ANALISIS PENGARUH TINGKAT KELAHIRAN DI DESA KARAE KECAMATAN SIOMPU KABUPATEN BUTON SELATAN

Penulis

  • Masdiana STKIP Pelita Nusantara Buton
  • Silvia STKIP Pelita Nusantara Buton
  • Arni Fauzia Rante STKIP Pelita Nusantara Buton
  • La Rudi STKIP Pelita Nusantara Buton
  • Mimil Azmil STKIP Pelita Nusantara Buton
  • Said Karamaullah STKIP Pelita Nusantara Buton
  • Kadar Risman Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v5i1.15532

Kata Kunci:

Analisis, Kelahiran, Faktor Pertumbuhan Penduduk

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat pendidikan, usia kawin pertama, pendapatan keluarga, dan jam kerja terhadap fertilitas pasangan usia subur di Desa Karae, Kecamatan Siompu, Kabupaten Buton Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan regresi linier berganda untuk mengevaluasi pengaruh simultan dan parsial dari variabel-variabel independen terhadap variabel dependen. Data yang digunakan merupakan data primer yang diolah menggunakan SPSS versi 2024.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, variabel tingkat pendidikan, usia kawin pertama, pendapatan keluarga, dan jam kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap fertilitas dengan nilai F sebesar 4.219 dan signifikansi 0.004. Namun, secara parsial, hanya variabel jam kerja yang memiliki pengaruh signifikan terhadap fertilitas, dengan koefisien regresi sebesar -0.743 dan nilai signifikansi 0.012. Variabel tingkat pendidikan, usia kawin pertama, dan pendapatan keluarga tidak menunjukkan pengaruh signifikan secara individual, dengan nilai signifikansi masing-masing sebesar 0.438, 0.547, dan 0.796. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0.172 menunjukkan bahwa 17.2% variasi dalam fertilitas dapat dijelaskan oleh variabel-variabel independen yang diteliti, sementara 82.8% variasi dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar model. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa meskipun variabel-variabel independen secara bersama-sama mempengaruhi fertilitas, hanya variabel jam kerja yang memiliki pengaruh signifikan secara parsial. Hasil ini mengindikasikan perlunya mempertimbangkan faktor-faktor lain yang mungkin mempengaruhi fertilitas selain variabel-variabel yang diteliti dalam penelitian ini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instumen Penelitian Dan Penilaian Program. pustaka belajar.

Azantaro, Ramli, Rujiman, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Fertilitas Di Sumatera Utara. Jurnal Ekonom, Vol 18, No 1.

Azwar, M. (1986). Validitas dan Reliabilitas. In M. Azwar (Ed.), Daftar Pustaka Penelitian (pp. 1-15). Yogyakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Pendidikan.

Badan Pusat Statistik.2014. Jakarta.

Badan Pusat Statistik (BPS) - Data Jumlah Penduduk Menurut Kabupaten/Kota (Jiwa) : Badan Pusat Statistika Sulawesi Tenggara

Badan Pusat Statistik. 2011. Kecamatan Siompu Dalam Angka 2011 : Badan Pusat Statistik Kabupaten Buton

Badan Pusat Statistik. Kecamatan Siompu Dalam Angka 2021 : Badan Pusat Statistik Kabupaten Buton

Badan Pusat Statistik. Kecamatan Siompu Dalam Angka 2022 : Badan Pusat Statistik Kabupaten Buton

Edmund Conway. (2015). 50 Gagasan Ekonomi yang Perlu Anda Ketahui, Esensi Erlangga Group, Jakarta, 2015. Teori -Teori Kependudukan.

