UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE PETA KONSEP BAGI SISWA KELAS III SD NEGERI 45 BUTON

Penulis

  • Lismawati Sudiah STKIP Pelita Nusantara Buton
  • Rizal STKIP Pelita Nusantara Buton
  • Hanisu STKIP Pelita Nusantara Buton
  • Wa Ode Nining Setiyawan STKIP Pelita Nusantara Buton
  • Masdiana STKIP Pelita Nusantara Buton
  • Kadar Risman Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v3i1.15361

Kata Kunci:

Hasil Belajar IPS, Metode Peta Konsep

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan penggunaan metode peta konsep bagi siswa kelas III SD Negeri 45 Buton .Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Desain penelitian ini menggunakan modifikasi model Kemmis & McTaggart dalam 2 siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 45 Buton yang berjumlah 25 siswa. Objek penelitian adalah meningkatkan hasil belajar IPS melalui metode peta konsep. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi dan soal tes atau evaluasi hasil belajar. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan Metode Peta Konsep Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Bagi Siswa Kelas III SD Negeri 45 Buton  mengalami peningkatan, Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar pada siklus I dan II diperoleh data bahwa hasil belajar siswa meningkat. Hasil tes siklus I diperoleh sebanyak 15 siswa atau 60% tuntas dan 10 siswa atau 40% belum tuntas. Kemudian pada hasil tes siklus II menunjukkan 21 siswa atau 78,08% tuntas dan 4 siswa atau 12,05% belum tuntas. Dengan adanya peningkatan yang terjadi pada siswa yang telah mencapai 88% siswa telah tuntas dan melebihi 75% indikator keberhasilan maka dinyatakan bahwa perbaikan pembelajaran ini telah berhasil.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anni, C.Tri. dkk. (2006). Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES.

Anas Sudijono. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

BSNP. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas

Darsono, Max, dkk. (2000). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Semarang: IKIP Press.

Daryanto. (2009). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah Beserta Contoh-Contohnya. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas,Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat

Pembinaan TK dan SD,(2007), Pedoman penyuunan KTSP SD. Jakarta : Badan Standar Nasional Pendidikan

Doran, dkk. Iskandar. (2004). Peta Konsep. Fe.um.ac.id/wpcontent/uploads/2010/03/Nur-Fatimah-Edit.pdf diunduh pada tanggal 9 April 2014.

Gino, H.J. (1993). Belajar dan Pembelajaran I. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarata .

Gunawan, Rudy. (2011). Pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.

Hamzah B. (2008). Profesi Kependidikan: Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni dan Mohd. Arif Ismail. (2008). Model-Model Pembelajaran Mutakhir Perpaduan Indonesia-Malaysia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Khoir, Mazidatul. (2012). Paradigma Pendidikan IPS di Indonesia. https://mazidatulkhoir.wordpress.com/category/sosial diunduh pada tanggal 25 Februari 2014.

Nana Sudjana. (1998). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nur. (2001). Pengertian Konsep. http://dc351.4shared.com/doc_rdh dvg/preview.html diunduh pada tanggal 25 Februari 2014.

Nurhadi. (2004). Kurikulum 2004. (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta: Grasindo Rifa’I, Achmad. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Oemar, Hamalik. (1983). metode Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung: Tursita.

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, dkk. (2002). Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sugandi, Ahmad. (2006). Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES.

Tony. (2005). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS. 2003

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

Sudiah, L., Rizal, Hanisu, Wa Ode Nining Setiyawan, Masdiana, & Risman, K. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE PETA KONSEP BAGI SISWA KELAS III SD NEGERI 45 BUTON. Jurnal Paris Langkis, 3(1), 93–104. https://doi.org/10.37304/paris.v3i1.15361