IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DINAS PENDIDIKAN KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA KABUPATEN KAMPAR DALAM PEMERATAAN TENAGA GURU KONTRAK DALAM MENDAPATKAN TUNJANGAN PROFESI

Penulis

  • Muhammad Rezieq Kausarri Program Studi Ilmu Pemerintahan, Universitas Islam Riau
  • Nina Yuslaini Program Studi Ilmu Pemerintahan, Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v5i1.15702

Kata Kunci:

Dinas, Tenaga Guru Kontrak, Implementasi, Kebijakan.

Abstrak

Program pemerataan tenaga guru kontrak merupakan salah satu Upaya  penting dalam mengurangi masalah kekurangan tenaga guru kontrak disekolah negeri milik pemerintah daerah, termasuk di kabupaten kampar. Kecamatan Kampa dipilih sebagai fokus implementasi program ini oleh Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga untuk mengatasi masalah kebutuhan tenaga guru yang signifikan. Implementasi program ini melibatkan berbagai strategi, antara lain penguatan kerja sama antar sektor serta peningkatan edukasi dan sosialisasi kepada  tenaga guru kontrak tentang peningkatan kualitas sumber daya manusia, monitoring dan menyesuaikan strategi interverensi sesuai kebutuhan yang terindentifikasi. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan peningkatan kesadaran pemerintah daerah tentang program pemerataan tenaga guru kontrak seperti perubahan perilaku yang lambat tetap menjadi fokus perbaikan dalam menjaga keberlanjutan program ini. Program pemerataan tenaga guru kontrak oleh Dinas pendidikan kepemudaan dan olahraga kabupaten kampar menunjukan progress yang positif dalam upaya masalah kebutuhan tenaga guru kontrak. Untuk memastikan program ini akan berhasil dalam jangka panjang dan meningkatkan kebutuhan tenaga guru kontrak secara keseluruhan, langkah selanjutnya diperlukan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah, M., Filsafat, J., Pendidikan, K., & Uny, F. I. P. (2019). Implementasi Kebijakan Penataan Dan Pemerataan Guru Pns Pada Jenjang Sd Di Dinas Pendidikan the Implementation of the Civil Servant Teacher ’ S Arrangement and. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 8, 72–77. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/sakp/article/view/15846%0Ahttps://journal.student.uny.ac.id/index.php/sakp/article/viewFile/15846/15331

Brownson, R. C., Kumanyika, S. K., Kreuter, M. W., & Haire-Joshu, D. (2021). Implementation science should give higher priority to health equity. Implementation Science, 16(1), 28. https://doi.org/10.1186/s13012-021-01097-0

Capano, G., & Howlett, M. (2020). The Knowns and Unknowns of Policy Instrument Analysis: Policy Tools and the Current Research Agenda on Policy Mixes. SAGE Open, 10(1), 215824401990056. https://doi.org/10.1177/2158244019900568

Caron, J., & Markusen, J. R. (2016). 済無No Title No Title No Title. 1672, 1–23.

Chankseliani, M., Qoraboyev, I., & Gimranova, D. (2021). Higher education contributing to local, national, and global development: new empirical and conceptual insights. Higher Education, 81(1), 109–127. https://doi.org/10.1007/s10734-020-00565-8

Cresswell, L., Hinch, R., & Cage, E. (2019). The experiences of peer relationships amongst autistic adolescents: A systematic review of the qualitative evidence. Research in Autism Spectrum Disorders, 61, 45–60.

Davidovitz, M., & Cohen, N. (2023). Politicians’ involvement in street-level policy implementation: Implications for social equity. Public Policy and Administration, 38(3), 309–328. https://doi.org/10.1177/09520767211024033

Dikti, G., Jenderal, L., Pintu, S., Penelitian, D., Hapsoro, S., Utomo, T., Kompetitif, H., Sesuai, P., & Nasional, P. (2009). Pendidikan Tinggi. 021.

Glyptis, L., Christofi, M., Vrontis, D., Del Giudice, M., Dimitriou, S., & Michael, P. (2020). E-Government implementation challenges in small countries: The project manager’s perspective. Technological Forecasting and Social Change, 152, 119880.

Hajizadeh, A., Zamanzadeh, V., Kakemam, E., Bahreini, R., & Khodayari-Zarnaq, R. (2021). Factors influencing nurses participation in the health policy-making process: a systematic review. BMC Nursing, 20(1), 128. https://doi.org/10.1186/s12912-021-00648-6

Hornung, J. (2022). Political Institutions and Public Policy. In The Institutions of Programmatic Action: Policy Programs in French and German Health Policy (pp. 67–111). Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-031-05774-8_3

Inpassing, M. P., Reformasi, D. A. N., & Republik, B. (2018). Kebijakan pengangkatan pns dalam jabatan fungsional melalui penyesuaian/inpassing (peraturan menteri panrb no. 42 tahun 2018 ). 42.

Isma, F., AR, M., & Niswanto. (2017). Analisis KebijakanPerencanaan Kebutuhan Guru SMA di Kabupaten Aceh Tengah. Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 5(4), 253–261.

Jones, S. (2022). How University Staff Are Talked About. In Universities Under Fire: Hostile Discourses and Integrity Deficits in Higher Education (pp. 43–84). Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-030-96107-7_2

Kemensekneg RI. (2017). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 ,2017 Tentang Guru. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017, Volume 09(Nomor 03), Hal 270.

