KOLABORASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM UPAYA INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SUNGAI GELAM KABUPATEN MUARO JAMBI.

Penulis

  • Drajat Udin Stitad

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v1i2.2451

Kata Kunci:

Kolaborasi, Internalisasi, Nilai-Nilai Pendidikan Islam

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah banyaknya prilaku siswa yang tidak tersentuh oleh nilai-nilai Islam. salah satu masalah yang dihadapi peserta didik seperti masalah ibadah, akhlak, dan sosial. Penelitian ini  lebih menekankan kepada langkah-langkah nyata yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam yang berkolaborasi dengan guru bimbingan dan konseling dalam upaya internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kolaborasi guru pendidikan agama Islam dengan guru bimbingan dan konseling dalam upaya internalisasi nilai-niali pendidikan agama Islam, mengetahui sebab internalisasi belum terinternalisasi ,mengetahui faktor pendukung dan penghambat. Metode pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap tekhnik analisis data meliputi Analisis Domain, Analisis Taksonomi, Analisis Komponensial, sedangkan pengecekan keterpercayaan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keanjengan pengamatan, triangulasi data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru pendidikan agama Islam dengan guru bimbingan dan konseling sudah berusaha melakukan kolaborasi dalam upaya internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam namun yang menjadi penghambat yaitu guru pendidikan agama Islam dengan guru bimbingan dan konseling yang  mempunyai kesibukan yang berbeda-beda sehingga menyebabkan keterbatasan koordinasi.

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sudah adanya kolaborasi yang terjalin antara guru pendidikan agama Islam dengan guru bimbingan dan konseling, dengan menyadari fungsi dan perannya masing-masing.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Al-Qur’an dan Terjemahnya, Departemen Agama RI, Bandung: J-Art, 2004

Anita Woolfolk, Educational Psychology Active Learning Edition, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009

Ali Mudlofir, Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dan Bahan Ajar Dalam Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2011

Ahmad Munjin Nasih dan Lilik Nur Kholidah, Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bandung: PT Refika Aditama, 2013

Bukhari Umar, Hadis Tarbawi Pendidikan Dalam Perspektif Hadis, Jakarta: Amzah, 2012

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2013

Elizabert E. Barkley, K. Patricia Cross dan Claire Howell Major, Collaborative Learning Techniqques, Bandung: Nusa Media, 2014

Darwyan Syah, Djazimi, dan Supardi, Pengembangan Evaluasi Sistem Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Diadit Media, 2009

Muzayyin Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2012

Muslich Shabir, Terjemah Riyadhus Shalihin, Semarang : Toha Putra, 2004

Saefulloh, A. (2018). Muhasabah Sebagai Upaya Rehabilitasi Eks-Pecandu Narkoba Di Yayasan Suci Hati Padang. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 44–56. https://doi.org/10.31538/nidhomulhaq.v3i1.101

Saefulloh, A., & Famularsih, S. (2019). This research tries to see the novelty of sports in general . The novelty that wants to be studied in this study is that sporting activities can be used as worship activities by reciting the dhikr on every sports movement performed . So , the Mahatma spor. 5.

Supardi, Sekolah Efektif Konsep Dasar dan Praktiknya, Jakarta: Rajawali Pers,2013

Samsul Munir Amin, Bimbingan dan Konseling Islam, Jakarta: Amzah, 2010

Sri Minarti, Ilmu Pendidikan Islam Fakta Teoritis-Filosofis dan Aplikatif-Normatif, Jakarta: Amzah, 2013

Sutrisno dan suyatno, Pendidikan Islam di Era Peradaban Modern,Jakarta: FrenadaMedia Group, 2015

Tohirin, Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi), Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011

Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014

Zuzanti, Z., Suharti, M., Saefulloh, A., Studi, P., Konseling, B., Indonesia, S. B., & Raya, U. P. (2020). PERAN GURU PEMBIMBING DALAM MEMBINA KOMUNIKASI INTERPERSONAL PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 4 PADANG. 10(02), 206–217.

Unduhan

Diterbitkan

2021-03-20

Cara Mengutip

Udin, D. (2021). KOLABORASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM UPAYA INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SUNGAI GELAM KABUPATEN MUARO JAMBI. Jurnal Paris Langkis, 1(2), 113–125. https://doi.org/10.37304/paris.v1i2.2451

Terbitan

Bagian

Articles