Eka Reski Lestari Syam (2016). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Fertilitas Tenaga Kerja Wanita Di Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba. Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Alauddin Makassar

SYAM, E. R. L. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Fertilitas Tenaga Kerja Wanita Di Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba.

ejournal.unri.ac.id/index.php/JE/article/download/723/716 diakses Jum‟at 29 Juli 2016

Fertilitas Di Sumatera Utara, Jurnal Ekonom, Vol 18, 1, Januari 2015

Herina, W. N. Pengaruh Curahan Jam Kerja, Usia Kawin Pertama, Pendapatan Keluarga, Dan Lama Penggunaan Alat Kontrasepsi Kb Terhadap Fertilitas Istri Buruh Tani Di Desa Sumberjeruk Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember.

Husein Usman, Purnomo. 2001. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Jamil, L. N., Lestari, M. D., & Utari, R. S. (2022). Pengaruh Pernikahan Dini Terhadap Pendapatan Keluarga di Pulau Jawa. HIMIE Economics Research and Olympiad (HERO), 215-220.

Lee, E. S. Suatu Teori Migrasi. (Yogyakarta: Pusat Penelitian dan Kependudukan Universitas Gadjah Mada, 2010) hlm 109.

Lucky Radita Alma, 2019, ILMU KEPENDUDUKAN, Vila Gunung Buring Malang :Penerbit Wineka Media

Mantra, Ida Bagus. Demografi Umum . Jakarta : Pustaka Raja.

Margono, Suyud. "ADR alternative dispute resolution: Arbitrase proses pelembagaan dan aspek hukum." (2004).

Mark Skousen, Sang Maestro Teori-Teori Ekonomi Modern, Prenada Media, Jakarta, 2005

Penduduk, J., Pertumbuhan, L., Penduduk, P., Produktif, U., Lansia, P., Jenis, R., & Kendari, K. (2021). Berita resmi statistik. 08, 1–12.

Prof. Ida Bagoes Mantra, 2003, DEMOGRAFI UMUM, Yogyakarta

Sadono Sukirno, Makro Ekonomi Teori Pengantar,PT Raja Grafindo, Jakarta, 2013, hlm.441

Saeed, K., Mechanics of the System Dynamics Method, Industrial Engineering & Management Division, Asian Institute of Technology – Bangkok, 1981.

Senge, Peter M., The Fifth Discipline: The Art and Practice of the Learning Organization, Doubleday/Currency, New York, 1990.

Singarimbun, Masri. Penduduk dan perubahan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 1996

Siyoto, Sandu, and Muhammad Ali Sodik. Dasar metodologi penelitian. literasi media publishing, 2015.

Sugiharto, A., & Situnjak, A. (2006). Reliabilitas. In R. Walizer (Ed.), Daftar Pustaka Penelitian (pp. 1-15). Yogyakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Pendidikan.

Sugiyono. (2011). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Walizer, R. (1987). Reliabilitas. In R. Walizer (Ed.), Daftar Pustaka Penelitian (pp. 1-15). Yogyakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Pendidikan.

Weeks, D. (1992). The eight essential steps to conflict resolution (pp. 90-101). Los Angeles: JP Tarcher.

Yasin, M dan Sri Murtiningsih Adioetomo. 2010. Demografi: Arti dan Tujuan. Dalam DasarDasar Demografi. Ed: Adioetomo S. M dan O B Samosir. Jakarta: Salemba Empat.

Yunus, Hadi, Sabari. (2008). Konsep dan Pendekatan Geografi. Makalah dipresentasikan dalam Serasehan Forum Pimpinan Pendidikan Tinggi Geografi Indonesia 18 dan 19 Januari.

Zulganef, A. (2006). Validitas dan Reliabilitas. In R. Walizer (Ed.), Daftar Pustaka Penelitian (pp. 1-15). Yogyakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Pendidikan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-07

Cara Mengutip

Masdiana, Silvia, Arni Fauzia Rante, La Rudi, Mimil Azmil, Said Karamaullah, & Risman, K. (2024). ANALISIS PENGARUH TINGKAT KELAHIRAN DI DESA KARAE KECAMATAN SIOMPU KABUPATEN BUTON SELATAN. Jurnal Paris Langkis, 5(1), 170–183. https://doi.org/10.37304/paris.v5i1.15532