PELAKSANAAN PROGRAM SMART CLASS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.37304/paris.v2i2.4124Kata Kunci:
Pelaksanaan; Program Smart Class; Madrasah Aliyah Negeri 1 PekanbaruAbstrak
Smart Class merupakan konsep yang memadukan teknologi digital dan pendidikan. Dimana siswa dan siswi belajar memanfaatkan teknologi device atau tablet, didalam kegiatan proses belajar mengajar. Dalam hal ini MAN 1 Pekanbaru mengembangkan makna dari Smart Class tersebut dengan membentuk beberapa bidang khusus dalam pelaksanaan program Smart Class. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pelaksanaan program smart class di MAN 1 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah guru dan sekaligus pembina smart class perbidangnya di MAN 1 Pekanbaru yang berjumlah 4 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan program smart class di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunanakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisis Deskriptif Kuantitatif. Berdasarkan analisis data dapat diperoleh pelaksanaan program smart class di dikategorikan sudah terlaksana dengan sangat baik, hasil observasi sebesar 90,688% berada pada rentang 81-100 %. Faktor pendukung yang mempengaruhi pelaksanaan program smart class di MAN 1 Pekanbaru meliputi minat dan bakat siswa yang sangat kuat dan serius dalam mengikuti pembelajaran, sarana dan prasarana yang baik dan lengkap, serta tenaga pendidik yang ahli dibidangnya dan dukungan yang baik pula dari bapak kepala Madrasah.
Kata Kunci: Pelaksanaan, Program Smart Class
Unduhan
Referensi
Adetya, A., Sakman, S., & Saefulloh, A. (2021). Bentuk Pelaksanaan Ice Breaking Jenis Storytelling Yang Dilakukan Oleh Guru Dalam Pembelajaran Ppkn Siswa Kelas Viii Di Smp Kristen Palangka Raya. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 577. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.577-588.2021
Andi Murniati, Marzuki. (2015). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Pekanbaru: Al-Mujtahadah Press.
Anshori, M., & Iswati, S. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif: edisi 1. Airlangga University Press.
Bafadal, Ibrahim. (2013). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar dari Sentralisasi Menuju Desentralisasi. Surakarta: Pustaka Mandiri.
Darwis, Amri. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Islam: Pengembangan Berparadigma Islami, Pekanbaru: Suska Press.
DHAKA, B. (2018). A smart class handler. PhD Diss., Daffodil International University.
Fadhil, M. (2017). Pengembangan Manajemen Pendidikan pada Madrasah Unggul. Lampung: Raja Digital.
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran.
Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Studi Deskriptif kuantitatif tentang aktivitas belajar mahasiswa dengan menggunakan media pembelajaran edmodo dalam pembelajaran sejarah. Jurnal Artefak, 7(1).
Putra, Nusa. (2012). Metode Penelitian kualitatif pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rahmawati, E. R., & Budirahayu, T. (2021). Teachers as a panopticon for smart class students during distance learning. Jurnal Sosiologi Dialektika, 16(2), 97–107.
Ramadhayanti, A. (2019). Aplikasi SPSS untuk Penelitian dan Riset Pasar. Elex media komputindo.
Sahadi, S., Ardhiansyah, M., & Husain, T. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa/i Kelas Unggulan Menggunakan Metode AHP dan TOPSIS. Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 1(2), 153–167.
Santoso, B., Rusanti, N., Habibi, A. R., & Fitria, V. A. (2020). Implementasi Smart Class Berbasis IoT di Institut Teknologi Dan Bisnis Asia Malang. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 14(2), 109–118.
Shimi, S. L. (2018). Implementation of smart class room using WAGO PLC. 2018 2nd International Conference on Inventive Systems and Control (ICISC), 807–812.
Suhono, S. (2019). PROVIDING EXPLICIT STRATEGY INSTRUCTION TO ENHANCE STUDENTS’READING COMPREHENSION AT ENGLISH FOR ISLAMIC STUDIES CLASS. Jurnal Smart, 5(2), 81–93.
Trisandi, T., & Salam, A. A. (2020). Strategi kepala sekolah dalam mewujudkan kelas unggulan di SMA Sains Al-qur’an Wahid Hasyim Yogyakarta. MANAGERE: Indonesian Journal of Educational Management, 2(2), 196–206.
Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun (2003), Tentang sistem pendidikan nasional.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 M. Dwi Rahman Sahbana
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.