PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL TERHADAP PERILAKU SADAR LINGKUNGAN KALI SOLO DUSUN HONEX DI DESA BANABUNGI KECAMATAN PASARWAJO KABUPATEN BUTON

Penulis

  • Diana STKIP Pelnus Buton
  • Ali STKIP Pelnus Buton
  • Lisma STKIP Pelnus Buton
  • Hanisu STKIP Pelita Nusantara Buton
  • Wa ode Nining Setyawan STKIP Pelita Nusantara Buton
  • Wulandari STKIP Pelita Nusantara Buton
  • Kadar Risman Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v3i1.15415

Kata Kunci:

Pendidikan; Perilaku; Sadar; Lingkungan

Abstrak

endidikan secara umum merupakan segala upaya yang direncanakan untuk mempengaruhi orang lain baik individu, kelompok, atau masyarakat sehingga mereka melakukan apa yang diharapkan oleh pelaku pendidikan (Soekidjo Notoatmodjo, 2003: 16). Program wajib belajar 6 tahun, yang didukung pembangunan infrastruktur sekolah merupakan program pemerintah sektor pendidikan yang diakui cukup sukses.Pendidikan mempunyai peranan penting karena melalui pendidikan, manusia makin mengetahui dan sadar akan bahaya limbah rumah tangga terhadap lingkungan, terutama bahaya pencemaran terhadap kesehatan manusia. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. (Singarimbun,1982:3) dalam metode penelitian survey mengatakan bahwa penelitian survey adalah “penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok.Berdasarkan data penduduk pada tahun 2018/2019 jumlah kepala keluarga di Dusun Honex Desa Bnabungi Kecamatan Pasarwajo berjumlah 209 kepala keluarga.Dalam penelitian pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling sebanyak 10% dari jumlah populasi. Penarikan samplmenggunakan rumus slovin Sehingga yang menjadi sampel dalam penelitian adalah sejumlah 60 kepala keluarga. Berdasarkan tabel hasil uji Regresi di atas Sig 0,002 ˂ 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan dengan perilaku sadar lingkungan. Dari hipotesis yang telah diajukan maka Ha dapat diterima dan Ho ditolak. Karena terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan formal Dan perilaku sadar lingkungan. Berdasarkan tabel hasil uji R Square maka dapat di ketahui persentase hubungan antara tingkat Pendidikan terhadap perilaku sadar lingkungan sebesar 0,158 atau 15,8 %.
Kata Kunci : pendidikan; Perilaku; Sadar; Lingkungan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afandi, Rifki. 2013:100. Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaan IPS Di Sekolah Dasar Sebagai Alternatif Menciptakan Sekolah Hijau. Jurnal Pedagogia.

Ali, Muhammad. 1993. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.(edisi revisi).Jakarta: Rineka Cipta.

Asriati dan Erni Suharini. 2016. Hubungan Tingkat Pendidikan Ibu Rumah Tangga Dengan Pemeliharaan Kebersihan Lingkungan Di Kelurahan Pasar Batang Kabupaten Brebes Tahun 2015. Edu Geography. Vol. 4 No. 3. ISSN: 2252-6684

Asriati dan Erni Suharini. 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik .(edisi revisi).Jakarta: Rineka Cipta.

Danang, Sunyoto. 2009. Analisis Regresi dan Uji Hipotesis, Media Pressindo: Yogyakarta

Desfandi, Mirza. 2015. Mewujudkan Masyarakat Berkarakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata.Social Science Education Journal.Soekidjo Notoatmodjo. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : PT RinekaCiptahttps://www.researchgate.net/publication/298787619_Pembelajaran_Pendidikan_Lingkungan_Hidup

Johnson, B. & Larry Christensen. (2000). Educational Research, Quantitative and Qualitative Approaches. USA. Allyn and Bacon

Masri Singarimbun dan Sofian Effendi. 1982. Metode Penelitian Survai. Jakarta: Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES).

Mulyana, Rahmat. 2009. Penanaman Etika Lingkungan Melalui Sekolah Perduli Dan Berbudaya Lingkungan. Dalam Jurnal Tabularasa Pps UNIMED, Desember 2009 Vol. 6 No.2. Fakultas Teknik. UNIMED

Neolaka, Amos. 2008. Kesadaran Lingkungan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Soemarwoto. 2004. Buku Ekologi Lingkungan Hidup Dan Pembangunan. Jakarta; Djambatan.

Sucipto, Cecep Dani dan Asmadi. 2011. Aspek Kesehatan Masyarakat dalam Amdal. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Sugiyono. 2008 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. .Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif: Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiarto, Sitinjak. (2006). Lisrel. Edisi Pertama. Cetakan Pertama Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Tantu dan Suaedi, Hammado. (2016). Ebook Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup. Bogor: IPB Press. www.researchgate.net.

Pabundu Tika, Moh. 1997. Metode Penelitian Geografi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka utama.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

Masdiana, Unton, A. R., Sudiah, L., Hanisu, Wa ode Nining Setyawan, Wulandari, & Risman, K. (2022). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL TERHADAP PERILAKU SADAR LINGKUNGAN KALI SOLO DUSUN HONEX DI DESA BANABUNGI KECAMATAN PASARWAJO KABUPATEN BUTON. Jurnal Paris Langkis, 3(1), 105–114. https://doi.org/10.37304/paris.v3i1.15415