INTERNALISASI SIKAP TERPUJI PADA ANAK USIA DINI (Studi Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Desa Manuru Kecamatan Siotapina Kabupaten Buton)

Penulis

  • Kadar Risman Universitas Muhammadiyah Buton
  • Rachman Saleh Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia
  • Indriani Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v4i2.12885

Kata Kunci:

Internalisasi, Sikap Terpuji, Anak Usia Dini.

Abstrak

Tujuan Penelitian untuk mengetahui internalisasi sikap terpuji pada anak usia 5-6 tahun di Desa Manuru Kecamatan Siotapina. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif partisipatorik yang mempelajari permasalahan yang ada dan prosedur kerja yang berlaku. Penelitian kualitatif partisipatorik ini bertujuan untuk pengamatan secara dekat dan peneliti tidak hanya melakukan pengamatan namun juga berpartisipasi dalam proses internalisasi sikap terpuji. Unit analisis pada penelitian ini adalah lingkungan keluarga yang memiliki anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa internalisasi sikap terpuji pada anak usia dini yang dilakukan oleh orang tua di Desa Manuru menggunakan metode bercerita, metode pembiasaan, metode pengajaran, dan metodeketeladanan. Metode tersebut efektif dalam menumbuhkan sikap menghormati orang tua, berkata jujur, mengucapkan salam dan tolong menolong. Hal ini dapat dilihat dari hasil data yang diperoleh bahwa orang tua telah memberikan keteladanan, nasehat dan pengawasan yang terus menerus guna menginternalisasikan sikap terpuji pada anaknya sejak usia dini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aini, A. N. (2008). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Tenaga Kerja terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi UNP. Padang. Dipublikasikan.

Meli, I. Z. N. (2021). Implementasi Kurikulum Paud 2013 Berdasar Buku Panduan Pendidik Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Paud 2013 Karya Hasnida. IAIN Purwokerto.

Nurani, N. (2019). Implementasi Pembentukan Akhlak Terpuji Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha pada Kelompok B Usia 5-6 Tahun TK Islam An Nuur Tahun Ajaran 2018-2019. Utile: Jurnal Kependidikan, 5(2), 98–103.

Nurhayati, N., Sariah, S., Bakhtiar, N., Ilmiyati, I., & Zalyana, Z. (2021). Peran Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak Sejak Dini Di Tk Aisyiah Bustanul Athfal V Pekanbaru. Kreasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 25–31.

Raden Nurhayati. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2023 dan Sistem Pendidikan Islam. Al-Afkar: Journal for Islamic Studies, 3(2), 57–87. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/afkar_journal.v3i2.123

Sabri, T., & Salimi, A. (n.d.). Peningkatan Aktivitas Murid dalam Pembelajaran Pkn Menggunakan Model Cooperative Learning. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(8).

Sobihah, Z. (2020). Pendidikan Karakter (Akhlak) Menurut Perspektif Islam. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 78. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v4i1.1743

Susilo, S. (2016). Pedoman penyelenggaraan paud. Jakarta: Bee Media Pustaka.

Sylviyanah, S. (2012). Pembinaan Akhlak Mulia Pada Sekolah Dasar. Jurnal Tarbawi Vol, 1(3), 191.

Thabroni, G. (2022). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif (Konsep & Contoh). In Serupa.Id.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-31

Cara Mengutip

Risman, K., Saleh, R., & Indriani. (2024). INTERNALISASI SIKAP TERPUJI PADA ANAK USIA DINI (Studi Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Desa Manuru Kecamatan Siotapina Kabupaten Buton). Jurnal Paris Langkis, 4(2), 119–124. https://doi.org/10.37304/paris.v4i2.12885

Terbitan

Bagian

Articles