PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN MEDIA CINEMA THERAPY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BULLYING PADA SISWA DI SMP NEGERI 6 PALANGKA RAYA

Penulis

  • Alya Alestia Universitas Palangka Raya
  • Mimi Suriatie Universitas Palangka Raya
  • Nopi Feronika Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v5i1.14714

Kata Kunci:

Bimbingan kelompok, Cinema therapy, pemahaman bullying

Abstrak

Permasalahan yang marak terjadi dikalangan siswa pada saat ini salah satunya adalah bullying. Hal ini bisa disebabkan karena kurangnya pemahaman bullying siswa. Berdasarkan hal tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman bullying siswa kelas VIII 9 di SMP Negeri 6 Palangka Raya dengan cara memberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan media cinema therapy. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimental dengan desain penelitian pre-experimental designs menggunakan one group pre-test post-test design. Populasi penelitian ini adalah 29 siswa kelas VIII 9 di SMP Negeri 6 Palangka Raya dan sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel dengan cara melihat pertimbangan tertentu (Sugiyono, 2019). Peneliti memilih 7 sampel dengan kategori siswa yang kurang memiliki pemahaman bullying dan sering melakukan bullying. Alat pengumpul data utama yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket yang dibagikan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan pemahaman bullying siswa. Kemudian data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dari Uji Paired Samples T-tes dengan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan uji-t dengan menggunakan uji paired sampel t-test diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05 dan perbandingan nilai thitung dan ttabel yaitu 11,714 > 2,365. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman bullying yang signifikan pada siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan media cinema therapy. Artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok menggunakan media cinema therapy dapat meningkatkan pemahaman bullying pada siswa kelas VIII 9 di SMP Negeri 6 Palangka Raya tahun ajaran 2023/2024.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ardiansyah, P. (2022). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa Kelas X-IPK di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Plus Padang Ganting Tahun Pelajaran 2021/2022. (Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Mahmud Yunus, Batusangkar).

Deni, F. (2020). Bimbingan dan Konseling. Bengkulu: CV Brimedia Global. Tersedia dari http://repository.iainbengkulu.ac.id/5129/1/BIMBINGAN DAN KONSELING_NASKAH BUKU_DENI FEBRINI.pdf

Filsiani. (2021). Efektivitas Teknik Role Playing Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Pada Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Bua. (Skripsi, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri, Palopo).

Javandalasta, P. (2021). 5 Hari Mahir Bikin Film. Batik Publisher. Ebook.

Lestari, D. S. A., & Khusumadewi, A. (2020). Pengembangan Video Cinematherapy Bullying Bagi Peserta Didik Kelas VIII Smp Negeri 2 Gedangan. Jurnal BK, 11(3), 374–381.

Nasution, H. S., & Abdillah. (2019). Bimbingan Konseling Konsep, Teori ,Dan Aplikasinya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI). Tersedia dari: https://drive.google.com/file/d/1DcHYuUduDt2mfafzrZRGAleraGbmvQ1B/view

Nurbaiti, R. (2019). Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Penggunaan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Rasa Empati Pada Pelaku Bullying Di SMP Negeri 4 Bandar Lampung. (Skripsi, Fakultas Trbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung).

Roy Miftahul Huda, R., & Ardiyan, L. (2022). Rancangan Implementasi Perma+ Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling Untuk Pencegahan Bullying Dan Peningkatan Wellbeing Siswa. Jurnal Syntax Transformation, 3(6), 877–886.

Safitri, Z. (2022). Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Self-Efficacy Mahasantri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an An- Nasuchiyyah Kudus. (Skripsi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, Institut Agama Islam Negeri Kudus).

Santi, A. (2022). Perbandingan Tingkat Pemahaman Peserta Didik Melalui Pembelajaran Daring dan Pembelajaran Luring di SMP Negeri 2 Kajuara. (Skripsi, Fakultas Tarbiyah, dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Muhammadiyah, Sinjai).

Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Utami, A. D., Suriyah, P., & Mayasari, N. (2020). Level Pemahaman Konsep Komposisi Fungsi Berdasar Taksonomi Solo. Jawa Tengah: CV. Pena Persada.

Widiastuti, S. (2021). Efektivitas Teknik Cinema Therapy Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 TAPUNG. (Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru).

Wulandari, I., & Irmayanti, R. (2019). Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Role Playing Terhadap Perilaku Bullying Siswa SMA. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 2(4), 125-137.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-13

Cara Mengutip

Alestia, A., Suriatie, M., & Feronika, N. (2024). PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN MEDIA CINEMA THERAPY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BULLYING PADA SISWA DI SMP NEGERI 6 PALANGKA RAYA . Jurnal Paris Langkis, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.37304/paris.v5i1.14714