KOLABORASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM UPAYA INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SUNGAI GELAM KABUPATEN MUARO JAMBI.
DOI:
https://doi.org/10.37304/paris.v1i2.2451Kata Kunci:
Kolaborasi, Internalisasi, Nilai-Nilai Pendidikan IslamAbstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah banyaknya prilaku siswa yang tidak tersentuh oleh nilai-nilai Islam. salah satu masalah yang dihadapi peserta didik seperti masalah ibadah, akhlak, dan sosial. Penelitian ini lebih menekankan kepada langkah-langkah nyata yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam yang berkolaborasi dengan guru bimbingan dan konseling dalam upaya internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kolaborasi guru pendidikan agama Islam dengan guru bimbingan dan konseling dalam upaya internalisasi nilai-niali pendidikan agama Islam, mengetahui sebab internalisasi belum terinternalisasi ,mengetahui faktor pendukung dan penghambat. Metode pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap tekhnik analisis data meliputi Analisis Domain, Analisis Taksonomi, Analisis Komponensial, sedangkan pengecekan keterpercayaan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keanjengan pengamatan, triangulasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru pendidikan agama Islam dengan guru bimbingan dan konseling sudah berusaha melakukan kolaborasi dalam upaya internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam namun yang menjadi penghambat yaitu guru pendidikan agama Islam dengan guru bimbingan dan konseling yang mempunyai kesibukan yang berbeda-beda sehingga menyebabkan keterbatasan koordinasi.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sudah adanya kolaborasi yang terjalin antara guru pendidikan agama Islam dengan guru bimbingan dan konseling, dengan menyadari fungsi dan perannya masing-masing.
Unduhan
Referensi
Al-Qur’an dan Terjemahnya, Departemen Agama RI, Bandung: J-Art, 2004
Anita Woolfolk, Educational Psychology Active Learning Edition, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009
Ali Mudlofir, Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dan Bahan Ajar Dalam Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2011
Ahmad Munjin Nasih dan Lilik Nur Kholidah, Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bandung: PT Refika Aditama, 2013
Bukhari Umar, Hadis Tarbawi Pendidikan Dalam Perspektif Hadis, Jakarta: Amzah, 2012
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2013
Elizabert E. Barkley, K. Patricia Cross dan Claire Howell Major, Collaborative Learning Techniqques, Bandung: Nusa Media, 2014
Darwyan Syah, Djazimi, dan Supardi, Pengembangan Evaluasi Sistem Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Diadit Media, 2009
Muzayyin Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2012
Muslich Shabir, Terjemah Riyadhus Shalihin, Semarang : Toha Putra, 2004
Saefulloh, A. (2018). Muhasabah Sebagai Upaya Rehabilitasi Eks-Pecandu Narkoba Di Yayasan Suci Hati Padang. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 44–56. https://doi.org/10.31538/nidhomulhaq.v3i1.101
Saefulloh, A., & Famularsih, S. (2019). This research tries to see the novelty of sports in general . The novelty that wants to be studied in this study is that sporting activities can be used as worship activities by reciting the dhikr on every sports movement performed . So , the Mahatma spor. 5.
Supardi, Sekolah Efektif Konsep Dasar dan Praktiknya, Jakarta: Rajawali Pers,2013
Samsul Munir Amin, Bimbingan dan Konseling Islam, Jakarta: Amzah, 2010
Sri Minarti, Ilmu Pendidikan Islam Fakta Teoritis-Filosofis dan Aplikatif-Normatif, Jakarta: Amzah, 2013
Sutrisno dan suyatno, Pendidikan Islam di Era Peradaban Modern,Jakarta: FrenadaMedia Group, 2015
Tohirin, Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi), Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011
Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014
Zuzanti, Z., Suharti, M., Saefulloh, A., Studi, P., Konseling, B., Indonesia, S. B., & Raya, U. P. (2020). PERAN GURU PEMBIMBING DALAM MEMBINA KOMUNIKASI INTERPERSONAL PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 4 PADANG. 10(02), 206–217.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Drajat Udin
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.