis taklim. Siswa yang terlibat dalam majlis taklim secara rutin menunjukkan kemajuan yang lebih cepat dalam hal tajwid dan kefasihan membaca dibandingkan dengan siswa yang tidak mengikuti majlis tersebut. Selain itu, majlis taklim juga berperan dalam membangun karakter spiritual dan kedisiplinan siswa. Dengan demikian, pengkaderan majlis siswa pada majlis taklim di sekolah dapat dijadikan sebagai strategi efektif dalam meningkatkan kemampuan baca Quran serta pengembangan karakter religius siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah, M. (2016). Pendidikan Karakter Melalui Majelis Taklim di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 123-134.

Abullies, M., Musyamil, A., & Arifin, N. (2024). PEMBERDAYAAN MODERASI BERAGAMA KEPADA MASYARAKAT MELALUI PRAKTIK PEMBIASAAN KHOTMUL QUR’AN DESA RANUGEDANG KEC. TIRIS. Najah: Journal of Research and Community Service, 2(1), 44-54.

Amirudin, M., & Ramli, M. (2020). "Peran Majlis Taklim dalam Pengembangan Keagamaan Siswa di Sekolah." Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(1), 45-58

Andani, H., Priyatna, M., & Sarifudin, A. (2022). Implementasi Metode Asy-Syafi’i Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 2(01), 17-32.

Bustomi, A., & Laeli, S. (2021). Pembinaan Program Tahsin Al-Qur’an dalam Meningkatkan Potensi Menghafal Al-Qur’an Anak-Anak di Majelis Ta’lim Nurul Fadhilah. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 169-174.

Cahyanto, I. C. I., Al Mubarok, I. M., & Hasnawan, D. (2022). Pengelolaan Taman Pendidikan AL QUR’AN Melalui Pemberdayaan Sumber Daya Insani Di TPQ Al Idris Banyudono Ponorogo. Jurnal Pengabdian Harapan Bangsa, 1(1), 19-27.

Fitriani, R., & Hidayatullah, M. (2019). "Majlis Taklim dan Pengaruhnya terhadap Pembentukan Karakter Religius Siswa." Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 78-92.

Halimah, A., Adriansah, A., & Supendi, D. (2023). Pendampingan Belajar Tahsin Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Pada Anak Usia Smp Di Kampung Cihanjawar Kolot. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 1(1), 32-41.

Harun, M. (2018). "Implementasi MajlisTaklim dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Quran Siswa." Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Agama Islam, 3(2), 112-120.

Jasiah, J., & Masriah, M. (2018). The Achievement of the quality standard of education in MAN Palangka Raya. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 1(2), 110-121.

Lutfi, S., Syahmidi, S., Surawan, S., & Risa, M. (2024). PELATIHAN SENI KALIGRAFI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MENULIS PADA SISWA MTS DARUL-AMIN. Jurnal Paris Langkis, 5(1), 24–32. https://doi.org/10.37304/paris.v5i1.15203

Marbun, J., & Rivauzi, A. (2022). Peran Majelis Taklim Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Jamaah Masjid. An-Nuha, 2(4), 810-827.

Nurhadi, A. (2019). Peran Guru Agama dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Melalui Majelis Taklim. Jurnal Pendidikan Islam, 6(3), 201-212.

Ridwan, I., & Ulwiyah, I. (2020). Sejarah Dan Kontribusi Majlis Ta’Lim Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel), 6(1).

Rohmah, C. D., Muslimah, M., & Wahdah, N. (2022). Pembinaan Kepercayaan Diri Ibu-Ibu dalam Baca Al-Qur’an Melalui Kegiatan Mengaji Bersama. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 953-960.

Solihat, I., Fauzi, A., & Qurtubi, A. (2023). Efektivitas Manajemen Majelis Taklim Dalam Peningkatan Literasi Al-Qur’an Masyarakat (Studi Di Majelis Taklim Assyifa Dan Majelis Taklim Riyadhussolihin Kota Serang). Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 3427-3439.

Surawan, S., Syahmidi, M. Redha Anshari, & Saiful Luthfi. (2023). PEMBINAAN KEAGAMAAN BAGI MAHASISWA MELALUI PPI (PRAKTIK PENGAMALAN IBADAH) DI IAIN PALANGKA RAYA. Jurnal Paris Langkis, 4(1), 26–37. https://doi.org/10.37304/paris.v4i1.10944

Susanto, A., & Hasanah, U. (2021). "Pengkaderan Majlis Siswa di Lingkungan Sekolah: Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama." Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 26(4), 232-247.

Wardany, D. K. (2021). Implementasi Metode Asy-Syafi’ i dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’ an bagi Orang Dewasa. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(02).

Yusuf, M. (2018). Efektivitas Program Tahfiz Al-Qur'an dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an. Jurnal Tahsin, 3(1), 45-58

Yusuf, M., Marsiah, M. ., Ajahari , A. ., & Surawan , S. . (2022). PEMBINAAN REMAJA DALAM PELESTARIAN KESENIAN AL-BANJARI MELALUI GEBYAR NASYID. Jurnal Paris Langkis, 3(1), 13–24. https://doi.org/10.37304/paris.v3i1.5219

Zulkifli, A., & Fatimah, S. (2017). "Efektivitas Program Majlis Taklim dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Quran di Sekolah." Jurnal Studi Islam, 9(1), 65-73.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-13

Cara Mengutip

Mazrur, M., Jennah, R., Norjanah, N., & Surawan, S. (2024). PEMBINAAN SISWA PADA MAJLIS TAKLIM DISEKOLAH MAN KOTA PALANGKA RAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA QURAN. Jurnal Paris Langkis, 5(1), 33–42. https://doi.org/10.37304/paris.v5i1.15232