ANALISIS KRITIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPA TERPADU DAN KAITANNYA DENGAN MUTU PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3345Kata Kunci:
mutu pendidikan, kurikulum 2013, pembelajaran IPA terpadu, pendidikan karakterAbstrak
Penelitian ini membahas analisis kritis terhadap kondisi mutu pendidikan di Indonesia yang masih meprihatinkan, dimana kondisi ini memiliki hubungan dengan krisis karakter yang terjadi pada anak didik di Indonesia pada tahun belakangan. Salah satu upaya menanggulangi krisis karakter adalah melalui pendidikan karakter yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara kritis bagaimana pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA terpadu dapat menjadi solusi dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif agar dapat menghasilkan deskriptif yang sistematis dan objketif mengenai fakta dan unsure yang ada dalam penelitian. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa Sesuai Kurikulum 2013 pembelajaran IPA di SMP tidak lagi berSifat disiplin ilmu melainkan integrative science atau terpadu. Perubahan kurikulum ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Melalui pembelajaran IPA secara terpadu pembelajaran tidak hanya terfokus pada kognitif melainkan juga pada skill dan sikap. Ketiga aspek ini merupakan komponen yang harus dimiliki siswa untuk dapat membentuk karakter baik pada siswa. Dengan terbentuknya karakter baik pada siswa diharapkan akan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Karena pembentukkan karakter yang baik pada anak merupakan tujuan dari pendidikan nasional dan ketercapaian tujuan pendidikan nasional merupakan tolak ukur mutu pendidikan.
Unduhan
Referensi
Amri, Sofan, dkk. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran.Jakarta : Prestasi Pustaka.
B. uno, Hamzah. 2009. Profesi kependidikan . Jakarta: Bumi Aksara.
Departement Pendidikan dan Kebudayaan, Pembelajaran IPA terpadu, 1996:3
Departemen Pendidikan Nasional, 2002, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah Konsep Dasar, Jakarta : Ditjend Pendidikan Dasar dan Menengah, Ditjen SLTP.
Halbur,Duane A & Kimberly A. Vess.. 2003. Character Education: What Counselor Educators Need to Know.University of North Carolina at Greensboro,: ERIC
Kesuma, Darma, dkk. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: Rosdakarya.
Kementerian Pendidikan Nasional, Pengembangan dan Pendidikan Budaya & Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah, 2009: 9-10
Mulyasa E., 2005.Menjadi Kepala Sekolah Profesional, dalam Menyukseskan MBS dan KBK, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Rohman, Muhammad. 2012.Kurikulum Berkarakter.Jakarta : Pertasi Pustaka
Wilujeng, Insih.2011. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPA (sains). FMIPA UNY.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Sanimah M.Pd, Sri wahyuni
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.