PENERAPAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN PENDEKATAN BEHAVIOR DENGAN TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIS UNTUK MENGOBATI KORBAN PERILAKU BULLYING VERBAL PESERTA DIDIK DI SMPN 3 PALANGKA RAYA

Penulis

  • SHERINA Universitas Palangka Raya
  • Mimi Suriatie Universitas Palangka Raya, Indonesia
  • Susi Sukarningsi Universitas Palangka Raya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v5i1.14839

Kata Kunci:

Kata Kunci : Konseling Kelompok, Pendekatan Behavior, Teknik Desensitisasi Sistematis, Korban Perilaku Bullying Verbal

Abstrak

Korban bullying adalah seseorang yang memiliki ketakutan tersendiri, sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Sestiani & Muhid, (2022) korban bully seringkali menyembunyikan masalah yang dihadapinya atau tidak melaporkan ancamannya (dalam  Nurshafilla, R.S. Dini, R. & Mustianah 2023). Hal ini pastilah memiliki dampak buruk bagi korban bullying secara verbal terkhususnya, maka dari dampak itulah, peserta didik pasti membutuhkan Solusi untuk setiap permasalahan yang ada, dari permasalahan ini  dengan melalui penerapam layanan konseling kelompok Teknik desensitisasi sistematis, bertujuan agar peserta didik dapat memecahkan permasalahannya. Pada penelitian kuantitatif ini, dengan jenis penelitian ‘pre-eksperimental,  dengan Grup Pre-test and Post-Test Design’ sampel diambil dengan Teknik Purposive Sampling, sehingga sesuai dengan kriteria pemilihan sampel, yaitu 5 peserta didik dari kelas VIII.6 – VIII.8 SMPN 3 Palangka Raya yang ditetapkan menjadi sampel. Alat pengumpul data utama yang digunakan peneliti adalah kuisioner, kemudian data analisis menggunakan (SPSS V25). Hasil penelitian t table 6,458 > 3,182 maka H0 ditolak dan Ha diterima, berarti  Layanan Konseling Kelompok Menggunakan Pendekatan Behavior Dengan Teknik Desensitisasi Sistematis Bisa Diterapkan Untuk Mengobati  Perilaku Bullying Verbal Peserta Didik   Di SMPN 3 Palangka Raya dan ada perbedaan yang signifikan, sebelum dan sesudah diberikan layanan Dengan R Square 11%.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).

Alifian, N., & Muliasari. (2019). Dampak Perilaku Bullying Terhadap Kesehatan Mental Anak (Studi Kasus Di Mi Ma’arif Cekok Babadan Ponorogo) (Issue November).

Astuti. (2019). Efektivitas konseling behavioral dengan teknik desensitisasi sistematis untuk mengurangi kecemasan berkomunikasi di depan umum pada peserta didik kelas xii sman 8 bandar lampung tahun pelajaran 2018/2019. In skripsi (vol. 1, issue 1).

Batubara, Y. A., Farhanah, J., Hasanahti, M., & Apriani, A. (2022). Konseling Bagi Peserta Didik. Al-Mursyid: Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan Dan Konseling Islam (IKABKI), 4(1). http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/almursyid/article/view/1197.

Fahyuni fariyatul eni, Taurusta Cindy, H. tri retno. (2023). BUKU AJAR layanan bimbingan dan konseling (h. Tri retno fahyuni fariyatul eni, taurusta cindy (ed.); dr. Eni fa). Umsida press.

Febriyanti, N. (2021). Implementasi Konsep Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1631–1638.

Firmansyah1, Y., Masril2, Fitriani3, W., Ardimen4, & Irman5. (2022). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Berbasis Regulasi Diri Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Fransisca Mudjijanti. (2022). Kepuasan Siswa Atas Layanan Bimbingan dan Konseling Ditinjau dari Gaya Kepemimpinan Konselor. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5051–5056. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1151.

Khoiriyah, u. (2019). Peran guru bimbingan dan konseling dalam mengantasi perilaku bullying pada kalangan peserta didik di smp negeri 4 gunung sugih. In universitas islam negeri raden intan lampung.

Nafia, a. R. (2021). Penggunaan teknik desensitisasi sistematis dalam mengurangi kecemasan belajar terhadap peserta didik di sekolah menengah atas tri sukses natar lampung selatan tahun ajaran 2020/2021.

Nasution, S.H, A. (2019). Bimbingan Dan Konseling. Konsep,Teori,Dan Aplikasinya..

Nugraheni, E. P. (2019). Pendalaman Materi Bimbingan Konseling Modul 5 Strategi Layanan Responsif Kegiatan Belajar 2 Pendekatan Konseling Berorientasi Kognitif Dan …. Modul PPG 2020, 65–132.

Nurasia, M. (2021). Efektivitas Teknik Relaksasi Untuk Mengurangi Kecemasan Korban Bullying Di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.

Rahma, A., Istima, F., Addinullah, M. A., & Nihayah, U. (2023). Konseling Interpersonal dalam Menumbuhkan Kesehatan Mental Korban Bullying. Nosipakabelo: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(2), 68–84. https://doi.org/10.24239/nosipakabelo.v3i2.1673.

Yana, R. S., & Karneli, Y. (2020). Peran Teknik Desensitisasi untuk Korban Bullying. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 5(2), 72. https://doi.org/10.23916/08784011.

Nafia, R. A (2021). Penggunaan Teknik Desensitisasi Sistematis Dalam Mengurangi Kecemasan Belajar Terhadap Peserta Didik Di Sekolah Menengah Atas Tri Sukses Natar Lampung Selatan Tahun Ajaran 2020/2021, Universitas Islam Negeri (Uin) Raden Intan Lampung.

Istima F, Rahma A, Addinullah M, A, Nihayah U, (2022) “Konseling Interpersonal dalam Menumbuhkan Kesehatan Mental Korban Bullying”. Dalam, Nosipakabelo: Jurnal Bimbingan Konseling, Volume. 3, Nomor 2, (Halaman 72).

Khoiriyah Umatul, (2019), Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengantasi Perilaku Bullying Pada Kalangan Peserta Didik Di SMP Negeri 4 Gunung Sugih, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sanuryanti Sitompul (2023), Efektivitas Layanan Informasi Dengan Media Film Pendek Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Dampak Bullying Di SMAN 1 Muaro Jambi, Universitas Jambi

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-13

Cara Mengutip

SHERINA, Suriatie, M., & Sukarningsi, S. (2024). PENERAPAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN PENDEKATAN BEHAVIOR DENGAN TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIS UNTUK MENGOBATI KORBAN PERILAKU BULLYING VERBAL PESERTA DIDIK DI SMPN 3 PALANGKA RAYA. Jurnal Paris Langkis, 5(1), 43–55. https://doi.org/10.37304/paris.v5i1.14839