PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA

Penulis

  • Alfiani Damayanti Universitas Megarezky
  • Arismundar Universitas Negeri Makassar
  • Ismail Tolla Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.37304/jpl.v6i1.17270

Kata Kunci:

Media pembelajaran interaktif, minat belajar, siswa

Abstrak

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk membahas pengaruh media belajar interaktif terhadap minat belajar siswa. Media interaktif adalah alat belajar yang mengajak siswa untuk aktif, seperti aplikasi atau game edukasi di komputer dan perangkat mobile. Banyak penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media ini meningkatkan semangat belajar siswa. Kami mengulas beberapa aspek penting, termasuk jenis media yang efektif, cara penerapannya di kelas, dan dampaknya pada motivasi belajar siswa. Pembahasan juga mencakup tantangan dan peluang dalam menggunakan media interaktif dalam pembelajaran. Kesimpulannya, media belajar interaktif berpotensi besar meningkatkan minat belajar siswa, namun perlu diterapkan dengan tepat agar sesuai kebutuhan pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.
##doi.editor.displayName##: 10.37304/jpl.v6i1.17270 DOI URL: https://doi.org/10.37304/jpl.v6i1.17270
Lihat: 0 | ##article.downloads##: 0

Referensi

Solikah, H. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi teks persuasif kelas VIII di SMPN 5 Sidoarjo tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Mahasiswa UNESA, 7(3), 1-8.

Putri, D. N. S., Islamiah, F., Andini, T., & Marini, A. (2022). Analisis Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(2), 363- 374.

Mafruhah, S., Sulistiani, I. R., & Mustafida, F. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi (kahoot) terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMAI Al-Maarif Singosari Malang. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 4(7), 23-29.

Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran ekonomi. Jurnal teknologi informasi & komunikasi dalam pendidikan , 2 (2), 187-200.

Pratama, M. P., & Hasanah, F. N. (2024). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA SD. EDUPROXIMA (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN IPA), 6(1), 311-319.

Damayanti, E., Santosa, A. B., Zuhrie, M. S., & Rusimamto, P. W. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa Berdasarkan gaya belajar. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(3), 639- 645. Halawa, T. (2022). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 40-49.

Hartanto, R. S., & Dani, H. (2020). Studi Literatur: pengembangan media pembelajaran dengan software autocad. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 6(1).

Saidah, L. N., Wijoyo, S. H., & Wicaksono, S. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint untuk Meningkatkan Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 3 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(9), 8695-8705.

Muin, A., Jafar, M. I., & Nurwahidah, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Animasi terhadap Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran SBdP Siswa Kelas V SD Inpres 12/79 Lakukang Kecamatan Mare Kabupaten Bone. Global Journal Teaching Professional, 2(1), 17-26.

Unduhan

Diterbitkan

20-10-2025

Cara Mengutip

Damayanti, A., Arismundar, & Tolla, I. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA. Jurnal Paris Langkis, 6(1), 62–68. https://doi.org/10.37304/jpl.v6i1.17270