STUDI KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN AKADEMIK PADA JURUSAN ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PALANGKA RAYA

Penulis

  • RIANITA VIONA EKLESIA UNIVERSITAS PALANGKA RAYA
  • Slamet Winaryo Universitas Palangka Raya, Indonesia
  • Dagai L. Limin Universitas Palangka Raya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v3i2.7673

Kata Kunci:

(1) Kepuasan Mahasiswa, (2) Pelayanan Akademik.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik yang dilakukan pada Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan BK, Manajemen Pendidikan, Teknologi Pendidikan dan PGSD yang berdasarkan Data Rekapitulasi Semester Ganjil 2020/2021 di Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Palangka Raya yang jumlahnya sebanyak 1.227 orang. Untuk pengambilan sampel penelitian, peneliti menggunakan teknik Proposional Sampling maka sampel penelitian adalah sebanyak 101 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket (kuisioner). Dalam menganalisis data penelitian ini menggunakan metode deskriptif, juga menggunakan aplikasi statistik SPSS for window atau perhitungan manual.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik pada Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP UPR positif dan signifikan, dibuktikan dengan uji menggunakan kolerasi Product Moment karena rxy Hitung  adalah sebesar  0,988 lebih besar dari rxy Tabel pada taraf significance 5 %  dan df = 99 sebesar  0,205 berarti  Ho yang ditolak, berarti : Ha yang diterima : Berarti ada kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik di Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa para mahasiswa merasa puas dengan pelayanan yang sangat baik dari akademik di Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya, jadi kepuasan mahasiswa yang tinggi sangat tergantung oleh pelayanan yang baik, dalam hal ini tingkat keterangan kepuasan mahasiswa tersebut sebesar 98,80% adalah berada pada tingkat kolerasi yang sangat kuat (sangat tinggi).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Angkoro. 2017. Mutu Pelayanan Akademik Dalam Memenuhi Kepuasan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung.

Bisri, Asmoro, 2019. Etika Pelayanan Publik di Indonesia.

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. 1999. Buku Himpunan Perauran Dan Kebijakan Pendidikan Di Indonesia. Jakarta: PT. Sarana Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Eka Suhartini. 2012. Kualitas Pelayanan Kaitannya Dengan Kepuasan Konsumen. Makassar: Alauddin University Press.

Eka Chandra. 2005. Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Akademik FakultasI lmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negri Syarif HidayaTullah Jakarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negri Syarif HidayaTullah Jakarta.: Jakarta.

Fredy Rangkuti. 2003. Measuring Customer Satisfaction : Gaining Customer Relationship Strategy. Jakarta: Gramedia.

Kanca, Dartini. 2011. Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Layanan Akademik Jurusan Penjaskerek.

Kitcharoen, Krisna. 2004. The Importance–Perfomance Analysis Of Service Quality In Administrative Department Of Private Universities In Thailand. ABAC Journal, Sept – Dec., Volume 24, No. 3, Pp. 20 – 46.

Lovelock, Christopher, H. 1991. Managing Service : Marketing, Operations and Human Resources. New Jersey. Pretince Hall.

Purba, 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Grapari Telkomsel Binjai.

Rismayanti, 2018. Penerapam Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gowa.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiani, 2016. Standar Operasional Prosedur Administrasi Kependudukan Dalam Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Publik Di Kecamatan Sambutan.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D:Bandung. Alfabeta.

Suryani. 2011. Studi Komparatif Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Penyelenggaraan di Institut Pertanian Bogor. Fakutas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor: Bogor.

Sudiyono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta:PT. RajaGrafindo Persada.

Tjiptono, Fandy. 1996. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Zeithami, Parasuraman, dan Leonard. 1990. Delivering Quality Service Balancing Customer Perception and Expectation. New York: Free Press.

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-28

Cara Mengutip

EKLESIA, R. V., Winaryo, S., & Dagai L. Limin. (2023). STUDI KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN AKADEMIK PADA JURUSAN ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PALANGKA RAYA. Jurnal Paris Langkis, 3(2), 176–185. https://doi.org/10.37304/paris.v3i2.7673

Terbitan

Bagian

Articles