OPTIMALISASI LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
DOI:
https://doi.org/10.37304/paris.v3i1.3379Kata Kunci:
Lingkungan, ilmu pengetahuan sosialAbstrak
Lingkungan mempengaruhi pertumbuhan fisik setiap anak, seperti kita; suhu, pola makan, status gizi, aktivitas dan sebagainya sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak seperti insting, kebiasaan, dan tingkah laku yang didapat. Lingkungan sekitar adalah sesuatu yang dapat mempengaruhi peserta didik melalui fenomena (peristiwa, situasi, atau kondisi) faktor fisik atau sosial yang mempengaruhi perkembangan peserta didik itu sendiri yang terletak di sekitar tempat peserta tinggal dan dapat merasakan dan melihat peristiwa, keadaan atau kondisi sekitarnya. Pemanfaatan sumber belajar lingkungan dalam IPS dapat dilakukan dengan cara, survey, camping, field trip, proyek pengabdian dan pengabdian masyarakat, dan mengundang narasumber. Keuntungan yang diperoleh dalam penggunaan sumber belajar lingkungan dalam IPS adalah pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan peserta didik, sehingga motivasi peserta didik akan semakin tinggi, proses pembelajaran akan lebih bermakna serta mengenalkan peserta didik lingkungan yang ada di sekitar tempat tinggal maupun lingkungan sekolah
Unduhan
Referensi
Abimanyu, S., dkk.(1995). Penelitian Praktis untuk Perbaikan Pengajaran. Jakarta: Departeman Pendidikan dan Kebudayaan.
Burhanudin (2007).Pendekatan Metoda dan Teknik Penelitian Pendidikan. Purwakarta: UPI Pwk.
Ali, H.M. (1990). Konsep dan Penerapan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) dalam Pengajaran. Bandung: Sarana Panca Karya.
Chepy, CH. (1986). Strategi Ilmu Pengetahuan Sosial, Surabaya: Karya Anda
Depdikbud, (1992/1993).Metodik Khusus Pengajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar.
Depdiknas, (2003).Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Effendi, R. dkk.(2005). Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya dan Teknologi. Bandung: Value Press.
Moedjiono dan Dimyati.Moh. (1991/1992), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Departemen P dan K DIKTI.
Pratomo, S. (2006).Pendidikan Lingkungan untuk SD. Bandung: Sonagar Press.
Rusyan, A. T. (1995). Meningkatkan Mutu Kegiatan dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Kertanegara.
Sudjana, N (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensido Offset.
Sumaatmadja, H. N. (1980). Metodologi Pengajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. IKIP Bandung
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 herman
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.