VARIASI METODE MENGAJAR GURU DALAM MENGATASI KEJENUHAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Penulis

  • Fatniaton Adawiyah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Azhar Diniyyah (STITAD) JAMBI

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3316

Kata Kunci:

Variasi, Metode Mengajar, Kejenuhan Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Variasi Metode mengajar Guru dalam mengatasi kejenuhan siswa di Sekolah Menengah Pertama. Apa kendala dalam menciptakan Variasi Metode mengajar Guru untuk mengatasi kejenuhan siswa di Sekolah Menengah Pertama. Apa Upaya yang dilakukan untuk menciptakan Variasi Metode mengajar Guru dalam mengatasi kejenuhan siswa di Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam memperoleh data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan peneliti dan triangulasi sumber data. Tahap-tahap penelitian dalam penelitian ini meliputi tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data dan tahap penulisan laporan. Hasil penelitian ini penyimpulkan bahwa: 1) guru PAI di Sekolah menggunakan metode ceramah diselingi dengan metode tanya jawab, selain metode-metode tersebut guru kadang-kadang juga memberikan metode diskusi. 2) Faktor penghambat, Kurangnya  kemampuan guru dalam mengembangkan dan menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi, Kurangnya pengetahuan guru tentang siswa-siswa yang dihadapi seperti tingkat kecerdasan siswa, bakat dan minatnya; Guru kurang matang dalam mempersiapkan seperangkat pembelajarannya sehingga menghambat dalam pelaksanaan pembelajaran; serta kurangnya sarana yang tersedia dalam menunjang pembelajaran.  3) upaya yang dilakukan guru mengkombinasikan beberapa metode pembelajaran misalnya kombinasi penggunaan metode ceramah tanya jawab dan tugas, metode ceramah diskusi dan tugas, metode ceramah demonstrasi dan eksperimen, dan lain sebagainya serta meningkatkan keterampilan mengajar khususnya keterampilan menggunakan metode yang bervariasi dalam pembelajaran yang baik dan terarah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anonim. Al-Quran dan Terjemah, Jakarta: Departemen Agama RI.

Akbar Zainudin, Man Jadda Wajada, Jakarta: Kompas Gramedia, 2010

Beni Ahmad Saebeni, Hendra Akhdiyat, Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2012.

Desmita, Psikolgi Perkembangan Peserta Didik, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Juliansyah Noor, Metodologi Penelitian, Jakarta: Kencana, 2011.

Mulyani Sumantri, Nana Syaodih, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Universitas Terbuka 2010.

Muzayyin Arifin, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara2011.

Nasution, Didaktik Asas-asas Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2012

Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Setyadi. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006 hal 219

Sugiyono, Haryanto, Belajar dan pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Syamdani, 8 Keterampilan Dasar Mengajar, Jakarta: Teras, 2013.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru & sDosen.

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-17

Cara Mengutip

Adawiyah, F. (2021). VARIASI METODE MENGAJAR GURU DALAM MENGATASI KEJENUHAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 68–82. https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3316