Köseoglu, M. A., Altin, M., Chan, E., & Aladag, O. F. (2020). What are the key success factors for strategy formulation and implementation? Perspectives of managers in the hotel industry. International Journal of Hospitality Management, 89, 102574. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2020.102574

Kupiec, T., Wojtowicz, D., & Olejniczak, K. (2023). Structures and functions of complex evaluation systems: comparison of six Central and Eastern European countries. International Review of Administrative Sciences, 89(1), 202–220. https://doi.org/10.1177/00208523211026964

Leong, C., & Howlett, M. (2022). Policy Learning, Policy Failure, and the Mitigation of Policy Risks: Re-Thinking the Lessons of Policy Success and Failure. Administration & Society, 54(7), 1379–1401. https://doi.org/10.1177/00953997211065344

Mansir, F. (2020). KESEJAHTERAAN DAN KUALITAS GURU SEBAGAI UJUNG TOMBAK PENDIDIKAN NASIONAL ERA DIGITAL. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 293. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.829

McQuinn, B., Terry, F., Kaplan, O., & Gutiérrez-Sanin, F. (2021). Introduction: promoting restraint in war. International Interactions, 47(5), 795–824. https://doi.org/10.1080/03050629.2021.1931864

Mendikbud. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 38 Tahun 2020 Tentang Tata Cara Memperoleh Sertifikat Pendidik Bagi Guru Dalam Jabatan. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–18.

Moleong, L. J., & Edisi, P. (2004). Metodelogi penelitian. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya, 3(01).

Nilsen, P. (2020). Making Sense of Implementation Theories, Models, and Frameworks. In Implementation Science 3.0 (pp. 53–79). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-03874-8_3

Nugraha, A. R., Setianingsih, E., Putri, F. W., Jaelani, W. R., & Vichaully, Y. (2022). Problematika Guru Honorer dan Guru Nondik di Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10019–10025. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/4009%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/4009/3341

Olejniczak, K., Śliwowski, P., & Leeuw, F. (2020). Comparing Behavioral Assumptions of Policy Tools: Framework for Policy Designers. Journal of Comparative Policy Analysis: Research and Practice, 22(6), 498–520. https://doi.org/10.1080/13876988.2020.1808465

Rahmanti, N. (2022). Problematika Dan Strategi Dinas Pendidikan Terhadap Ketidakmerataan Tenaga Pendidik. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2175–2186. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.535

Rogers, L., De Brún, A., & McAuliffe, E. (2020). Defining and assessing context in healthcare implementation studies: a systematic review. BMC Health Services Research, 20(1), 591. https://doi.org/10.1186/s12913-020-05212-7

Sauri, S. (2003). Strategi pembangunan bidang pendidikan untuk mewujudkan pendidikan bermutu. 1–23.

Seksi Informasi Hukum – Ditama Binbangkum. (1945). Prosedur Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Berdasarkan Peraturan Perundang-Undangan. 4.

Shrestha, M. (2021). Access to Basic Services and Its Linkage with Ending Poverty. In No Poverty (pp. 1–12). Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-319-95714-2_1

Taylor, B. M., & Eberhard, R. (2020). Practice change, participation and policy settings: A review of social and institutional conditions influencing water quality outcomes in the Great Barrier Reef. Ocean & Coastal Management, 190, 105156. https://doi.org/10.1016/j.ocecoaman.2020.105156

Toropova, A., Myrberg, E., & Johansson, S. (2021). Teacher job satisfaction: the importance of school working conditions and teacher characteristics. Educational Review, 73(1), 71–97. https://doi.org/10.1080/00131911.2019.1705247

Undang-Undang RI No. 18 Tahun 1997. (1997). Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 1985 Tentang Jalan, 1, 1–5. https://www.ojs.uma.ac.id/index.php/jurnalakundanbisnis/article/view/2455/pdf1

Wegmann, S. (2022). Policy-making power of opposition players: a comparative institutional perspective. The Journal of Legislative Studies, 28(1), 1–25. https://doi.org/10.1080/13572334.2020.1843233

Widoyoko, R. (2019). Faktor Percaya Diri Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Prakerta (Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran Bahasa Indonesia), 1(02), 210–217.

Wu, Y., Shan, J., & Choguill, C. L. (2021). Combining behavioral interventions with market forces in the implementation of land use planning in China: A theoretical framework embedded with nudge. Land Use Policy, 108, 105569. https://doi.org/10.1016/j.landusepol.2021.105569

Yu, Y., Junjan, V., Yazan, D. M., & Iacob, M.-E. (2022). A systematic literature review on Circular Economy implementation in the construction industry: a policy-making perspective. Resources, Conservation and Recycling, 183, 106359. https://doi.org/10.1016/j.resconrec.2022.106359

Yuslaini, N. (2017). Political Participation And Electoral Society. Proceedings of the International Conference on Democracy, Accountability and Governance (ICODAG 2017), 330–331. https://doi.org/10.2991/icodag-17.2017.63

Yuslaini, N., Sumadinata, R. W. S., Fedryansyah, M., Abdillah, A., Prianto, A. L., & Febriyanti, D. (2023). Sustainable investment strategies in the palm oil industry in Indonesia. Journal of Infrastructure, Policy and Development, 7(3), 2288. https://doi.org/10.24294/jipd.v7i3.2288

Yuslaini, N., Suwaryo, U., Deliarnoor, N. A., & Sri Kartini, D. (2023). Palm oil industry and investment development in Dumai City, Indonesia: A focus on local economy development and sustainability. Cogent Social Sciences, 9(1), 2235780. https://doi.org/10.1080/23311886.2023.2235780

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-21

Cara Mengutip

Kausarri, M. R., & Yuslaini, N. (2024). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DINAS PENDIDIKAN KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA KABUPATEN KAMPAR DALAM PEMERATAAN TENAGA GURU KONTRAK DALAM MENDAPATKAN TUNJANGAN PROFESI . Jurnal Paris Langkis, 5(1), 213–223. https://doi.org/10.37304/paris.v5i1.15702