KONSEP PENDIDIKAN MELALUI PEMBENTUKAN MANUSIA IHSAN BERDASARKAN KARAKTER NABI IBRAHIM AS

Penulis

  • Mukdar Boli institut parahikma indonesia
  • Moh. Nurhakim Universitas Muhammadiyah Malang
  • Khozin Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v4i2.13677

Kata Kunci:

Kunci: Manusia, Ihsan dan Karakter, Iman

Abstrak

Pada hakikatnya, seluruh Rasul menyampaikan ajaran yang sama, yaitu hanya ada satu Tuhan yang maha esa patut untuk disembah, dicintai dan ditakuti, tiap-tiap sesuatu yang ada di alam semesta ini adalah hamba Allah yang berada di bawah sunnatullah berdasarkan kausalitas di alam semesta ini. Inilah doktrin tauhid, dikenal dengan istilah monoteisme al-quran yang telah dijeaskan dibagian-bagian pembahasan awal. Karena itulah, perlu adanya pemahaman kajian yang serius dalam memahami doktrin yang sangat urgent di dalam al-quran, khususnya memahami karakter Rabbani. Sebab tanpa memahaminya kita tidak akan dapat memahami Islam secara sempurna. Seperti Nabi Ibrahim as, merupakan pembawa risalah, penyeru dan pemberi peringatan sesuai dengan visi misinya adalah mengakabarkan wahyu Allah secara berkesinambungan dan pantang menyerah. Ajaran yang disampaikan berasal dari Allah untuk keselamatan dan kesejahteraan manusia, sesuai dengan norma sosial yang berlandaskan akhlak yang agung di mana kebaikan sering digaungkan dan kejahatan selalu dicegah dan yang kuasa adalah Allah. Lewat pedoman kebaikan akhirnya memperoleh kemenangan. Inilah al-quran secara jelas menyatakan pembelaan-Nya kepada nabi Ibrahim yang diselamatkan dari kobaran api, ..

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Al-Istiqamah, M. (2015). Al-Quran dan Terjemahannya. Jakarta: Pesantren Darul Istiqamah- al-Hadi Media Kreasi.

Edidarmo, Toto. 2014. Wacana Naratif Kehidupan Nabi Isa Dalam Al-Quran, Arabiyat, 95-114. https://doi.org/10.15408/a.v1i1.1133.

Ilyas, Yunahar. (2009). Kuliah Akhlaq. Yogyakarta: Lembaga Pengkaji dan Pengamalan Islam (LPPI).

Rahman, Fazlur. 1996. Tema Pokok Al-Quran. (A. Mahyuddin, Ed.) Bandung: Pustaka.

Shihab, M. Qurays. 2003. Wawasan al-quran Tafsir Maudhu’I atas Perbagai Persolan Umat (XIII), Bandung: Mizan.

Salim, Hadiyah. 2009. Qishasul Anbiya, Bandung: Ma’arif.

Thobroni, dkk. 2018. Memperbincangkan Pemikiran Pendidikan Islam dari Idealisme Hingga Konsep Aktual. (I), Jakarta: Prenadamedia.

Taymiyah, I. 1981. Aqidah Islam Menurut Ibnu Taymiyah. Bandung: Al-Ma’arif.

Yakan, F. 2005. Problematik Dakwah dan Para Dai. (II), Pajang-Solo: Intermedia.

Zaid, Nasr, Hamid. A.. 2005, Tekstualitas Al-Quran Kritik Terhadap Ulumul Quran (Mafhum An-Nas Dirasah fi Ulumul al-Quran). (M.I.Aziz, Ed,) II. Yogyakarta: LKiS.Ahmadiy, A.-. (2019). LINGKUNGAN DAN ALAM DALAM AL-QUR’AN. SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 5(1). https://doi.org/10.32699/spektra.v5i1.81

Fauzan, A. (2015). Teks al-Qur’an dalam Pandangan Nashr Hamid Abu Zayd. Kalimah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, 13(1), 71–92.

Khasanah, N., Hamzani, A. I., & Aravik, H. (2021). Dinamika Kepribadian Dalam Perspektif Psikologi Islam; Telaah Konsep Amarah, Lawwamah, dan Muthmainnah serta Korelasinya Dengan Iman, Islam, dan Ihsan. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 8(2). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i2.20031

Muzakki, A. (2006). Signifikansi Proses Pencarian Makna terhadap Teks Agama: Menyibak Pemikiran Nasr Hamid Abu Zaid. El Harakah, 8(2), 149.

Salim, J. M., & Sautu, S. L. (1998). Spherically symmetric static solutions in Weyl integrable spacetime. Classical and Quantum Gravity, 15(1), 203.

M. Abduh. Pendidikan Ala Nabi Ibrahim as. https://sumsel.kemenag.go.id/files/file/Tulisan/erwg135426698.pdf

Muzakkir M.Arif (1996). Bunga Rampai Dakwah, Modul Panduan Materi Dalam Berdakwah

Reza A. P. (2023). https://www.suaramerdeka.com/haji-2023/049298511/kisah-nabi-ibrahim-keimanan-yang-diuji-dan-perintah-ilahi-dalam-mimpi-untuk-mengorbankan-anaknya.

Ahmadiy, A.-. (2019). Lingkungan dan Alam dalam Al-Quran Spektra : Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 5(1). https://doi.org/10.32699/spektra.v5i1.81

Fauzan, A. (2015). Teks al-Qur’an dalam Pandangan Nashr Hamid Abu Zayd. Kalimah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, 13(1), 71–92.

Khasanah, N., Hamzani, A. I., & Aravik, H. (2021). Dinamika Kepribadian Dalam Perspektif Psikologi Islam; Telaah Konsep Amarah, Lawwamah, dan Muthmainnah serta Korelasinya Dengan Iman, Islam, dan Ihsan. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 8(2). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i2.20031

Muzakki, A. (2006). Signifikansi Proses Pencarian Makna terhadap Teks Agama: Menyibak.

Salim, J. M., & Sautu, S. L. (1998). Spherically symmetric static solutions in Weyl integrable spacetime. Classical and Quantum Gravity, 15(1), 203.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-15

Cara Mengutip

Boli, M., Moh. Nurhakim, & Khozin. (2024). KONSEP PENDIDIKAN MELALUI PEMBENTUKAN MANUSIA IHSAN BERDASARKAN KARAKTER NABI IBRAHIM AS. Jurnal Paris Langkis, 4(2), 147–166. https://doi.org/10.37304/paris.v4i2.13677

Terbitan

Bagian

Articles