MINAT SANTRI TERHADAP PENDIDIKAN SENI BACA AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN DARUD DA’WAH WAL IRSYAD AMBO DALLE (DDI-AD) KOTA JAYAPURA.
DOI:
https://doi.org/10.37304/paris.v5i1.19405Kata Kunci:
Minat Santri; Seni Baca al-Qur’an; Pondok Pesantern Darud Da’wah Wal Irsyad Ambo Dalle; JayapuraAbstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui minat santri dalam mengikuti program pendidikan dan pelatihan seni baca Al Quran dengan nada tilawah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu untuk memberikan gambaran tentang minat santri terhadap pendidikan seni Baca al-Qur’an di Pondok Pesantern Darud Da’wah Wal Irsyad Ambo Dalle kota Jayapura. Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun subjek yang diteliti adalah para santri yang mengikuti program pembelajaran seni baca Al Quran dengan nada tilawah. Hasil penelitian menunjukkan santri di Pondok Pesantern Darud Da’wah Wal Irsyad Ambo Dalle kota Jayapura, memiliki minat yang sangat besar dalam mempelajari seni baca al-Qur’an dengan nada tilawah. Terlihat santri sangat antusias dan memliki minat yang sangat tinggi dalam mengikuti program pelatihan tilawah, disebabkan adanya motivasi-motivasi dari para ustadz/ guru tilawah tentang manfaat dan pentingnya menguasai baca Al Quran dengan nada tilawah baik manfaat yang dapat diperoleh saat berada di dalam pesantren atau saat telah berada pada lingkungan masyarakat.
Unduhan
Referensi
Afidatul Faizah, Binti Khoiriyah Elfin Nida Nur Afia, Narti, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Al- Qur ’ an. Mudarrisuna, 10(4), 585–601.
Araniri, N., Kunci, K., Guru, K., & Islam, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru Agama Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1, March), 75–83. https://doi.org/10.5281/zenodo.3552011
Cucu, C., & Mardiyati, I. (2019). Halaqah Keluarga Di Era Milenial Perspektif Psikologi Dakwah. Raheema, 6(2), 227–244.
Faiza, F. (2023). Kompetensi Seni Baca Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Tilawah Santri di Pondok Pesantren an-Najah. Journal of Educational Research, 2(1), 171–188. https://doi.org/10.56436/jer.v2i1.213
Fatoni, M. A. C. A. (2022). Upaya meningkatkan minat baca al- qur’an melalui kegiatan pesantren kilat di dkm al-ikhlas kampung kiara kohok kab garut. 1(2), 69–75.
Haki, U. (2020). Pengaruh Pengetahuan Zakat dan Citra Lembaga Terhadap Minat Muzakki dalam Membayar Zakat Fitrah. Syi`ar Iqtishadi : Journal of Islamic Economics, Finance and Banking, 4(1), 81. https://doi.org/10.35448/jiec.v4i1.8182
Hanifal Fauzy, Arief, Z. A., & Muhyani, M. (2019). Strategi Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Bahasa Arab. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 112. https://doi.org/10.32832/tawazun.v12i1.1843
Hidayat, N. (2011). Peran Dan Tantangan Pendidikan Agama Islam Di Era Global. Jurnal Pendidikan, 12(1), 61–74.
Jannah, M. (2017). Musabaqah Tilawah Al-Qur’an Di Indonesia (Festivalisasi Al-Qur’an Sebagai Bentuk Resepsi Estetis). Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 15(2), 87. https://doi.org/10.18592/jiiu.v15i2.1291
Lukita, J. (2023). Pelestarian Dan Perkembangan Nagham Al-Quran. Jalsah : The Journal of Al-Quran and As-Sunnah Studies, 3(2), 1–20. https://doi.org/10.37252/jqs.v3i2.562
Nimah, S., Firdaus, & Hamzah, A. (2021). Korelasi Hasil Belajar Ilmu Tajwid Dengan Tingkat Kemampuan Membaca Al-Qur’an Mahasiswa Prodi Iat Iai Muhammadiyah Sinjai. Jurnal Al-Mubarak: Jurnal Kajian Al-Qur’an Dan Tafsir, 6(1), 1–20. https://doi.org/10.47435/al-mubarak.v6i1.491
Putri, D. K., Handayani, M., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 649. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.418
Setiyani, R., Badruzzaman, N., & Muhajang, T. (2018). Pengaruh Penguasaan Ilmu Tajwid Terhadap Minat Membaca Al-Qur’an. Proceedings - Open Access Journal, 1(01), 105–110.
Suryati, S. (2017). Teknik Vokalisasi Seni Baca A l-Qur’an dalam Musabaqoh Tilawatil Qur’an. Promusika, 5(1), 47–52. https://doi.org/10.24821/promusika.v5i1.2286
Zulkarnainsyah, Muhammadiyah, , Rita Kencana, S., & Zulkifli. (2024). Pendampingan Pembelajaran Tilawah di Masjid Nurul Jama’ah Desa Teluk Kelasa. 45–61.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Zaidir, Sri Wahyuni, Safaruddin Yahya

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.