PSIKOLOGI BEHAVIORISME DAN NEO BEHAVIOR DALAM PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.37304/paris.v5i1.17454Kata Kunci:
Psikologi; Behaviorisme; Neo BehaviorAbstrak
Pendidikan merupakan usaha sadar untuk mewujudkan sesuatu pewarisan budaya dari satu generasi kepada genarasi yang lainnya. Tujuan dari penulisan jurnal ini adalah untuk mengetahui bagaimana psikologi behaviorisme dan neo behavior dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif kajian pustaka. Untuk hasilnya yaitu behaviorisme merupakan aliran ilmu psikologi yang berfokus pada perilaku. Aliran non-behavior dalam psikologi merujuk pada pendekatan-pendekatan yang tidak hanya fokus pada perilaku yang dapat diamati, melainkan juga memperhatikan proses mental. Perbedaan psikologi behaviorisme dan non behavior dalam pembelajaran yaitu fokus pembelajaran, motivasi belajar, tujuan pembelajaran, dan proses belajar. Tokoh-tokoh dalam psikologi behaviorisme dan non-behaviorisme yaitu John B. Watson, B.F. Skinner, Ivan Pavlov, Edward Thorndike, Jean Piaget, Lev Vygotsky, Abraham Maslow, dan Carl Rogers. Sejarah psikologi behaviorisme yaitu John Broades Watson sebagai tokoh utama dalam aliran behaviorisme pada tahun 1900-an. Untuk neo behaviorisme 1930-an hingga 1950-an mulai berkembang dengan tokoh-tokoh seperti B.F. Skinner. Teori dan aplikasi psikologi behaviorisme dan neo-behaviorisme memiliki dampak yang signifikan dalam konteks pembelajaran yaitu penguatan, pemodelan, pembentukan kondisi (shaping), dan pembelajaran berpola (Operant Conditioning). Plus psikologi behaviorisme yaitu pendekatan objektif, penguatan positif dan negatif, dan penerapan praktis, minusnya mengabaikan proses mental, keterbatasan kreativitas, dan risiko stagnasi. Neo behaviorisme dalam pembelajaran plus yaitu integrasi proses mental, penekanan pada pembelajaran berbasis pengalaman, dan fleksibilitas dalam metode. Minusnya yaitu kompleksitas dalam pengukuran, megeneralisasikan secara umum, dan tantangan dalam implementasi.
Kata Kunci: Psikologi, Behaviorisme, Neo Behavior
Unduhan
Referensi
Anam Syaiful, Ilzamuddin Ma’mur, Agus Gunawan, dkk. “Filsafat Pendidikan Sebagai Pondasi Dasar Lembaga Pendidikan Islam”, Jurnal Studi Islam, Vol. 9, No. 1, Juni, 2023.
Arif Yudabbirul Arif, Eri Barlian, Syahrial Bakhtiar. “Pemikiran Behaviorisme Dan Humanisme Tentang Pendidikan”, Journal of Character and Elementary Education, Vol. 2, No. 3, September, 2023.
Hidayat Wahyu and Sedya Santosa, “Memahami Konsep Belajar Anak Usia Dasar: Studi Analisis Teori Belajar Carl Rogers Serta Penerapannya Di Sekolah Dasar,” Journal.Unu-Jogja.Ac.Id 2, no. 1 (2024): 92–101.
Karmanis, Buku Pedoman Belajar Metode Penelitian. Semarang: CV Pilar Nusantara, 2020.
Mu’minin Ummul, Syamelda Apriliana, and Nurmuafia Septiana.“Konsep Dan Karakteristik Psikologi Behaviorisme,” Jurnal Dakwah: Al-Din, Vol. 8, No. 2, 2022.
Muthmainnah Lailiy. “Problem Dalam Asumsi Psikologi Behavioris (Sebuah Telaah Filsafat Ilmu),” Jurnal Filsafat, Vol. 27, No. 2, 2018.
Nur Widya Rahmawati. “Teori Belajar Behavioristik Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa 2, No. 1, 2024.
Putri et al., “Implementasi Teori Belajar Perspektif Psikologi Konstruktivisme Pada Jenjang Pendidikan Dasar.”
Qur’ani Azzahra Putri et al., “Implementasi Teori Belajar Perspektif Psikologi Konstruktivisme Pada Jenjang Pendidikan Dasar,” PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education 5, No. 2, 2023.
Rahman Abd BP, Sabhayati Asri Munandar, dkk. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan”, Jurnal Al Urwatul Wutsqa, Vol. 2, No. 1, Juni, 2022.
Ramadanti Magfirah, Cici Patda Sary, and Suarni Suarni, “PSIKOLOGI KOGNITIF (Suatu Kajian Proses Mental Dan Pikiran Manusia),” Al-Din: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan 8, No. 1, 2022.
Rusli RK, MA Kholik, “Teori Belajar Dalam Psikologi Pendidikan Theory Of Learning According To Educational Psychology”, Jurnal Sosial Humaniora, Vol. 4, No. 2, Oktober, 2013.
Zain Ahmad Sarnoto. “Kontribusi Aliran Psikologi Behaviorisme Terhadap Ilmu Komunikasi,” Statement 1, No. 1, 2011.
Zuhri Irpan, Sumaryati. “Tinjauan Aksiologi Terhadap Aliran Psikologi Behaviorisme”, Jurnal Filsafat Indonesia, 5, No. 2, 2022.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ridwan Setiawan, Anis Fuad, Hunainah, Machdum Bachtiar
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.