PROFESIONALITAS GURU MELALUI PENDEKATAN EMPAT PILAR PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA

Penulis

  • Deded Pratama Universitas Dharmas Indonesia (UNDHARI)

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v1i2.2482

Kata Kunci:

Profesionalitas Guru, Pendekatan Empat Pilar Pendidikan dan Mengembangkan Nilai-Nilai Karakter

Abstrak

Profesionalitas guru merupakan kemampuan dan keahlian disertai skill yang ada pada diriguru tersebut di dalam menjalankan profesinya sebagai pengajar dan pendidik agar bisa menghantarkan siswa dalam membangun nilai-nilai karakter selama masa pendidikan dijalaninya. Untuk mencapai hal itu semua dalam melakoninya guru hendaknya memenuhi syarat menjadi seorang guru dan sesuai spesifik serta kualifikasi di bidang keguruan yang telah dilaluinya yang berpengetahuan, berpemahaman, dan penguasaan bidang keilmuan dengan beriorentasi kepada empat pilar pendidikan yakni learning to know, learning to do, learning to be, learning to life together sebagai ranah acuan yang menghiasi dalam setiap proses pembelajaran dan program yang dilakukan di sekolah. Hal ini dapat menunjukkan kinerja guru yang profesional dan dapat menciptakan pembelajaran bagi siswa yang lebih memperioritaskan pengembangan nilai-nilai karakter.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto,Suharsimi,Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta, 1998

Barnawi dan M. Arifin, Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter, Jogjakarta : Ar Ruzz Media, 2012

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia,Jakarta : Balai Pustaka, 1990

Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran,Jakarta: Bumi Aksara, 2010

..............., Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara, 2004, Cet. ke-3

Hartati, Netty dkk, Islam dan Psikologi, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2004

Istarani, 10 Kompetensi Wajib Guru PAI, Medan : Larispa, 2015

Kaswardi, Pendidikan Nilai Memasuki Tahun 2000, Jakarta : PT. Grasindo, 1993

KBBI, Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Jakarta : Balai Pustaka, 1990

Kunandar, Guru Profesional Implementasi Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta : Rajawali Press. 2007

L.N, Yusuf, Syamsu dan Nani M. Sugandhi, Perkembangan Peserta Didik,Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2012

Lubis, Mawardi Evaluasi Pendidikan Nilai, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2008

Mastuhu, Menata Ulang Pemikiran Sistem Pendidikan Nasional dalam Abad 21,Yogyakarta : Safiria Insania Pers, 2003

Megawangi, Ratna Pendidikan Karakter, Solusi yang tepat untuk Membangun Bangsa,Bogor : Indonesia Heritage Foundation, 2004

Megawangi, Ratna Pendidikan Karakter, Solusi yang tepat untuk Membangun Bangsa,Bogor : Indonesia Heritage Foundation, 2004

Mudhafir,Ali, Pendidik Profesional (Konsep, Strategi dan Aplikasinya dalam Peningkatan Mutu Pendidik di Indonesia ), Jakarta : Rajawali Pers, 2013 Cet. 1, Ed. 1

Mulyasa,E. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya, 2006

..................., Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2011

.................., Menjadi Guru Profesional (Menciptakan PembelajaranKreatif dan Menyenangkan),Bandung : Remaja Rosda karya, 2007

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam,Jakarta : Kalam Mulia, 2012

Sagala,SyaifulKemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan,Bandung: Alfabeta, 2009

Sahabudin, Koiy Harahap, Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Membentuk Karakter Peserta Didik di SD Islam Terpadu Adzkia Padang, PPS IAIN IB Padang, 2012

Salahuddin, Anas Pendidikan Karakter (Berbasis Agama dan Budaya), Bandung : Pustaka Setia, 2013

Salim, Hadiyah Tarjamah Mukhtarul Al-Hadits,Bandung : Al-Ma’arif, 1985, Cet ke 4

Samani, Muchlas dan Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2011, Cet. Ke-1

Siahaan, Amiruddin dan Wahyuli Lius Zen, Paradigma Baru Administrasi Pendidikan (Peningkatan Kualitas Managemen SDM Satuan Pendidikan), Bandung : Citapustaka Media Perintis, 2010

Sindhunata,Menggagas Paradigma Baru Pendidikan, Demokartisasi, Otonomi, Civil Society, 2001

Suhendar, Endang, Peningkatan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam DalamUpaya Optimalisasi Pembinaan Akhlak Peserta Didik, Cirebon :PPS IAIN Syekh Nurjati, 2012

Suyono dan Hariyantio, Implementasi Belajar dan Pembelajaran,Bandung : Remaja Rosdakarya, 2015, Cet. 1

Suyono dan Hariyantio, Implementasi Belajar dan Pembelajaran,Bandung : Remaja Rosdakarya, 2015, Cet. 1

Syaefudin, Udin Sa’ud, Pengembangan Profesi Guru,Bandung : Alfabeta, 2010

Syaodih, Nana Sukmadinata, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003 Cet. Ke-3

Udin Syaefudin Sa’ud, Pengembangan Profesi Guru, (Bandung : Alfabeta, 2010), h. 7

Usman,Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya : 2011

Yahya,Murip, Profesi dan Tenaga Kependidikan, Bandung : Pustaka Setia : Pustaka Setia, 2013

Zubaiedi, Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kharisma Putera Utama, 2011

Unduhan

Diterbitkan

2021-03-20

Cara Mengutip

Pratama, D. (2021). PROFESIONALITAS GURU MELALUI PENDEKATAN EMPAT PILAR PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA . Jurnal Paris Langkis, 1(2), 126–139. https://doi.org/10.37304/paris.v1i2.2482

Terbitan

Bagian

Articles