ANALISIS TINGKAT PELAYANAN E-KTP TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BAUBAU TAHUN 2021

Penulis

  • Masdiana Program Studi pendidikan Geografi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pelita Nusantara Buton, Indonesia
  • Aris Susanto Program Studi pendidikan Geografi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pelita Nusantara Buton, Indonesia
  • Kationo Udin Program Studi pendidikan Geografi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pelita Nusantara Buton, Indonesia
  • Yusuf Program Studi pendidikan Geografi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pelita Nusantara Buton, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v4i1.12991

Kata Kunci:

Tingkat Pelayanan; E-KTP; Tingkat Kepuasan Masyarakat

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan e-KTP dan mengkajitingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Baubau. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian iniadalah seluruh masyarakat Kota Baubau yang mengurus e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Baubau. Teknik sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan jenis accidental sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian iniadalah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisisdeskriptif dengan alat bantu analisis berupa peta, tabel, dan diagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pelayanan e-KTP di Dinas Kependudukandan Pencatatan Sipil Kota Baubau memiliki kinerja tinggi hampir disemua indikatorpelayanan, fakta tersebut dapat dilihat pada tanggapan responden atas berbagai dimensilayanan yang sangat memuaskan. Tingkat kepuasan masyarakat atas layanan e-KTP mendapatkan tanggapan yang positif dihampir semua indikator layanan. Fakta tersebutdidapatkan dari hasil-hasil wawancara mendalam kepada responden yang mana hampirsemua responden merasa sangat puas atas layanan e-KTP yang diperoleh

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, Suharsimi(2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi(1996). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta.

A. S Moenir, (1992). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Dwiyanto, Agus(2005). Mewujudkan Good GovernanceMelalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: GajahMada University Press.

Hardiyansyah (2011).Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator, danImplementasinya.Yogyakarta:Gava Media

Hidayanti, F. T(2014). Skripsi :Kualitas Pelayanan e-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan sipil Pemerintah Kota surabaya Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat. FISIP UPN Veteran. Jawa Timur.

Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 1995 Tentang Perbaikan dan Peningkatan Mutu Pelayanan Aparatur Pemerintah Kepada Masyarakat. Lembar Negara.

Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 1984 Tentang Pedoman Penyederhanaan dan Pengendalian Perizinan di Bidang usaha. Lembar Negara.

Kawi, Gede(2005). Buku Ajar Geografi Penduduk. (tidak diterbitkan). Singaraja: Unversitas Pendidikan Ganesha.

KEPMENPAN Nomor 63 Tahun 2004. Tentang Prinsip Pelayanan Publik. Lembar Negara.

KEMENPAN Nomor 25 Tahun2004. Tentang. Pedoman Umum Penyusunan IKM Unit Pelayanan Instansi Pemerintah. Lembar Negara.

KEMENPAN Nomor 63 Tahun 2003. Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Lembar Negara

KEMENPAN Nomor 81 Tahun 1993. Tentang Pedoman Tatalaksana Pelayanan Umum. Lembar Negara.

Kotler, philip (2004). Marketing Management, The Millenium Edition. Englewood Clifts, New Jersey: Prentice Hall

Lukman, Sampara(1999). Manajemen KualitasPelayanan. Jakarta : STIA LAN Press.

Masrin (2013).Jurnal: Studi Tentang Pelayanan PembuatanKTP Elektronik (e-KTP) di Kantor Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda. Jurnal Pemerintahan Inyegratif Vol. 1 No. 1.

Moh. Nazir (2011). Metode Penelitian. Penerbit Ghalia Indonesia: Bogor.

Nurul Hidayah. 2017. Skripsi :Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) Menggunakan Regresi Logistik. Departemen MIPA Universitas Sumatera Utara.

Pasolong, Harbani (2010). Teori Administrasi Publik.Alfabeta :Bandung.

Permendagri Nomor 9 tahun 2011.Tentang Pedoman Penerbitan Kartu Tanda Penduduk Berbasis Nomor Induk Kependudukan Secara Nasional. Lembar Negara.

Riduwan, 2009. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta: Bandung.

Ruhimat, Mamat (2018). Buku Geografi Penduduk. Penerbit Ombak : Yogyakarta.

Sinambela, Lijan Poltak (2011). Reformasi Pelayanan Publik. Bumi Aksra : Jakarat.

Sinambela, Lijan Poltak(2006). Reformasi PelayananPublik. Bumi Aksara: Jakarta.

Sofyan Effendi, (2012).Metode Penelitian. LP3ES, Jakarta.

Subagyo, (1997).Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktek. Rineka Cipta, Jakarta.

Sugiyono (2014). Metode Penelitian Kualitatif . Penerbit Alfabeta, Bandung.

Surat Edaran MenteriNomor 56/Wasbangpan/6/1998 Tentang Langkah-Langkah Nyata Memperbaiki Pelayanan Masyarakat. Lembar Negara.

Tjiptono, Fandy(2000). Manajemen Jasa. ANDI Yogyakarta:Yogyakarta.

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan. Lembar Negara.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009. Tentang Pelayanan Publik. Lembar Negara.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan. Lembar Negara.

Yunus, Hadi Sabari (2010). Metodologi Penelitian Wilayah Kontenporer. Cetakan Ke I. Pustaka Pelajar : Yogyakarta.

Yunus, Hadi Sabari(2016). Metodologi Penelitian Wilayah Kontenporer. Cetakan Ke II. Pustaka Pelajar :Yogyakarta.

Zeithaml, Valarie A., (et.al), 1990, Delivering Quality Services : Balancing Customer Perceptions and Expectations, The Free Press, A Division of Macmillan Inc., New York.

Zulhakim, A. 2014. Jurnal: Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan e-KTP di Kecamatan Air Nipis Kabupaten Bengkulu Selatan. Jurnal Penelitian Sosial dan Politik Volume 3 Nomor 2

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-31

Cara Mengutip

Masdiana, Susanto, A. ., Udin, K., & Yusuf. (2023). ANALISIS TINGKAT PELAYANAN E-KTP TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BAUBAU TAHUN 2021. Jurnal Paris Langkis, 4(1), 110–118. https://doi.org/10.37304/paris.v4i1.12991