OPTIMALISASI LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS

Penulis

  • herman anggota

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v3i1.3379

Kata Kunci:

Lingkungan, ilmu pengetahuan sosial

Abstrak

Lingkungan mempengaruhi pertumbuhan fisik setiap anak, seperti kita; suhu, pola makan, status gizi, aktivitas dan sebagainya sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak seperti insting, kebiasaan, dan tingkah laku yang didapat. Lingkungan sekitar adalah sesuatu yang dapat mempengaruhi peserta didik melalui fenomena (peristiwa, situasi, atau kondisi) faktor fisik atau sosial yang mempengaruhi perkembangan peserta didik itu sendiri yang terletak di sekitar tempat peserta tinggal dan dapat merasakan dan melihat peristiwa, keadaan atau kondisi sekitarnya. Pemanfaatan sumber belajar lingkungan dalam IPS dapat dilakukan dengan cara, survey, camping, field trip, proyek pengabdian dan pengabdian masyarakat, dan mengundang narasumber. Keuntungan yang diperoleh dalam penggunaan sumber belajar lingkungan dalam IPS adalah pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan peserta didik, sehingga motivasi peserta didik akan semakin tinggi, proses pembelajaran akan lebih bermakna serta mengenalkan peserta didik lingkungan yang ada di sekitar tempat tinggal maupun lingkungan sekolah

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abimanyu, S., dkk.(1995). Penelitian Praktis untuk Perbaikan Pengajaran. Jakarta: Departeman Pendidikan dan Kebudayaan.

Burhanudin (2007).Pendekatan Metoda dan Teknik Penelitian Pendidikan. Purwakarta: UPI Pwk.

Ali, H.M. (1990). Konsep dan Penerapan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) dalam Pengajaran. Bandung: Sarana Panca Karya.

Chepy, CH. (1986). Strategi Ilmu Pengetahuan Sosial, Surabaya: Karya Anda

Depdikbud, (1992/1993).Metodik Khusus Pengajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar.

Depdiknas, (2003).Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Effendi, R. dkk.(2005). Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya dan Teknologi. Bandung: Value Press.

Moedjiono dan Dimyati.Moh. (1991/1992), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Departemen P dan K DIKTI.

Pratomo, S. (2006).Pendidikan Lingkungan untuk SD. Bandung: Sonagar Press.

Rusyan, A. T. (1995). Meningkatkan Mutu Kegiatan dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Kertanegara.

Sudjana, N (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensido Offset.

Sumaatmadja, H. N. (1980). Metodologi Pengajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. IKIP Bandung

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-17

Cara Mengutip

herman. (2022). OPTIMALISASI LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS. Jurnal Paris Langkis, 3(1), 85–92. https://doi.org/10.37304/paris.v3i1.3379